Bandar Udara Internasional Al Maktoum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Al Maktoum International Airport
Runway Al Maktoum International.jpg
IATA: DWCICAO: OMDW
DWC is located in Uni Emirat Arab
DWC
Location of airport in UAE
Ikhtisar
Jenis bandara Public
Pengelola Dubai Airports
Lokasi Jebel Ali / Dubai
Koordinat 24°53′10″LU 55°10′20″BT / 24,88611°LU 55,17222°BT / 24.88611; 55.17222
Situs web http://www.dwc.ae
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
ft m
12R/30L 14.764 4.500 Aspal
12C/30C [1] 14.764 4.500 Aspal
12L/30R 14.764 4.500 Aspal
Al Maktoum International Airport opened on 27 June 2010[2][3]

Bandar Udara Internasional World Central Dubai (IATA: DWCICAO: OMDW) merupakan sebuah bandar udara kolosal baru yang sedang dalam konstruksi di dekat Jebel Ali, selatan Dubai, di Uni Emirat Arab. Nama sebelumnya adalah "Bandar Udara Internasional Jebel Ali" dan "Bandar Udara Kota Jebel Ali". Bangunan ini akan menjadi bagian dari World Central Dubai, sebuah komplek perumahan, perkantoran dan logistik. World Central merupakan platform logistik tepercaya pertama di dunia, dengan semua jenis transportasi, logistik, termasuk pembuatan dan penyelesaian akhir, pada lingkungan bebas pajak.

Perkenalan[sunting | sunting sumber]

Pada jantung komunitas baru, didirikan Bandar Udara Internasional World Central Dubai, hub kargo dan komersial terbesar di dunia, sepuluh kali lebih besar dari Bandar Udara Internasional Dubai dan Dubai Cargo Village apabila digabung.

Bandar udara ini akan menangani 12 juta ton kargo pada awal operasinya, tiga kali lebih banyak dari Memphis, hari ini masih menjadi hub kargo terbesar, dan kapasitas penumpangnya lebih dari 120 juta orang - 50% lebih banyak dari Atlanta, sekarang masih menjadi bandar udara tersibuk di dunia.

Dibangun untuk masa depan, World Central Dubai dirancang untuk menangani semua jenis pesawat, termasuk super-jumbo A380. Empat pesawat dapat mendarat sekaligus pada waktu yang sama, 24 jam sehari, mengurangi antrian pesawat untuk mendarat.

Bandar udara terbesar di daerah tersebut, World Central Dubai akan mencakup:

  • 6 landasan paralel dengan panjang 4.5 km, setiap landasan dipisahkan sepanjang 800 meter.
  • Tiga terminal penumpang termasuk dua fasilitas mewah, yang pertama dikhususkan untuk maskapai dari Emirates Group, yang kedua untuk maskapai lainnya, dan yang ketiga untuk untuk maskapai bertarif rendah.
  • Concourse ganda
  • Pusat jet Executive and Royal
  • Hotel dan pusat perbelanjaan (termasuk toko-toko termahal)
  • Fasilitas pendukung dan perawatan: satu-satunya hub di daerah itu untuk Cek A, B, dan C pada semua jenis pesawat hingga spesifikasi A380
  • Lapangan parkir untuk 100,000 kendaraan (ada yang di bawah tanah) untuk staf bandara dan penumpang
  • Bandar Udara Internasional World Central Dubai dan Bandar Udara Internasional Dubai akan dihubungkan oleh sebuah jaringan kereta api ekspres
  • World Central Dubai juga akan dilayani oleh Dubai Metro dan sebuah jaringan kereta api di Dubai World Central.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Bandar udara ini merencanakan untuk membangun 6 landasan paralel sepanjang 4,500 m, dengan komplek penumpang besar di tengahnya. Tiga landasan dibangun pada sebuah sisi komplek, sementara tiga landasan lain dibangun di sisi lainnya. Setiap landasan akan memiliki pathway yang diperluas di sisi lainnya yang membolehkan pesawat melakukan by-pass ke landasan lain dan taxiway tanap mengganggu pergerakan pesawat di landasan dan taxiway. Bandar udara ini merupakan komponen terbesar di Dubai World Central. Apabila selesai dibangun, bandar udara tersebut dapat menangani 120 juta penumpang dan 12 juta ton kargo. Landasannya yang besar dan jauh membolehkan berbagai macam lepas landas dan pendaratan.

Pencapaian Dubai mengenai peningkatan lalu lintas udara adalah membangun fasilitas yang dapat menjadi hub ideal untuk penerbangan transit dari Asia Pasifik, Asia Selatan, Timur Tengah, Afrika, Eropa dan Australia (untuk rute Kangguru)--Australia menuju Eropa/Inggris dan vice versa).

Apabila selesai, World Central Dubai menjadi bandar udara terbesar ke-4 (menurut ukuran). Hanya tiga bandar udara yang lebih besar daripada Dubai World Central:

  1. Bandar Udara Internasional King Fahd (di Dammam, Arab Saudi, yang lebih besar daripada negara Bahrain) (780 km²)
  2. Di Montreal, Kanada, yaitu Bandar Udara Internasional Montreal-Mirabel (392 km²)
  3. Bandar Udara Internasional King Khalid di Riyadh, Arab Saudi (225 km²).

Komplek ini dapat menjadi fasilitas udara terbaik bagi A380 di dunia sejak semua gerbang aerobridge (garbarata) sanggup menangani pesawat ini, menurut model masterplan.[rujukan?]

Fasilitas ini, bagaimanapun, awalnya akan menangani maskapai kargo. Beberapa gudang besar dan hanggar didirikan di bagian paling barat dari bandar udara. Gudang dan/atau hanggar ini akan memanjang dari ujung-ke-ujung landasan paling barat. Setiap gudang dan/atau hanggar ini dapat memasukkan pesawat A380.

Bandar udara ini akan mengimbangi Bandar Udara Internasional Dubai, sekitar 40 km (24 mil) jauhnya. Bandar udara itu sendiri dikelilingi oleh sebuah hub logistik besar, sebuah lapangan golf supermewah (dengan perumahan pinggir kota di antara green dan fairway), sebuah perdagangan mahal dan fasilitas eksibisi (3 juta m² lapangan eksibisi--dapat menjadi situs/lokasi/alamat/tujuan eksibisi tunggal terbesar di dunia), sebuah distrik perkantoran besar, dan distrik perumahan luas.[rujukan?]

Karena skala masterplan yang sangat besar, beberapa orang menganggap bahwa Dubai World Central merupakan proyek bandar udara paling ambisius yang pernah dibayangkan. Perkiraan biaya untuk proyek ini oleh pemerintah Dubai adalah US$82 miliar.[rujukan?] Aerotropolis ini dapat US$62 miliar lebih mahal daripada Proyek Inti Bandar Udara Internasional Hong Kong-Chek Lap Kok--yang menghabiskan biaya sekitar US$20 miliar (nilai dolar tahun 1997) dari pemerintah Hong Kong. Proyek Dubai World Central ini juga menjadikan sebuah proyek tunggal paling mahal di dunia sepanjang sejarah (dengan kemungkinan pengecualian bagi Dubai Waterfront, The Palm Deira, dan New Songdo Intelligent City).[rujukan?]

Lapangan Parkir[sunting | sunting sumber]

World Central Dubai (tidak hanya bandar udara internasional) akan memiliki lapangan parkir untuk 100,000 kendaraan automobil bagi karyawannya, penduduk Dubai, turis, dan pengguna lainnya. Ini akan menjadi fasilitas parkir terbesar di dunia. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh West Edmonton Mall dengan slot parkir untuk 20,000 mobil.

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Konstruksi dimulai pada landasan pacu pertama, yang dijadwalkan akan dibuka pada Oktober 2007.

Proyek ini diperkirakan akan selesai dibangun dan beroperasi pada 2017.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]