Grand Prix Sepeda Motor musim 1992

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Grand Prix Sepeda Motor F.I.M. musim 1992
Sebelum: 1991 Sesudah: 1993

Juara Dunia 1992
500ccWayne Rainey (Yamaha)
250ccLuca Cadalora (Honda)
125ccAlessandro Gramigni (Aprilia)
Wayne Rainey (foto di Suzuka) menjadi juara dunia 500cc tahun 1992

Grand Prix Sepeda Motor musim 1992 adalah musim Kejuaraan Dunia F.I.M. ke-44. Honda mengamankan gelar konstruktor di ketiga kategori.

Ringkasan musim[sunting | sunting sumber]

Ringkasan 500cc[sunting | sunting sumber]

Wayne Rainey memenangkan tahun 1992 Kejuaraan Dunia selama tiga tahun berturut-turut pada Kenny Roberts Marlboro Yamaha, namun ia dikalahkan oleh Michael Doohan yang dominan di Rothmans Honda miliknya, dan hanya dicegah untuk memenangkan gelar dunia pertamanya karena cedera.[1]

Doohan memenangkan empat putaran pembukaan pertama, yang pertama ia hampir tidak lolos, karena kondisi sulit di Suzuka, tapi akhirnya menang saat Rainey terjatuh di tengah hujan. Rainey mengikuti Doohan di posisi kedua dalam tiga balapan berikutnya, masih belum sepenuhnya fit akibat patah tulang paha yang dideritanya pada akhir musim 1991. Daryl Beattie menempati posisi ketiga pada balapan kandangnya di Australia, menggantikan Wayne Gardner, yang mengalami cedera dalam kecelakaan di ronde pembukaan. Ada juga podium untuk Crivillé dengan Honda miliknya di putaran ketiga dan Niall Mackenzie di Tim Prancisnya Yamaha di putaran keempat setelah Crivillé tersingkir dari posisi ketiga dalam balapan kandangnya di Jerez.

Putaran kelima di Mugello menampilkan satu-satunya balapan musim ini di mana tiga pembalap terbaik pada zamannya - Rainey, Doohan dan Kevin Schwantz sepenuhnya fit dan mampu bertarung habis-habisan. Schwantz sempat melewatkan putaran ketiga karena cedera namun mampu meraih kemenangan di Mugello pada Lucky Strike Suzuki saat Rainey tersingkir saat berjuang untuk memimpin. Rainey namun memenangkan balapan pertamanya musim ini di Catalunya pada ronde keenam, melewati Doohan untuk meraih kemenangan dengan dua lap tersisa. putaran ketujuh musim ini menyaksikan Doohan kembali ke jalur kemenangan, tetapi Rainey harus pensiun karena tidak dapat melanjutkan setelah mengalami kesakitan setelah terjatuh dalam latihan yang berat.

Putaran kedelapan di Assen terbukti krusial dalam perebutan gelar. Rainey meninggalkan sirkuit selama latihan, masih belum bisa berkendara dengan nyaman, semuanya kecuali menyerahkan gelar kepada Doohan. Namun Doohan mengalami kecelakaannya sendiri saat latihan, menderita patah tulang ganda pada kaki kanannya dan membuatnya absen selama lima balapan. Gardner juga mengalami cedera saat latihan meninggalkan skuad Rothmans Honda tanpa pembalap untuk balapan. Schwantz menjadi favorit untuk lomba ini, namun ditantang oleh juara dunia empat kali dan veteran Eddie Lawson dari Cagiva. Lawson membuat kedua pembalap keluar dari balapan karena tabrakan, yang mengakibatkan Schwantz mengalami patah lengan. Rangkaian peristiwa tersebut membuat sekelompok pembalap mengejar kemenangan langka dan Crivillé lah yang meraih kemenangan tersebut, yang pertama dalam karirnya.

Rainey kembali untuk putaran berikutnya di Hungaroring, namun kondisi cuaca yang berubah-ubah membuat Lawson meraih kemenangan pertama bagi Cagiva di kelas 500cc, dan kemenangan Lawson yang terakhir dalam karier gemilangnya. Rainey kembali ke jalur kemenangan di Prancis untuk ronde kesepuluh, namun Gardner meraih kemenangan populer di putaran Inggris, dengan Rainey di posisi kedua. Sepetak minyak di tikungan pertama menangkap beberapa pembalap termasuk Schwantz yang terbang tinggi, dan rekan setimnya Doug Chandler.

Putaran kedua dari belakang musim ini menampilkan kembalinya Doohan, namun ia masih belum sepenuhnya fit. Rainey memenangkan perlombaan, dan sementara Doohan berada di sepuluh besar untuk beberapa periode, dia tidak mampu mempertahankan kecepatan dan finis di urutan kedua belas. Di babak final Rainey perlu meraih dua poin untuk memenangkan kejuaraan dunia, dan meskipun Doohan berhasil melakukan upaya luar biasa untuk finis di urutan keenam, Rainey's tempat ketiga sudah cukup untuk mengamankannya gelar dunia yang ketiga dan terakhir.[1] Rekan setim John Kocinski, Rainey meraih satu-satunya kemenangannya musim ini, dalam balapan terakhirnya untuk Marlboro Roberts Yamaha, dan mempromosikannya ke posisi ketiga dalam tabel kejuaraan dunia, di depan Schwantz. Chandler tampil mengesankan di musim pertamanya di seri tersebut dengan finis di posisi kelima, sementara penampilan kuat Gardner saat fit membuatnya cukup baik untuk menempati posisi keenam. Juan Garriga berada di posisi ketujuh yang kuat di Yamaha, dengan Crivillé tampil mengesankan di musim debutnya di posisi kedelapan, mengungguli Lawson yang menempati posisi kesembilan, mengungguli Randy Mamola. Pada akhir tahun 1992 beberapa nama besar pensiunan tahun 80-an – Lawson, Gardner, dan Mamola semuanya meninggalkan olahraga ini, karena alasan yang berbeda.[1]

Para pebalap pabrikan Honda memulai debutnya dengan mesin "big bang", dengan NSR500, di mana urutan pengaktifan silinder membuat tenaga keluar dalam bentuk pulsa. Manfaatnya adalah pada traksi, memungkinkan ban menempel di antara denyut nadi, daripada berputar karena powerband dua tak 500 yang puncaknya. Yamaha membuat versi mereka sendiri untuk putaran ke-9 dan Suzuki telah menyediakannya pada pertengahan musim, meskipun Schwantz tidak menggunakannya pada awalnya. Konsep "big bang" masih digunakan pada sepeda empat tak MotoGP saat ini.

Ringkasan 250cc[sunting | sunting sumber]

Luca Cadalora merebut mahkota kelas 250cc keduanya dengan selisih yang jauh lebih besar daripada gelar sebelumnya.[1] Dia memenangkan lima dari enam balapan pertama di Rothmans Honda mengumpulkan keunggulan poin yang sangat besar sehingga dia mampu menjadi lebih konservatif di paruh kedua musim ini. Rekan Italia Loris Reggiani dan Pierfrancesco Chili memberikan kompetisi terkuat bagi Cadalora.[1] Reggiani memenangkan dua balapan di pabriknya Aprilia, sementara Chili menampilkan sejumlah performa bagus dengan memenangkan tiga balapan, namun gagal finis pada beberapa kesempatan, dan merasa malu karena mengira ia telah meraih podium pada putaran keempat di Jerez, hanya untuk menyadari bahwa dia telah melambat sebelum waktunya dan sebenarnya telah melakukan pemanasan pada lap terakhir. Helmut Bradl mengalami musim 1992 yang lebih mengecewakan, setelah nyaris meraih gelar Cadalora pada tahun sebelumnya, pembalap Jerman yang mengendarai HB Honda gagal memenangkan perlombaan, dan sering kehilangan kecepatan, kembali ke posisi kelima dalam klasemen kejuaraan. Tahun 1992 menyaksikan munculnya beberapa bintang masa depan 250cc, dengan Max Biaggi, rekan setim Chili, memenangkan beberapa pole position dan memenangkan babak final di musim debutnya dan semakin tampil mengesankan seiring berjalannya musim. Loris Capirossi meningkat dari 125 menjadi 250 pada musim 1992. Dia sebagian besar kehilangan kecepatan di awal musim karena dia tidak diberikan pekerjaan penuh Honda pada awalnya, tapi setelah diberikan Honda yang lebih mendekati performa Cadalora saat dia membuktikan bahwa dia memiliki kecepatan untuk menjadi pesaing. Demikian pula, penampilan Doriano Romboni meningkat di beberapa balapan terakhir ketika HB Honda miliknya ditingkatkan. Mantan juara dunia 250 Carlos Lavado pensiun pada akhir musim karena menjalani tahun 1992 yang sangat sederhana, jarang tampil dalam perolehan poin.[1]

Ringkasan 125cc[sunting | sunting sumber]

Alessandro Gramigni memenangkan kejuaraan 125cc pertama untuk Aprilia, dalam kejuaraan yang ketat.[1] Hal ini terjadi meskipun Gramigni mengalami patah kaki akibat kecelakaan sepeda jalan raya di pertengahan musim dan melewatkan beberapa putaran. Mantan juara ganda 125 Fausto Gresini telah konsisten sepanjang musim dengan Marlboro Honda miliknya, tetapi hanya memenangkan satu balapan, finis kedua di kejuaraan. Gresini sedang mencari persaingan serius untuk kejuaraan, namun mengalami kecelakaan kritis saat berada di posisi kedua pada Putaran Prancis. Honda Ralf Waldmann menempati posisi ketiga dalam kejuaraan, tetapi telah memimpin seri tersebut hampir sepanjang tahun setelah memenangkan tiga dari empat balapan pertama. Penurunan performanya setelah itu membuatnya jarang naik podium di paruh kedua musim. Ezio Gianola memenangkan balapan terbanyak di kelasnya - empat, namun sejumlah kecelakaan dan finis rendah berarti dia finis keempat dalam kejuaraan dengan Honda miliknya, ini adalah peningkatan keberuntungan bagi Gianola yang telah mempertimbangkan untuk pensiun setelah musim 1991 yang mengecewakan. Aprilia Bruno Casanova juga menjalani tahun 1992 yang jauh lebih baik dibandingkan musim sebelumnya, finis di posisi kelima dalam kejuaraan. Satu-satunya kemenangannya terjadi pada balapan terdekat musim ini di Hockenheim, dimana sirkuit slipstreaming super cepat menyajikan balapan klasik 125 dengan keunggulan berpindah tangan hampir di setiap putaran. Dirk Raudies yang akan datang mengakhiri musim dengan baik dengan kemenangan di putaran kedua dari belakang di Brasil, dan 125 veteran Jorge Martinez menjadi pemenang ketujuh yang berbeda musim ini ketika ia memenangkan putaran final musim ini di Afrika Selatan.

Perubahan aturan dan kejadian di luar trek[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1992 Rainey membentuk Asosiasi Pembalap Sepeda Motor Internasional (IMRA) untuk menekan penyelenggara lintasan agar meningkatkan keselamatan. Michelin kembali dari semi-penarikan dan memasok ban ke tim Honda, Suzuki dan Yamaha. Sistem poin direvisi untuk memberikan poin hanya kepada 10 pemenang teratas, bukan 15 teratas.[1] Sistem ini hanya bertahan pada musim 1992, versi yang sedikit dimodifikasi dibawa untuk 1993, yang masih digunakan sampai sekarang.

Kalender dipersingkat menjadi 13 putaran, dengan Amerika Serikat, Cekoslowakia, Yugoslavia dan Austria kalah dalam balapan mereka.[1] Grand Prix Afrika Selatan ditambahkan dan Grand Prix Eropa berlanjut selama satu tahun lagi.[1]

Kalender[sunting | sunting sumber]

Kalender resmi tahun 1992 disetujui pada 28 Februari 1992.[2] Grand Prix berikut dijadwalkan berlangsung pada tahun 1992:[3][4]

Ronde Tanggal Grand Prix Sirkuit
1 29 Maret Jepang Japanese Grand Prix Suzuka Circuit
2 12 April Australia Foster's Australian Motorcycle Grand Prix Eastern Creek Raceway
3 19 April Malaysia Malaysia Motorcycle Grand Prix Shah Alam Circuit
4 10 Mei Spanyol Gran Premio Ducados de España Circuito Permanente de Jerez
5 24 Mei Italia Gran Premio d'Italia Mugello Circuit
6 31 Mei Uni Eropa Gran Premio Super Nintendo Entertainment System de Europa Circuit de Catalunya
7 14 Juni Jerman Großer Preis von Deutschland Motorräder Hockenheimring
8 27 Juni Belanda Dutch TT Assen TT Circuit Assen
9 12 Juli Hungaria HB Magyar Nagydíj Hungaroring
10 19 Juli Prancis Grand Prix de France Circuit de Nevers Magny-Cours
11 2 Agustus Britania Raya Rothmans British Grand Prix Donington Park
12 23 Agustus Brasil Brazilian Grand Prix Autódromo José Carlos Pace
13 6 September Afrika Selatan Nashua South African Grand Prix Kyalami

Perubahan kalender[sunting | sunting sumber]

Peserta[sunting | sunting sumber]

Peserta 500cc[sunting | sunting sumber]

Tim Konstruktor Motor No Pembalap Ronde
Cagiva Team Agostini Cagiva Cagiva GP500 C591 7 Amerika Serikat Eddie Lawson Semua
12 Brasil Alex Barros 1–9, 12–13
Rallye-Sport Racing Team Harris-Yamaha Yamaha YZR500 18 Jerman Michael Rudroff Semua
HEK Racing Team 15 Belanda Cees Doorakkers 2–13
Peter Graves Racing Team 30 Britania Raya Peter Graves 2–5, 7–13
Padgett's Racing Team 22 Britania Raya Simon Buckmaster 2–8, 12–13
61 Britania Raya Jamie Whitham 11
63 Britania Raya Terry Rymer 11
MBM Racing 26 Britania Raya Kevin Mitchell 2–13
62 Britania Raya Carl Fogarty 11
Team Domina/SVES Racing 35 Venezuela Larry Moreno Vacondio 0 (5–6, 9–10)
Grant Nashua 66 Amerika Serikat Russell Wood 13
Campsa Honda Team Honda Honda NSR500 28 Spanyol Àlex Crivillé Semua
Rothmans Honda Team 2 Australia Mick Doohan 1–7, 12–13
Rothmans Kanemoto Honda 5 Australia Wayne Gardner 1, 5, 7, 9–13
58 Australia Daryl Beattie 2–3
Team HRC 53 Jepang Shinichi Ito 1
58 Australia Daryl Beattie 1
An Team Blue Fox 54 Jepang Keiichiro Iwahashi 1
AM/PM Racing 57 Jepang Satoshi Tsujimoto 1
Librenti Corse Librenti Librenti 500 16 Italia Marco Papa 2–8, 10–13
Millar Racing ROC-Yamaha Yamaha YZR500 11 Republik Irlandia Eddie Laycock Semua
K.C.S. International 33 Italia Corrado Catalano Semua
Banco ROC 14 Prancis Dominique Sarron 2, 4–13
Uvex Racing Team 23 Swiss Niggi Schmassmann 2–13
25 Austria Josef Doppler 2–13
Team ROC/Banco 27 Swiss Serge David 2–13
32 Jepang Toshiyuki Arakaki 2–13
Ville de Paris 31 Prancis Thierry Criné 2–10
Arciero Racing Team 36 Prancis Claude Arciero 4, 6–10
Nivea For Men Team 37 Spanyol Juan López Mella 4–7, 12–13
Team Valvoline/WCM 21 Australia Peter Goddard 1–4, 6–7, 11–13
40 Selandia Baru Andrew Stroud 9–10
Ville de Reims 64 Prancis Bruno Bonhuil 11
Ville de Paris Reims 60 Afrika Selatan Mike Wilson 13
Lucky Strike Suzuki 500 Suzuki Suzuki RGV500 10 Amerika Serikat Doug Chandler Semua
34 Amerika Serikat Kevin Schwantz 1–2, 4–13
S.R.T. 55 Jepang Keiji Ohishi 1
VRP Racing Team VRP VRP 500 GP 29 Luksemburg Andreas Leuthe 4, 8–9, 11–13
Ducados Yamaha Team Yamaha Yamaha YZR500 6 Spanyol Juan Garriga Semua
Global Motorsports/Budweiser Racing 8 Amerika Serikat Randy Mamola Semua
Yamaha France/Banco 17 Kanada Miguel Duhamel Semua
19 Britania Raya Niall Mackenzie Semua
Marlboro Team Roberts 1 Amerika Serikat Wayne Rainey 1–7, 9–13
4 Amerika Serikat John Kocinski 1–2, 4–13
Yamaha France/Banco 65 Prancis Bernard Garcia 10
Kirin Mets RT Yamaha 52 Jepang Norihiko Fujiwara 1
Hiro Racing Team Yamaha 56 Jepang Toshihiko Honma 1
Sumber: [8]
Ket.
Pembalap Reguler
Pembalap Wildcard
Pembalap Pengganti

Peserta 250cc[sunting | sunting sumber]

Tim Konstruktor Motor No Pembalap Ronde
Team Preining Aprilia Aprilia RSV 250 11 Austria Andy Preining Semua
Aprilia Unlimited Jeans 13 Italia Loris Reggiani Semua
Ducados DC Sports 16 Spanyol Alberto Puig Semua
Aprilia-Marushin-Kuhnert 18 Jerman Harald Eckl Semua
Marlboro Aprilia Mohag 21 Swiss Bernard Häenggeli Semua
25 Swiss Eskil Suter Semua
Rallye Sport Team Munich 26 Jerman Bernd Kassner Semua
Van den Goorbergh Racing 33 Belanda Jurgen van den Goorbergh Semua
Exact Software-DC Sports 36 Belanda Patrick van den Goorbergh Semua
FP Moto Team 37 Prancis Frédéric Protat Semua
Telkor Valesi Racing 7 Italia Pierfrancesco Chili Semua
29 Italia Max Biaggi 1–9, 11–13
KKN Racing 35 Finlandia Erkka Korpiaho 1–11
JPJ Team Motul 12 Prancis Jean-Pierre Jeandat 10
Gilera Racing Team Gilera 9 Prancis Jean-Philippe Ruggia Semua
14 Venezuela Carlos Lavado Semua
Rothmans Kanemoto Honda Honda Honda NSR250 1 Italia Luca Cadalora Semua
HB Honda Germany 2 Jerman Helmut Bradl Semua
17 Jerman Stefan Prein Semua
Hero Sports with M-Promotion Honda 5 Jepang Masahiro Shimizu Semua
Marlboro Team Pileri 6 Italia Loris Capirossi Semua
HB Racing Team Italy 15 Italia Doriano Romboni Semua
Jha Racing 19 Jepang Katsuyoshi Kozono Semua
Adi Stadler Racing 24 Jerman Adi Stadler Semua
Honda Suisse Mühlebach 30 Swiss Adrian Bosshard Semua
Melly Racing Team 32 Swiss Yves Briguet Semua
Euromoto Elf Honda 31 Prancis Bernard Cazade Semua
12 Prancis Jean-Pierre Jeandat 1–8
38 Prancis José Kuhn 9–13
Repsol Honda/Cardús 3 Spanyol Carlos Cardús 1–6, 10–11
23 Spanyol Antonio Sanchez 8
Paquexpres / S.S.P. Competition 34 Spanyol Luis d'Antin ??
Cup Noodle Honda TS Kanto 53 Jepang Nobuatsu Aoki 1
Lucky Strike Suzuki 250 Suzuki Suzuki RGV250 28 Spanyol Herri Torrontegui Semua
4 Belanda Wilco Zeelenberg 1–6, 8–13
41 Jepang Nobuyuki Wakai 7
Team HRC TSR-Honda Honda NSR250 51 Jepang Tadayuki Okada 1
Mitsui Yamaha Yamaha Yamaha YZR250 8 Jerman Jochen Schmid Semua
Gallina/Compagnucci 10 Italia Paolo Casoli Semua
27 Italia Stefano Caracchi 1–5
67 Italia Michele GSemuaina 6–13
Team Greco 20 Italia Renzo Colleoni 1–5, 7–13
Nescafé Can RT Yamaha 52 Jepang Tetsuya Harada 1
?? 64 Spanyol Sete Gibernau 4
Sumber: [9]
Ket.
Pembalap Reguler
Pembalap Wildcard
Pembalap Pengganti

Peserta 125cc[sunting | sunting sumber]

Tim Konstruktor Motor No Pembalap Ronde
Exact Software-DC Sports Aprilia Aprilia RS125R 14 Belanda Hans Spaan Semua
30 Belanda Arie Molenaar Semua
Hernández Racing Team
Team Parra
23 Spanyol Manuel Hernández Semua
Carlos Giró Team 31 Spanyol Carlos Giró Jr Semua
Scot Racing Team 15 Italia Bruno Casanova Semua
37 Italia Emilio Cuppini 1–5
59 Spanyol Luis Alvaro 4, 6–13
Aprilia-Marushin-Kuhnert 40 Jerman Maik Stief 1–8, 10–13
Aprilia Unlimited Jeans 39 Italia Alessandro Gramigni 1–3, 5–13
Gazzaniga Corse Gazzaniga Gazzaniga 125 18 Italia Maurizio Vitali 1–5, 7–9, 11–13
33 Swiss Giovanni Palmieri 1–9, 11–13
Zwafink Racing Honda Honda RS125R 3 Jerman Ralf Waldmann Semua
22 Swiss Oliver Petrucciani Semua
Semprucci IDM
Semprucci Pit Lane
4 Italia Gabriele Debbia Semua
16 Italia Ezio Gianola Semua
Coronas Elf 6 Spanyol Jorge Martínez Semua
11 Swiss Heinz Lüthi Semua
Moto Bum Racing Supply 10 Jepang Nobuyuki Wakai Semua
Colin Appleyard Racing 20 Jepang Kinya Wada Semua
21 Britania Raya Robin Appleyard Semua
Elf Team Kepla 32 Jepang Takao Shimizu Semua
Promotop 41 34 Prancis Alain Bronec Semua
L B Racing Team 35 Belanda Loek Bodelier Semua
Clarke Racing Team 36 Britania Raya Steve Patrickson Semua
Team+Co Promotion 28 Jerman Alfred Waibel Semua
29 Jerman Hubert Abold Semua
77 Hungaria Attila Szabó 9
Team Europa Raudies 8 Jerman Dirk Raudies 1–7, 9–13
F.C.C./T.S. Venus 13 Jepang Kazuto Sakata 1–5, 7–13
Miralles Racing Team 27 Spanyol Julián Miralles 1–5, 7–13
Driza-Bone 38 Australia Peter Galvin 1–5, 7–13
Marlboro Team Pileri 2 Italia Fausto Gresini 1–10, 12–14
5 Jepang Noboru Ueda 1–7, 9–13
44 Spanyol Antonio Sánchez 8
Ditter Plastic-Stauch 24 Jerman Oliver Koch 1–7, 9–10, 12–13
63 Australia Garry McCoy 8
Team Unemoto 19 Jepang Hisashi Unemoto 1–10
41 Finlandia Johnny Wickström 11–13
Tomumeito-Plot-Kohsaka 52 Jepang Akira Saito 1
Coronas Aspar 64 Spanyol Juan Borja 8
Team-JMC 75 Prancis Régis Laconi 10
MBM Racing 69 Britania Raya Neil Hodgson 11
AGV Team Germany Rotax Rotax 125 GP 9 Jerman Peter Öttl 1, 4–13
63 Australia Garry McCoy 2–3
Lazzarini - BYRD/Yamaha Yamaha Yamaha TZ125 25 Italia Giuseppe Fiorillo 1, 4–6, 8–11
26 Italia Gimmi Bosio 1
26 Italia Fausto Ricci 4-5, 8-11
Sumber: [10]
Ket.
Pembalap Reguler
Pembalap Wildcard
Pembalap Pengganti

Hasil Grand Prix[sunting | sunting sumber]

500cc[sunting | sunting sumber]

Ronde Tanggal Grand Prix Sirkuit Pole position Lap Tercepat Pembalap pemenang Konstruktor pemenang Laporan
1 29 Maret Jepang Grand Prix Jepang Suzuka Amerika Serikat Kevin Schwantz Australia Mick Doohan Australia Mick Doohan Jepang Honda Laporan
2 12 April Australia Grand Prix Australia Eastern Creek Australia Mick Doohan Australia Mick Doohan Australia Mick Doohan Jepang Honda Laporan
3 19 April Malaysia Grand Prix Malaysia Shah Alam Australia Mick Doohan Amerika Serikat Wayne Rainey Australia Mick Doohan Jepang Honda Laporan
4 10 Mei Spanyol Grand Prix Spanyol Jerez Australia Mick Doohan Australia Mick Doohan Australia Mick Doohan Jepang Honda Laporan
5 24 Mei Italia Grand Prix Italia Mugello Australia Mick Doohan Amerika Serikat Kevin Schwantz Amerika Serikat Kevin Schwantz Jepang Suzuki Laporan
6 31 Mei Uni Eropa Grand Prix Eropa Catalunya Australia Mick Doohan Australia Mick Doohan Amerika Serikat Wayne Rainey Jepang Yamaha Laporan
7 14 Juni Jerman Grand Prix Jerman Hockenheim Australia Mick Doohan Australia Mick Doohan Australia Mick Doohan Jepang Honda Laporan
8 27 Juni Belanda Dutch TT Assen Amerika Serikat Eddie Lawson Spanyol Juan Garriga Spanyol Àlex Crivillé Jepang Honda Laporan
9 12 Juli Hungaria Grand Prix Hongaria Hungaroring Amerika Serikat Doug Chandler Brasil Alex Barros Amerika Serikat Eddie Lawson Italia Cagiva Laporan
10 19 Juli Prancis Grand Prix Prancis Magny-Cours Amerika Serikat Doug Chandler Australia Wayne Gardner Amerika Serikat Wayne Rainey Jepang Yamaha Laporan
11 2 Agustus Britania Raya Grand Prix Inggris Donington Amerika Serikat Eddie Lawson Amerika Serikat Wayne Rainey Australia Wayne Gardner Jepang Honda Laporan
12 23 Agustus Brasil Grand Prix Brazil Interlagos Amerika Serikat John Kocinski Amerika Serikat Wayne Rainey Amerika Serikat Wayne Rainey Jepang Yamaha Laporan
13 6 September Afrika Selatan Grand Prix Afrika Selatan Kyalami Amerika Serikat John Kocinski Australia Wayne Gardner Amerika Serikat John Kocinski Jepang Yamaha Laporan

250cc[sunting | sunting sumber]

Ronde Tanggal Grand Prix Sirkuit Pole position Lap Tercepat Pembalap pemenang Konstruktor pemenang Laporan
1 29 Maret Jepang Grand Prix Jepang Suzuka Jepang Noboatsu Aoki Italia Luca Cadalora Italia Luca Cadalora Jepang Honda Laporan
2 12 April Australia Grand Prix Australia Eastern Creek Jerman Helmut Bradl Spanyol Carlos Cárdus Italia Luca Cadalora Jepang Honda Laporan
3 19 April Malaysia Grand Prix Malaysia Shah Alam Italia Pierfrancesco Chili Italia Luca Cadalora Italia Luca Cadalora Jepang Honda Laporan
4 10 Mei Spanyol Grand Prix Spanyol Jerez Italia Luca Cadalora Italia Loris Reggiani Italia Loris Reggiani Italia Aprilia Laporan
5 24 Mei Italia Grand Prix Italia Mugello Italia Pierfrancesco Chili Italia Luca Cadalora Italia Luca Cadalora Jepang Honda Laporan
6 31 Mei Uni Eropa Grand Prix Eropa Catalunya Italia Max Biaggi Italia Loris Reggiani Italia Luca Cadalora Jepang Honda Laporan
7 14 Juni Jerman Grand Prix Jerman Hockenheim Italia Max Biaggi Italia Loris Reggiani Italia Pierfrancesco Chili Italia Aprilia Laporan
8 27 Juni Belanda Dutch TT Assen Italia Max Biaggi Italia Pierfrancesco Chili Italia Pierfrancesco Chili Italia Aprilia Laporan
9 12 Juli Hungaria Grand Prix Hongaria Hungaroring Italia Luca Cadalora Italia Pierfrancesco Chili Italia Luca Cadalora Jepang Honda Laporan
10 19 Juli Prancis Grand Prix Prancis Magny-Cours Italia Pierfrancesco Chili Italia Loris Reggiani Italia Loris Reggiani Italia Aprilia Laporan
11 2 Agustus Britania Raya Grand Prix Inggris Donington Italia Pierfrancesco Chili Italia Pierfrancesco Chili Italia Pierfrancesco Chili Italia Aprilia Laporan
12 23 Agustus Brasil Grand Prix Brazil Interlagos Italia Max Biaggi Italia Loris Reggiani Italia Luca Cadalora Jepang Honda Laporan
13 6 September Afrika Selatan Grand Prix Afrika Selatan Kyalami Jerman Helmut Bradl Italia Max Biaggi Italia Max Biaggi Italia Aprilia Laporan

125cc[sunting | sunting sumber]

Ronde Tanggal Grand Prix Sirkuit Pole position Lap Tercepat Pembalap pemenang Konstruktor pemenang Laporan
1 29 Maret Jepang Grand Prix Jepang Suzuka Italia Bruno Casanova Jerman Ralf Waldmann Jerman Ralf Waldmann Jepang Honda Laporan
2 12 April Australia Grand Prix Australia Eastern Creek Jepang Kazuto Sakata Italia Bruno Casanova Jerman Ralf Waldmann Jepang Honda Laporan
3 19 April Malaysia Grand Prix Malaysia Shah Alam Italia Alessandro Gramigni Jerman Ralf Waldmann Italia Alessandro Gramigni Italia Aprilia Laporan
4 10 Mei Spanyol Grand Prix Spanyol Jerez Jepang Kazuto Sakata Italia Gabriele Debbia Jerman Ralf Waldmann Jepang Honda Laporan
5 24 Mei Italia Grand Prix Italia Mugello Italia Ezio Gianola Italia Ezio Gianola Italia Ezio Gianola Jepang Honda Laporan
6 31 Mei Uni Eropa Grand Prix Eropa Catalunya Italia Ezio Gianola Spanyol Carlos Giro Jr. Italia Ezio Gianola Jepang Honda Laporan
7 14 Juni Jerman Grand Prix Jerman Hockenheim Jerman Ralf Waldmann Italia Ezio Gianola Italia Bruno Casanova Italia Aprilia Laporan
8 27 Juni Belanda Dutch TT Assen Italia Ezio Gianola Italia Gabriele Debbia Italia Ezio Gianola Jepang Honda Laporan
9 12 Juli Hungaria Grand Prix Hongaria Hungaroring Italia Alessandro Gramigni Italia Fausto Gresini Italia Alessandro Gramigni Italia Aprilia Laporan
10 19 Juli Prancis Grand Prix Prancis Magny-Cours Italia Ezio Gianola Italia Ezio Gianola Italia Ezio Gianola Jepang Honda Laporan
11 2 Agustus Britania Raya Grand Prix Inggris Donington Italia Bruno Casanova - Italia Fausto Gresini Jepang Honda Laporan
12 23 Agustus Brasil Grand Prix Brazil Interlagos Italia Kazuto Sakata Jerman Dirk Raudies Jerman Dirk Raudies Jepang Honda Laporan
13 6 September Afrika Selatan Grand Prix Afrika Selatan Kyalami Italia Alessandro Gramigni Spanyol Carlos Giro Jr. Spanyol Jorge Martínez Jepang Honda Laporan

Klasemen Kejuaraan[sunting | sunting sumber]

500cc[sunting | sunting sumber]

Klasemen Pembalap[sunting | sunting sumber]

Sistem penilaian

Poin diberikan kepada sepuluh pemenang teratas. Seorang pembalap harus menyelesaikan balapan untuk mendapatkan poin.

Posisi  1   2   3   4   5   6   7   8   9   10 
Poin 20 15 12 10 8 6 4 3 2 1
Pos Pembalap Motor JPN
Jepang
AUS
Australia
MAL
Malaysia
ESP
Spanyol
ITA
Italia
EUR
Uni Eropa
GER
Jerman
NED
Belanda
HUN
Hungaria
FRA
Prancis
GBR
Britania Raya
BRA
Brasil
RSA
Afrika Selatan
Poin
1 Amerika Serikat Wayne Rainey Yamaha Ret 2 2 2 Ret 1 Ret 5 1 2 1 3 140
2 Australia Mick Doohan Honda 1 1 1 1 2 2 1 12 6 136
3 Amerika Serikat John Kocinski Yamaha Ret DNQ 5 3 5 5 2 7 3 Ret 2 1 102
4 Amerika Serikat Kevin Schwantz Suzuki 3 4 4 1 4 2 Ret 4 Ret Ret 7 5 99
5 Amerika Serikat Doug Chandler Suzuki 2 5 5 10 4 3 8 Ret 2 Ret Ret 3 4 94
6 Australia Wayne Gardner Honda Ret DNQ 3 6 2 1 4 2 78
7 Spanyol Juan Garriga Yamaha 12 9 4 7 6 10 9 4 8 4 3 Ret 10 61
8 Spanyol Àlex Crivillé Honda Ret 7 3 Ret 8 Ret 4 1 DNS Ret Ret 6 7 59
9 Amerika Serikat Eddie Lawson Cagiva 14 6 Ret 11 11 6 6 Ret 1 5 4 11 Ret 56
10 Amerika Serikat Randy Mamola Yamaha 5 8 7 8 10 9 DNQ 5 3 8 Ret 10 Ret 45
11 Britania Raya Niall Mackenzie Yamaha 7 Ret Ret 3 9 7 Ret 7 14 6 Ret 9 8 37
12 Kanada Miguel Duhamel Yamaha Ret 10 Ret 9 7 8 11 6 11 7 7 5 9 34
13 Brasil Alex Barros Cagiva 11 12 Ret 12 5 11 7 3 9 8 Ret 29
14 Australia Daryl Beattie Honda DNS 3 6 18
15 Australia Peter Goddard ROC-Yamaha Ret 11 8 6 12 10 5 Ret Ret 18
16 Jepang Shinichi Ito Honda 4 10
17 Jepang Keiji Ohishi Suzuki 6 6
18 Britania Raya Terry Rymer Harris-Yamaha 6 6
19 Italia Corrado Catalano ROC-Yamaha 16 14 9 20 12 Ret Ret 8 Ret Ret Ret Ret 12 5
20 Republik Irlandia Eddie Laycock ROC-Yamaha Ret Ret 10 Ret 14 19 15 9 10 Ret Ret 20 18 4
21 Jepang Toshihiko Honka Yamaha 8 3
22 Jerman Michael Rudroff Harris-Yamaha 15 18 14 16 16 18 14 11 16 14 8 15 19 3
23 Britania Raya Jamie Whitham Harris-Yamaha 9 Ret 2
24 Prancis Dominique Sarron ROC-Yamaha 15 15 17 17 13 DNS 15 DNS 9 13 17 2
25 Jepang Norihiko Fujiwara Yamaha 9 2
26 Jepang Toshi Arakaki ROC-Yamaha 16 13 18 15 14 Ret 13 Ret 10 10 14 11 2
27 Britania Raya Kevin Mitchell Harris-Yamaha 20 11 14 Ret 16 16 10 Ret Ret Ret 16 Ret 1
28 Jepang Satoshi Tsujimoto Honda 10 1
Swiss Serge David ROC-Yamaha 19 15 21 Ret 20 Ret 16 20 12 11 18 20 0
Selandia Baru Andrew Stroud ROC-Yamaha 12 11 0
Belanda Cees Doorakkers Harris-Yamaha 17 12 17 19 Ret 19 12 17 13 15 22 Ret 0
Spanyol Juan Lopez Mella ROC-Yamaha 19 18 15 12 13 0
Prancis Bruno Bonhuil ROC-Yamaha 12 0
Prancis Thierry Crine ROC-Yamaha 13 Ret 13 13 13 Ret 15 13 0
Swiss Nicholas Schmassmann ROC-Yamaha 22 16 22 21 21 18 17 Ret 15 13 19 21 0
Jepang Keiichiro Iwahashi Honda 13 0
Britania Raya Peter Graves Harris-Yamaha Ret Ret Ret 22 21 19 18 16 14 23 22 0
Britania Raya Simon Buckmaster Harris-Yamaha 21 Ret Ret 20 Ret 17 14 Ret Ret 0
Afrika Selatan Russel Wood Harris-Yamaha 14 0
Afrika Selatan Mike Wilson ROC-Yamaha 15 0
Italia Marco Papa Librenti Ret Ret 24 Ret 22 Ret 18 18 16 17 16 0
Australia Josef Doppler ROC-Yamaha Ret Ret 23 Ret 24 20 21 21 17 Ret Ret 24 0
Luksemburg Andreas Leuthe VRP Ret Ret 19 Ret 21 23 0
Italia Lucio Pedercini Paton Ret Ret Ret 23 22 20 Ret Ret Ret 0
Prancis Claude Arciero ROC-Yamaha Ret Ret Ret Ret Ret Ret 0
Britania Raya Carl Fogarty Harris-Yamaha Ret 0
Pos Pembalap Motor JPN
Jepang
AUS
Australia
MAL
Malaysia
ESP
Spanyol
ITA
Italia
EUR
Uni Eropa
GER
Jerman
NED
Belanda
HUN
Hungaria
FRA
Prancis
GBR
Britania Raya
BRA
Brasil
RSA
Afrika Selatan
Poin
Kunci
Warna Hasil
Emas Pemenang
Perak Posisi kedua
Perunggu Posisi ketiga
Hijau Finis zona poin
Biru Finis tanpa poin
Finis tak terklasifikasi (NC)
Ungu Turun balapan (Retired/DNF)
Merah Tidak terkualifikasi (DNQ)
Tidak lolos prakualifikasi (DNPQ)
Hitam Didiskualifikasi (DSQ)
Putih Tidak memulai balapan (DNS)
Mengundurkan diri (WD)
Lomba dibatalkan (C)
Kosong Tidak latihan (DNP)
Tidak datang (DNA)
Dikecualikan (EX)
Anotasi Arti
Tebal Pole position
Miring Lap tercepat

[11][12]

Klasemen Konstruktor[sunting | sunting sumber]

Pos Konstruktor JPN
Jepang
AUS
Australia
MAL
Malaysia
ESP
Spanyol
ITA
Italia
EUR
Uni Eropa
GER
Jerman
NED
Belanda
HUN
Hungaria
FRA
Prancis
GBR
Britania Raya
BRA
Brasil
RSA
Afrika Selatan
Poin
1 Jepang Honda 1 1 1 1 2 2 1 1 6 2 1 6 2 212
2 Jepang Yamaha 5 2 2 2 3 1 5 2 5 1 2 1 1 191
3 Jepang Suzuki 2 4 5 4 1 3 2 Ret 2 Ret Ret 3 4 127
4 Italia Cagiva 11 6 Ret 11 5 6 6 3 1 5 4 8 Ret 79
5 Prancis ROC-Yamaha Ret 11 8 6 12 12 10 8 10 10 5 13 12 23
6 Britania Raya Harris-Yamaha 15 17 11 14 16 16 14 10 16 9 6 15 14 9
Italia Librenti Ret Ret 24 Ret 22 Ret 18 18 16 17 16 0
Italia VRP Ret Ret 19 Ret 21 23 0
Italia Paton Ret Ret Ret 23 22 20 Ret Ret Ret 0
Pos Konstruktor JPN
Jepang
AUS
Australia
MAL
Malaysia
ESP
Spanyol
ITA
Italia
EUR
Uni Eropa
GER
Jerman
NED
Belanda
HUN
Hungaria
FRA
Prancis
GBR
Britania Raya
BRA
Brasil
RSA
Afrika Selatan
Poin

250cc[sunting | sunting sumber]

Klasemen Pembalap[sunting | sunting sumber]

Pos No Pembalap Motor Tim Poin Menang
1 1 Italia Luca Cadalora Honda Rothmans Honda 203 7
2 13 Italia Loris Reggiani Aprilia Unlimited Jeans Aprilia 159 2
3 7 Italia Pierfrancesco Chili Aprilia Telkor Valesi Aprilia 119 3
4 2 Jerman Helmut Bradl Honda HB Honda Germany 89 0
5 29 Italia Max Biaggi Aprilia Telkor Valesi Aprilia 78 1
6 16 Spanyol Alberto Puig Aprilia Ducados Aprilia 71 0
7 8 Jerman Jochen Schmid Yamaha Mitsui-Yamaha 58 0
8 3 Spanyol Carlos Cardús Honda Repsol Honda 48 0
9 5 Jepang Masahiro Shimizu Honda Hero Sports Honda 46 0
10 15 Italia Doriano Romboni Honda HB Racing Team Italy 43 0
11 4 Belanda Wilco Zeelenberg Suzuki Lucky Strike Suzuki 250 38 0
12 6 Italia Loris Capirossi Honda Marlboro Team Pileri 27 0
13 51 Jepang Tadayuki Okada TSR-Honda Team HRC 15 0
14 53 Jepang Nobuatsu Aoki Honda Cup Noodle Honda 12 0
15 28 Spanyol Herri Torrontegui Suzuki Lucky Strike Suzuki 250 11 0
16 11 Austria Andy Preining Aprilia Team Preining Aprilia 6 0
17 9 Prancis Jean Philippe Ruggia Gilera Gilera Racing Team 6 0
18 41 Jepang Noboiuki Wakai Suzuki Lucky Strike Suzuki 250 4 0
19 14 Venezuela Carlos Lavado Gilera Gilera Racing Team 4 0
20 Jepang Kyoji Nanba 3 0
21 10 Italia Paolo Casoli Yamaha Gallina/Compagnucci 3 0
22 21 Swiss Bernard Haenggeli Aprilia Marlboro Aprilia Mohag 2 0
22 17 Jerman Stefan Prein Honda HB Honda Germany 2 0
22 36 Belanda Patrick van den Goorbergh Aprilia Exact-Software DC Sports 2 0
22 33 Belanda Jurgen van den Goorbergh Aprilia Van den Goorbergh Racing 2 0
26 26 Jerman Bernd Kassner Aprilia Rallye-Sport Team Munich 1 0
26 12 Prancis Jean Pierre Jeandat Honda Euromoto Elf Honda 1 0
Aprilia JPJ Team Motul

[13][14]

125cc[sunting | sunting sumber]

Klasemen Pembalap[sunting | sunting sumber]

Pos No Pembalap Motor Tim Poin Menang
1 7 Italia Alessandro Gramigni Aprilia Aprilia Unlimited Jeans 134 2
2 2 Italia Fausto Gresini Honda Marlboro Team Pileri 118 1
3 3 Jerman Ralf Waldmann Honda Zwafink Racing 112 3
4 16 Italia Ezio Gianola Honda Semprucci IDM 105 4
5 15 Italia Bruno Casanova Aprilia Scot Racing Team 96 1
6 8 Jerman Dirk Raudies Honda Team Europa Raudies 91 1
7 6 Spanyol Jorge Martínez Honda Coronas Elf 83 1
8 4 Italia Gabriele Debbia Honda Semprucci IDM 58 0
9 5 Jepang Noboru Ueda Honda Marlboro Team Pileri 57 0
10 10 Jepang Nobuyuki Wakai Honda Moto Bum Racing Supply 52 0
11 13 Jepang Kazuto Sakata Honda F.C.C./T.S. Venus 42 0
12 31 Spanyol Carlos Giro Jr. Aprilia Carlos Giró Team 39 0
13 14 Belanda Hans Spaan Aprilia Exact Software-DC Sports 12 0
14 9 Jerman Peter Öttl Rotax AGV Team Germany 10 0
15 22 Swiss Oliver Petrucciani Honda Zwafink Racing 9 0
16 24 Jerman Oliver Koch Honda Ditter Plastic-Stauch 9 0
17 52 Jepang Akira Saito Honda Tomumeito-Plot-Kohsaka 8 0
18 32 Jepang Takao Shimizu Honda Elf Team Kepla 5 0
19 20 Jepang Kinya Wada Honda Colin Aplleyard Racing 5 0
20 Jepang Yu Fujiwara 4 0
21 Jerman Stefan Kurfiss 3 0
22 11 Swiss Heinz Lüthi Honda Coronas Elf 1 0

[15][16]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j Noyes, Dennis; Scott, Michael (1999), Motocourse: 50 Years Of Moto Grand Prix, Hazleton Publishing Ltd, ISBN 1-874557-83-7 
  2. ^ "FIM History - Flash Back 1990-1992". www.fim-live.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 November 2020. Diakses tanggal 12 Juni 2018. 
  3. ^ "Grand Prix uitslagen en bijzonderheden 1992". 15 Maret 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Maret 2014. 
  4. ^ "motogp.com · 500cc World Standing 1992". www.motogp.com. 
  5. ^ "FIM History - Flash Back 1990-1992". www.fim-live.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 November 2020. Diakses tanggal 12 Juni 2018. 
  6. ^ Miller, Robin. "In depth: Mike Trimby - The man from IRTA". Bikesport News. 
  7. ^ "Cycle World Magazine". 1 Januari 1994 – via Google Books. 
  8. ^ "500cc Grand Prix entry list for 1992". Motorcycle Racing Online. 
  9. ^ "250cc Grand Prix entry list for 1992". Motorcycle Racing Online. 
  10. ^ "125cc Grand Prix entry list for 1992". Motorcycle Racing Online. 
  11. ^ "motogp.com · 500cc World Standing 1992". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 Juni 2017. Diakses tanggal 6 Juni 2010. 
  12. ^ "500cc Grand Prix entry list for 1992". 
  13. ^ "motogp.com · 250cc World Standing 1992". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 Januari 2015. Diakses tanggal 6 Juni 2010. 
  14. ^ "250cc Grand Prix entry list for 1992". 
  15. ^ "motogp.com · 125cc World Standing 1992". www.motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Maret 2014. Diakses tanggal 6 Juni 2010. 
  16. ^ "125cc Grand Prix entry list for 1992". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]