Tembak-menembak orang-pertama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
FPS menggunakan sudut pandang orang pertama, serta dicirikan dengan penggunaan senjata jarak jauh, seperti pada permainan Call of Duty.

Tembak-menembak orang-pertama (bahasa Inggris: first-person shooter, FPS) adalah genre permainan video yang ciri utamanya adalah penggunaan sudut pandang orang pertama dengan tampilan layar yang mensimulasikan apa yang dilihat melalui mata karakter yang dimainkan. Ciri utama lain adalah penggunaan senjata genggam jarak jauh.

FPS modern muncul ketika komputer pribadi sudah mampu menggambar grafik 3D secara waktu nyata. Wolfenstein 3D dan Doom buatan id Software secara luas dianggap sebagai pelopor permainan video genre ini. Contoh populer lain genre ini antara lain Duke Nukem 3D, Quake, Blood, Unreal, Unreal Tournament, seri Half-Life, Counter-Strike, seri Halo, Perfect Dark, TimeSplitters, Call of Duty, System Shock, dan GoldenEye 007 termasuk berapa tembak-menembak orang pertama yang di campuran dengan genre lainnya seperti seri Operation Flashpoint(campuran FPS dengan tatical),seri Battlefield(campuran FPS dengan RPG),Rage(Video Game)(campuran FPS dengan sandbox) dan lain-lain.

Permasalahan utama pada tembak-menembak orang pertama[sunting | sunting sumber]

Pada zaman sekarang permasalahan utama dalam permainan tembak-menembak orang pertama adalah adanya konep menembak membabi-buta dimana pertama kalinya konsep ini terdapat pada serial Call of Duty.Setelah konsep itu dinyatakan berhasil maka konsep inipun ditiru ke banyak permainan lainya seperti Battlefield, Bulletstrom, Medal of Honor dan lain-lain.Permalasahan dari konsep ini adalah setiap game permainan tembak-menembak orang pertama yang diluncurkan akhir-akhir ini selalu mengunakan konsep tersebut sehingga permainpun mulai merasa jenuh oleh konsep yang selalu di bawakan ini.