Formula Tiga Asia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Formula Tiga Asia adalah balap mobil penumpang tunggal yang berbasis di Asia Tenggara. Balap ini adalah bagian dari formula 3 nasional dan internasional yang menjadi bagian dari karier sebelum formula 1. Balap ini diresmikan oleh Asosiasi Otomotif Filipina dan terakhir dipromosikan menjadi Seri Pasifik Formula 3 Asia..[1]

Pengadaan dan Manajemen[sunting | sunting sumber]

Pencipta formula 3 asia menyediakan seri ini sebagai batu pijakan kepada pembalap muda Asia yang akan menuju balap mobil singgle seater yang lebih tinggi. Asia tidak memiliki tangga karier balap mobil yang menguntungkan pembalap seperti di Eropa.

F3 Asia diposisikan di antara dua formula di asia: di bawah Formula BMW Asia dan di atas Formula Renault V6, yang merupakan kelanjutan dari Formula Renault Eropa yang diadakan di Eropa.

Kompetisi di organisir oleh Asian Formula Three Corporation, yang dipimpin oleh Jose Eduardo Peña dari pusatnya di Manila. Anggota dari korporasi ini adalah tim yang menjadi peserta. Anggota saat ini meliputi Speedtech Racing; Joson F3 Racing; Team Goddard; Ghiasports; TOM's Asia; and Kinectic Racing.[2] Anggota tidak diharuskan membayar biaya masuk sebesar $2000 per musim.

A typical Formula Three car

Biaya[sunting | sunting sumber]

Biaya operasional dari setiap tim F3 Asia sekitar £80.000, jauh dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan tim pemenang F3 Inggris untuk pembalapnya, yaitu sebesar £400,000. Fakta ini akan menunjang pembalap Eropa yang kekurangan biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti balapan di Eropa.

Pembalap pemenang akan mendapat hadiah untuk mengikuti balap akhir tahun non gelar, Macau Grand Prix.

Untuk musim 2007/08, pembalap pemenang akan mendapat kesempatan untuk melakukan test drive dengan tim Formula 1 Force India F1 Team.

Regulasi[sunting | sunting sumber]

Formula 3 menggunakan regulasi teknik yang ditetapkan oleh FIA, dan begitu juga dengan F3 Asia, namun dengan beberapa perubahan penting. Umumnya F3 adalah balap terbuka, yang berarti tiap peserta bebas untuk menggunakan berbagai mesin dan sasis. Sebagian besar seri menggunakan penyedia tunggal untuk ban dan bahan bakar, yang merupakan peraturan yang ditetapkan oleh FIA, namun F3 Asia melakukan langkah lebih lanjut untuk menggunakan mesin tunggal (TOM's-Toyota) dan melarang penggunaan sasis yang mengikuti perkembangan waktu. Aturan ini digunakan untuk menekan biaya operasional. Ban disediakan oleh Yokohama.

Jadwal Event[sunting | sunting sumber]

Tiap event dalam kompetisi normalnya dilakukan dalam waktu 4 hari. Terdiri dari 3 balapan, ditambah dengan 3 jam sesi latihan bebas dan satu kali sesi kualifikasi selama 30 menit. Sesi latihan bebas dibagi menjadi 6 bagian masing-masing 30 menit yang dibagi untuk 2 hari pertama di event 4 hari. Kualifikasi diadakan pada hari ketiga yang diikuti oleh balapan pertama dan balapan kedua dan ketiga diadakan pada hari terakhir. Tiap balapan diadakan selama tidak kurang dari 20 menit dengan jarak minimal 40 km.

Sirkuit[sunting | sunting sumber]

F3 Asia menggunakan sirkuit yang terdapat dalam daerah Asia Tenggara dimana termasuk Sentul di Indonesia; Zhuhai dan Goldenport Park di China; Autopolis di Jepang; dan Subic dan Batangas di Filipina. Pada tahun 2007, F3 Asia mengunjungi Albert Park di Melbourne, Australia sebagai balapan pendukung untuk seri grand Prix Australia 2007.

Juara Sebelumnya[sunting | sunting sumber]

Juara Pembalap
 Tahun  Pembalap  sasis/mesin   Tim   Menang/start   Poin 
 2006   Bendera Britania Raya   James Winslow   Dallara-TOM's   JA Motorsports  8/18 284
2005  Bendera Indonesia   Ananda Mikola   Dallara-TOM's  Fastron Racing 5/12 154
2004 Bendera Australia Christian Jones  Dallara-Mugen Honda   Cristian Jones Motorsport  4/10 111

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Henri Karjalainen wins for Team Goddard" formula3.cc, 2007-01-21. Retrieved 2007-10-25.
  2. ^ "About Us" asianf3.net. Retrieved 2007-10-25.