Counter-Strike 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Counter-Strike 2
Publikasi27 September 2023
GenrePenembak orang pertama taktis
Latar tempatCounter-Strike universe
LisensiLisensi proprietarium
Bahasa
Daftar
Karakteristik teknis
PlatformWindows dan Linux
MesinSource 2
ModePermainan video pemain tunggal dan permainan video multipemain
Formatdistribusi digital
Metode inputpapan tombol komputer dan tetikus
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangValve
PenyuntingValve Corporation
KomponisMike Morasky
PenerbitValve
Penilaian
USK
enllaç=d:Q14920393
Informasi tambahan
Situs webcounter-strike.net… (banyak bahasa)
Steam730
Twitter: counterstrike
Bagian dari Counter-Strike
Sebelum
Tidak ada
Sebelum
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Counter-Strike 2 (CS2) adalah permainan penembak orang pertama taktis multipemain tahun 2023 yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Valve. Ini adalah seri kelima dari seri Counter-Strike. Dikembangkan sebagai versi terbaru dari entri utama sebelumnya, Counter-Strike: Global Offensive (2012), permainan ini diumumkan pada bulan Maret 2023[1] dan dirilis pada tanggal 27 September 2023, menggantikan Global Offensive di Steam.[2]

Seperti pendahulunya, permainan ini mempertemukan dua tim, yakni Counter-Terrorist dan Terrorist, melawan satu sama lain dalam berbagai mode permainan berbasis objektif. Counter-Strike 2 menampilkan peningkatan teknis yang besar dari pendahulunya, Global Offensive, termasuk perpindahan dari mesin permainan Source ke Source 2, peningkatan grafis dan arsitektur peladen terbaru. Selain itu, banyak peta dari Global Offensive diperbarui dengan menggunakan fitur-fitur dari Source 2, dengan beberapa peta menerima perombakan total.

Setelah dirilis, Counter-Strike 2 menerima ulasan yang umumnya baik dari para kritikus. Namun, penerimaan dari para pemain beragam; kritik ditujukan kepada penghapusan Global Offensive dari Steam, performa permainan yang menurun, dan penghilangan beberapa fitur yang selama ini ada di Global Offensive. Akibatnya, Counter-Strike 2 menerima ribuan ulasan negatif dari pengguna di Steam, yang membuatnya menjadi salah satu judul Valve dengan rating terendah di platform tersebut.[3]

Permainan[sunting | sunting sumber]

Seperti seri permainan sebelumnya, Counter-Strike 2 adalah penembak orang pertama taktis multipemain, di mana dua tim bersaing untuk menyelesaikan objek yang berbeda, tergantung pada mode permainan apa yang dipilih. Pemain dibagi menjadi dua tim, Kontra-Teroris (Counter-Terrorist) dan Teroris (Terrorist). Sebagian besar mode permainan dibagi menjadi beberapa ronde dan di sela-sela sebelum mulainya ronde permainan, pemain dapat membeli senjata dan peralatan yang berbeda untuk digunakan. Di sebagian besar mode permainan, pemain memiliki satu nyawa per ronde dan jika mereka mati, mereka tidak akan bisa bermain (respawn) hingga awal ronde berikutnya.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Prasasti, Giovani Dio (23 Maret 2023). "Counter-Strike 2 Resmi Diumumkan, Valve Bakal Rilis CS2 Musim Panas 2023". liputan6.com. Diakses tanggal 9 Desember 2023. 
  2. ^ McWhertor, Michael (27 September 2023). "Counter-Strike 2 is now available, replacing CS:GO". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 Desember 2023. 
  3. ^ Smith, Ed (10 Oktober 2023). "Counter-Strike 2 is now the worst-rated Valve game ever". PCGamesN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 Desember 2023. 
  4. ^ Tucker, Jake (2 Oktober 2023). "Counter-Strike 2 review: clicking heads". TechRadar (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 Desember 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]