Dubai Waterfront

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dubai Waterfront
Dubai Waterfront Logo

Dubai Waterfront (sekarang dikenal sebagai Waterfront) diperkirakan menjadi tepi laut terbesar dan pembangunan buatan manusia terbesar di dunia.[1] Proyek ini merupakan campuran kanal dan pulau buatan; akan menduduki sisa tepi pantai Teluk Persia di Dubai, emirat terpadat di Uni Emirat Arab. Akan meliputi berbagai zona campuran termasuk perdagagan, penghunian, resor, dan kebutuhan lain.[1] Visi proyek ini adalah "untuk membuat sebuah tujuan kelas dunia bagi penghuni, pengunjung dan pebisnis di kota dengan pertumbuhan tercepat di dunia".[1]

Dijalankan oleh Dubai Waterfront Company, proyek ini dibuka kepada investasi luar negeri dengan pembangun real estat-nya, Nakheel, yang memegang 51% saham.[2]

Waterfront sedang dibangun oleh Nakheel, salah satu pembangun real estat milik pribadi terbesar di dunia. Pulau buatan ini, berbentuk sabit, akan membentuk sebuah penghalang di sekitar The Palm, Jebel Ali, satu dari tiga Palm Islands, kepulauan buatan terbesar (berbentuk pohon palem) terbesar di dunia yang juga dibangun oleh Nakheel.[3] Proyek ini juga meliputi 75 kilometer Arabian Canal yang akan membentang dari pantai menuju gurun pasir dan sebuah pelabuhan besar.[2]

Waterfront akan menambah lebih dari 70 kilometer tepi pantai Dubai. Akan menduduki wilayah seluas 1.4 milyar kaki persegi pembangunan di air dan di darat, dua kali lipat luas Hong Kong. Diperkirakan merumahkan sekitar 1.5 juta orang.

Terletak dekat Bandar Udara Internasional Dubai World Central, dan dengan akses langsung menuju Sheikh Zayed Road, Zona Bebas Jebel Ali dan Abu Dhabi, kota ini akan terakses penuh secara lokal dan internasional.

Hub pembangunan ini terletak di sepanjang tepi pantai, membentang di darat untuk menawarkan berbagai jenis penghunian, distrik perdagangan dan wilayah perindustrian, dengan sejumlah atraksi turis dan kebutuhan lainnya. Membentang dari tepi pantai Teluk Persia adalah untaian pulau yang saling terhubung dan berisi villa dan akomodasi kelas-atas.

Proyek ini meliputi 10 wilayah khusus termasuk Madinat Al Arab[1], yang diperkirakan menjadi pusat kota baru dan distrik bisnis pusat Dubai.[3] Madinat Al Arab telah dibangun oleh sebuah konsorsium arsitek, perencana dan pembangun urban internasional. Madinat Al Arab akan memiliki resor, ritel, perdagangan, taman, campuran penghunian dan sistem angkutan termasuk jaringan rel ringan dan jalan raya.

Pekerjaan sipil dan infrastruktur telah diumumkan pada fase pertama Madinat Al Arab. Pembangunan Palm Cove Canal sepanjang 8.0 kilometer, yang membentang paralel menuju tepi pantai, dimulai pada Februari 2007 dan baru 65% selesai.

Fase pertama Madinat Al Arab (30%) ditetapkan menjadi properti pribadi dan institusi investasi dari Uni Emirat Arab dan Dewan Kerjasama untuk Negara-Negara Teluk bulan Juli 2005. Dalam lima hari, properti tersebut terjual habis, senilai 13 milyar AED.

Wilayah khusus lainnya meliputi Al Ras [2], Corniche [3], The Riviera [4], The Palm Boulevard [5], The Peninsula [6], Uptown, Downtown, Boulevard, and The Exchange [7].[4]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Project Overview". Dubai Waterfront. Diakses 04 Aug.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  2. ^ a b "H.H. Sheikh Mohammed announces the launch of Dubai Waterfront, the world's largest waterfront development". AME Info. Diakses 04 Aug.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  3. ^ a b "Dubai Waterfront". TEN Real Estate. Diakses 04 Aug.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  4. ^ "Master Plan". Dubai Waterfront. Diakses 04 Aug.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 24°57′20″LU 54°54′34″BT / 24,95556°LU 54,90944°BT / 24.95556; 54.90944