Ford Model T

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Untuk musisi Blues, lihat T-Model Ford

Ford Model T
1919 Ford Model T Highboy Coupe.jpg
Produsen Ford Motor Company
Masa dalam produksi 1908–1927
Perakitan Detroit, AS;
Highland Park, AS;
Minneapolis, AS;
St. Paul, AS;
Dothan, AS;
Buenos Aires, Argentina;
Geelong, Australia;
São Bernardo do Campo, Brazil;
Toronto, Ontario, Kanada;
Walkerville, Ontario;
Kopenhagen, Denmark;
Manchester, Inggris;
Berlin, Jerman;
Cork, Ireland;
Cádiz, Spanyol
Model berikutnya Ford Model A
Kelas Full-size Ford, mobil ekonomi
Bentuk kerangka 2-pintu touring (1909–11)
3-pintu touring (1912–1925)
4-pintu touring (1926–1927)
no door roadster (1909–11)
1-pintu roadster(1912–1925)
2-pintu roadster (1926–1927)
roadster pickup (1925–1927)
2-pintu coupé (1909–1912, 1917–1927)
2-door Coupelet (1915–17)
Town car (1909–1918)
C-cab wagon (1912)
2-(Center) door sedan (1915–1923)
2-pintu sedan (1924–1927)
4-pintu sedan (1923–1927)
Layout FR layout
Mesin 177 C.I.D. (2.9 L) 20 hp I4
Transmisi 2-speed planetary gear
Jarak sumbu roda 1.000 in (25,400 mm)
Panjang 134 in (3,404 mm)
Berat kosong 1.200 pon (540 kg)
Desainer Henry Ford, Childe Harold Wills, Joseph A. Galamb dan Eugene Farkas
Ford Model T

Ford Model T (juga dijuluki Tin Lizzy maupun Flivver) ialah mobil dari Amerika Serikat yang dibuat antara 1908 dan 1928 oleh Ford Motor Company dari Detroit, Michigan.[1][2] Mobil ini merupakan mobil pertama yang terjangkau untuk masyarakat kelas menengah Amerika Serikat; diantaranya karena efisiensi pabrik yang diterapkan, termasuk penggunaan lini perakitan dan bukan buatan tangan.[3] Ford Model T dijuluki sebagai mobil paling berpengaruh pada abad ke-20 berdasarkan sebuah pemungutan suara internasional.[4]

Model T dibangun pertama kali pada tahun 1908, yang merupakan tahun bersejarah karena pada tahun tersebut pertama kalinya mobil itu menjadi terkenal. Produksi pertama ModelT dilakukan pada 12 Agustus 1908[5] dan meninggalkan pabrik pada 27 September 1908, dari Pabrik Piquette di Detroit, Michigan. 26 Mei 1927, Henry Ford mengunjungi pabriknya untuk menyaksikan produksi Model T yang ke 15 juta pada lini perakitan pada pabriknya di Highland Park, Michigan.[6]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum Model T, kebanyakan pembuatan mobil menghabiskan banyak uang. Hanya orang berada yang mampu membelinya. Mobil yang dibuat pada 1903 yang disebut Oldsmobile Curved Dash sangat terjangkau, namun amat sederhana dan lambat sehingga lebih terlihat sebagai andong daripada mobil.

Tokoh yang pertama kali memiliki perusahaan itu, Henry Ford, sekali waktu melihat daging yang sedang dikemas ke dalam ban berjalan, yang memindahkan daging dari satu buruh kepada buruh lainnya agar daging itu bisa dipotong-potong. Tak seorang pun yang pernah berpikir menggunakan ban berjalan untuk memasang mobil. Ford tau bahwa jika ia membuat mobilnya di ban berjalan sebagai penggantinya di suatu saat seperti mobil lainnya, ia bisa membuat mobil yang terjangkau tiap orang dan akan dibuat seperti mobil yang menghabiskan lbih banyak uang. Ia juga tau bahwa ia bisa membayar banyak pada pekerjanya.

Mobil Ford Model T didesain oleh Henry Ford, Childe Harolde Wills dan 2 orang Hongaria yakni József Galamb dan Jenő Farkas. Sistem ban berjalan ditemukan oleh Charles E. Sorensen dan Charles Lewis. Model T memiliki 177 kubik inci (2,9 L) mesin bersilinder 4 yang memproduksi 20 daya kuda (15 kW) untuk kecepatan maksimum 45 mil per jam (72 km/jam). Mesin memiliki katup sisi dan 3 bantalan poros utama. Penghematan bahan bakar ialah 25 - 30 mil per galon, jumlah yang baik sekali sampai kini.

Ford mulai membuat Model T di pabrik Highland Park pada 6 Oktober 1908 sebagai model 1909. Pekerja dari seluruh dunia banyak yang ingin bekerja pada Ford karena upah yang baik. Pekerja bahkan bisa menyimpan uangnya untuk Model T sebagai miliknya! Harga Model T turun pada tahun-tahun itu, membuatnya lebih mudah dibeli.

Pekerja mulai di ujung ban berjalan, memulai dengan casis yang kosong. Dari situ, casis bergerak turun secara lambat ke ban berjalan. Pekerja di ban berjalan menambahkan bagian pada casis. Sebelum lama, Model T yang baru berganti jadi merk lain. Gaya bodi berbeda tersedia, apakah truk, atau Model TT. Awalnya, warna yang tersedia hanya hitam. Cat hitam saat itu mengering lebih cvepat daripada warna lainnya, yang berarti bahwa Ford bisa membuat mobilnya lebih cepat dan tak harus menunggu untuk pengecatan agar kering. Karena cat mobil lebih baik saat itu, Ford mulai menawarkan wana lain. Waktu yang ia mengambil casis untuk menjadi mobil yang selesai lebih dari 12 jam saat Model T pertama dibuat. Dari saat itu Model T terakhir berjalan di merk itu, Ford memproduksi 1 mobil pernah 27 sekon!

Sungguhpun Model T terjual murah, Ford menggunakan bahan terbaik yang bisa dibelinya untuk membuat mobil. Kebanyakan jalan saat itu penuh kotoran, kerikil atau malah lumpur. Ia berarti Model T harus lebih kuat, dan begitulah. Roda dan ban amat tinggi dan kurus agar bisa tenggelam ke dalam jalan berkubang. Juga amat sederhana. Walau begitu tiap orang dapat memperbaiki Model T dan merawatnya juga. Itulah mengapa banyak mobil Model T tetap di sini kini.

Ford Model T Highboy Coupe 1919.

Awalnya terjual sekitar $850 saat mobil saingan terjual $2000-$3000. Dari 1920an harganya turun menjadi $300 (sekitar $3,300 pada dolar yang biasa inflasi 2005) karena naiknya efisiensi teknik dan volume ban berjalan.

Pada 27 Mei 1927, Ford Motor Company berhenti memproduksi mobil Model T. Mobil baru menggantikan Model T pada 1928, Ford Model A. Namun motor Model T terus diproduksi sampai 4 Agustus 1941. Hampir 170.000 motor dibuat setelah produksi mobil berhenti. Banyak bagian Model T tetap diproduksi kini, khususnya replika serat gelas dari bodinya yang khusus, yang terkenal untuk gaya T-bucket balok panas (seperti terlestari dalam lagu musik surf Jan and Dean, "Bucket T", yang kemudian dicatat oleh The Who).

Cara Mengemudikan[sunting | sunting sumber]

Ford membuat Model T mudah dikemudikan sejak orang-orang yang kepada mereka ia menjual mobilnya bagaimana cara mengemudi selain dari kuda. Ini tak seperti mengendarai mobil baru, sekalipun ada 3 pedal di lantai seperti mobil masa kini. Model T memiliki roda setir yang cara kerjanya sama seperti mobil masa kini, namun hampir tiap hal lainnya berbeda.

Model T pertama tak pernah mempunyai starter seperti mobil masa kini. Inilah motor listrik yang amat kuat di mobil baru yang memutar mesin untuk membuatnya berjalan saat menutup. Mesin the Model T dinyalakan dengan engkol tangan di depan mobil. Putaran kabel dekat radiator menjalankan cok di karburator untuk memberi mesin bahan bakar ekstra untuk membantu mulai saat mendingin. Ini bisa berbahaya jika Anda tak hati-hati. Jika tuas yang mengendalikan mesin tak dipasang dengan cara yang benar, khususnya spark control, mesin bisa meledak karena por, atau memutar ke jalan yang salah. Banyak orang patah tangannya karena hal ini. Para dokter malah punya nama khusus untuk jenis kepatahan ini: "Patah Ford."

Untuk membuat mobil baru bergerak segera setelah mesinnya berjalan, Anda mesti menginjak pedal di lantai untuk membuat mesin berpuitar lebih cepat. Agar Model T berjalan, Anda mesti gerakkan 2 tuas dekat roda kemudi. Tuas di kanan ialah klep penutup, atau persneling mesin dan tuas di kiri yang disetel di saat yang mana businya berbunyi. Tuas ini perlu dipasang dengan benar sebelum mesinnnya bisa dinyalakan.

3 pedal di lantai Model T ialah untuk rem di kanan, sedangkan di tengah untuk membuat Model T berjalan mundur dan pedal di kini untuk mengubah gigi dari kecepatan rendah ke tinggi. Tuas di lantai menjalankan rem seperti kopeling. Menarik tuas ke arah Anda akan memasang rem parkir dan membantu menjaga mobil berjalan saat diparkir. Sejak tuasnya memasukkan persneling netral saat di tengah, mempunyai pengaruh membuat mobil berjalan seperti juga berhenti. Sekali mesinnya berjalan, kini Anda harus membuat Model T berpindah sendiri. Injaklah pedal sepenuhnya ke kiri, gerakkan tuas penutup untuk "memberinya gas" dan dengan hati-hati gerakkan tuas lantai ke depan. Inilah gigi rendah, gigi berdaya tinggi yang digunakan agar Model T bergerak. Sekali bergerak, lepaskan pedal kembali memundurkan persneling menjadi tinggi. Untuk membuat mobil tetap bergerak lebih cepat, gerakkan tuas penutup sdeperti percikan mempercepat tuas. Injaklah pedal kiri hanya separuh jalan untuk menempatkan mobil netral, sama seperti tuas. Ini membantu Model T berhenti tanpa menyebabkan mesinnya berhenti juga.

Rem Model T menggerakkan roda belakang dengan penggunaan pita rem dalam persneling. Mobil masa kini memiliki rem untuk 4 rodanya. Tiadalah rem di depan Model T.

Trivia[sunting | sunting sumber]

Lebih dari 15.000.000 mobil Model T dibuat. Tak sampai 1971 rekor itu direbut oleh Volkswagen Beetle. Kini, rekor untuk mobil yang terbanyak dijual dipegang oleh Toyota Corolla.

Model T dijuluki "Tin Lizzy" dan "Flivver" oleh orang yang mengendarainya. Mobil baru menggantikan Model T pada 1928, Ford Model A.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ford. Model T Facts. Siaran pers. Diakses pada 2013-04-23.
  2. ^ John Steele Gordon (2007-03-01). "10 Moments That Made American Business". americanheritage.com. Diakses 2012-12-24. 
  3. ^ Ford berusaha membeli program waktu untuk membantu penjualan, sama dengan yang digunakan oleh Kdf-Wagen Jerman (pendahulu Volkswagen Tipe 1). Rencana Ford tidak berjalan dengan lancar.
  4. ^ Richard A. Wright (1999-12-20). "Joyrides: Car of the Century/ Ford's Model T, of course". detnews.com. Diakses 2012-10-21. 
  5. ^ "Chronicle of 1908". Library.thinkquest.org. 1908. Diakses 2012-10-21. 
  6. ^ "Henry Ford And The Model T". John Wiley & Sons. 1996. Diakses 2012-12-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]