Eugène Pottier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Makam Eugène Pottier

Eugène Edine Pottier (lahir di Paris, 4 Oktober 1816 – meninggal di Paris, 6 November 1887 pada umur 71 tahun) adalah seorang penyair, aktivis, penulis teks himne internasional gerakan buruh dan komunisme, L'Internationale.

Juni 1871, Pottier mengabadikan semangat Komune Paris dengan sajaknya Internasionale. Tujuh belas tahun kemudian, bulan Juni 1888, seorang komponis kelas buruh, Pierre Degeyter, menggubah musik untuk syair tersebut. Lahirlah Himne Internasionale.

Puisi[sunting | sunting sumber]

Pada usia 14 tahun, dia tampil dengan sajaknya yang pertama berjudul Hidup Kebebasan!. Tahun 1840-an, Pottier aktif bergerak di kalangan kaum buruh Perancis. Salah satu sajaknya yang terkenal ditulis tahun 1848 berjudul Le Peuple (Rakyat).

Tahun 1884 puisi-puisinya dibukukan dalam Quel Est Le Fou? Chansons (Mana si Sinting? Nyanyi-nyanyian), kemudian tahun 1889 diterbitkan Chants Revolutionnaires (Nyanyian Revolusioner) dan tahun 1979, dalam dua bahasa Perancis dan Tionghoa diterbitkan Eugene Pottier Poesies Choisies (Puisi Pilihan Eugene Pottier. Puisi-puisi Pottier menyenandungkan kehidupan rakyat yang penuh penderitaan, perlawanan menentang penindasan, keperwiraan membela Komune Paris, serta keyakinan akan kemenangan perjuangan demi keadilan.[1]

Masa Hidup[sunting | sunting sumber]

Eugène Pottier adalah seorang sosialis, pekerja sektor transportasi dan, antara Maret sampai dengan Mei 1871, anggota Komune Paris.

Maret 1871, kaum buruh Paris melakukan pemberontakan dan membentuk Komune Paris. Bersama Leo Frankel, Lazare Levy dan lain-lain, nama Pottier tercantum dalam daftar penandatangan Manifes Dewan Federal Internasional Paris untuk pemilihan umum Komune. Dengan jumlah suara yang besar, Pottier terpilih menjadi anggota pimpinan Komune Paris. Dari 3.600 pemilih, 3.352 memilih Pottier.

Dari pengalaman di komune itulah dia menulis teks L'Internationale.[2] Dia berhasil lolos dari penumpasan yang dilakukan terhadap komune dan beremigrasi ke Amerika Serikat. Tahun 1880 dia kembali ke Perancis setelah mendapatkan pengampunan. Eugène Pottier meninggal pada 6 November 1887 dan dimakamkan di Père Lachaise di Paris.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Eugene Pottier, Penulis Syair Internasionale (.pdf)
  2. ^ The Guardian, Australia. "The International". hlm. first paragraph. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2002-11-23. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]