Gombong, Kebumen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gombong
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Kebumen
Pemerintahan
 • Camat H. Sumarno, S.Sos.
Luas 39,48 km²
Jumlah penduduk 56.549 (SP 2010)
Kepadatan 1.829 jiwa/km²
Desa/kelurahan 14
Sebuah goa di daerah Gombong di masa Hindia Belanda

Gombong adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Gombong merupakan kota kecamatan yang mempunyai letak strategis karena memiliki beberapa objek wisata yang sedang berkembang. Objek-objek wisata tersebut antara lain Bendungan Sempor yang terletak 7 km di sebelah utara Gombong. Bendungan tersebut merupakan sumber irigasi, pembangkit listrik dan objek pariwisata. Bendungan tersebut pernah jebol dan memakan korban lebih dari 130 orang meninggal dunia. Namun sekarang bendungan tersebut telah dibangun kembali.

Di samping itu 18 km di sebelah selatan agak ke barat terdapat Pantai Puring, Pantai Ayah, Pantai Buayan, Pantai Logending dan beberapa goa stalagtit/stalagmit yang masih asli (Goa Petruk) dan goa yang sudah dipugar (Gua Jatijajar). Selain itu juga ada Pantai Karangbolong. Pada bulan tertentu diadakan acara ritual ngunduh sarang burung walet di pantai tersebut, karena banyak burung walet yang meletakkan sarangnya di tebing-tebing curam yang ada di Pantai Karangbolong.

Di bagian Utara kota Gombong yaitu persisnya di desa sidayu terdapat benteng Van der Wijck, sebuah benteng tua peninggalan belanda. Saat ini benteng tersebut digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga.

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

Selain tempat wisata yang menarik, gombong juga terkenal dengan wisata kulinernya. Makanan paling khas tempe mendoan dan lanting.

  1. Banjarsari
  2. Gombong
  3. Kalitengah
  4. Kedungpuji
  5. Kemukus
  6. Klopogodo
  7. Panjangsari
  8. Patemon
  9. Semanding
  10. Semondo
  11. Sidayu
  12. Wero
  13. Wonokriyo
  14. Wonosigro