Permainan video laserdisc

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

(lihat en:Interactive movie)

Permainan video Laserdisc adalah konsol permainan menggunakan video yang sudah dibuat sedemikian rupa (bisa film atau kartun) yang dimainkan dengan media Laserdisc. Seluruh gambarnya bisa grafik ataupun tidak.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Salah satu permainan laserdisc yang pertama dibuat adalah Dragon's Lair. Adegan yang dimainkan akan berubah jika sang pemain menekan tombol tertentu. Sebagai contoh, adegan pertama menampilkan sang pahlawan jatuh ke lubang penuh monster. Jika sang pemain menekan tombol, pahlawan akan mengeluarkan pedangnya dan membunuh monster tersebut, dan menarik dirinya keluar. Jika sang pemain tidak menekan tombol secepatnya, atau tidak menekannya, pahlawan tersebut akan tercekik dan mati.

Walaupun membutuhkan banyak animasi, adegan, dan uang, permainan Dragon's Lair dan lainnya sangat populer saat pertama kali diluncurkan. Untuk menghemat waktu dan uang, beberapa pembuat permainan video laserdisc mencampurkan adegan-adegan dari permainan lain, seperti Cliff Hanger (campuran Lupin III: Castle of Cagliostro dan Lupin III: Mystery of Mamo) dan Bega's Battle (dari Harmagedon). Beberapa permainan laserdisc lainnya adalah Time Traveler, Badlands dan Space Ace.

Kemudian beberapa permainan laserdisc mencampurkan gambar permainan laserdisc dengan grafik komputer. M.A.C.H. 3 dan Cube Quest, contohnya, yang merupakan permainan tembak-menembak yang menggunakan video laserdisc sebagai layar sedangkan pesawat tempur dibuat dengan grafik komputer.

Pada 1990-an, American Laser Games memproduksi pistol cahaya permainan laserdisc, yang memiliki fungsi sama seperti kontrol permainan laserdisc biasa, namun pistol cahaya menggantikan joystick.

Namun, pada 1996-an penggunaan laserdisc sudah tidak banyak digemari karena kehadiran DVD.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Spd, Dicky Harisman. "Pemutar Video Pernah Berjaya pada Tahun 1980an, Diganti Laser Disc hingga Teknologi DVD, Kemana Mereka? - Desk Jabar". deskjabar.pikiran-rakyat.com. Diakses tanggal 2023-02-06.