Hachiwara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

hachiwara (鉢割?) (Kabuto wari atau Hachi wari) yang berarti "helm pemecah" atau "tengkorak pemecah", adalah jenis senjata pisau yang berbentuk menyerupai jitte.[1] Senjata ini digunakan oleh para Samurai feodal Jepang.

Hachiwara.

Tipe[sunting | sunting sumber]

Hachiwara memiliki panjang sekitar 350 mm, ada beberapa versi yang lebih besar dengan panjang sekitar 450mm . Ada dua jenis hachiwara:

Hachiwara Jenis Belati[sunting | sunting sumber]

Salah satu jenis hachiwara ditempa dengan belati yang tajam,[2] untuk menangkis pedang lawan, untuk menghubungkan kabel dari baja atau helm, atau seperti pembuka kaleng untuk pelat baja yang terpisah. Bagian titik yang tajam bisa menembus daerah yang tidak dilindung seperti daerah ketiak.[3] Pisau jenis hachiwara berbentuk meruncing persegi dengan besi atau baja yang melengkung dengan kait di ujung belakang.[4][5] Dalam pertempuran bisa menangkis dan menangkap pisau dengan pengait, seperti jitte. Beberapa hachiwara jenis ini dipasang dalam model sebuah tanto dengan koshirae.

Jenis Hachiwara Lainnya[sunting | sunting sumber]

Jenis hachiwara lainnya dengan titik yang tumpul, besi yang ditempa pentungan seperti senjata menyerupai tekkan atau jitte. Jenis hachiwara ini memiliki bentuk dasar yang sama seperti hachiwara jenis belati, tapi itu biasanya tumpul dan tidak dimaksudkan untuk menusuk.

Referensi[sunting | sunting sumber]