Columbus Circle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Koordinat: 40°46′5″LU 73°58′55″BT / 40,76806°LU 73,98194°BB / 40.76806; -73.98194

Patung Columbus di tengah Columbus Circle, dengan Time Warner Center di belakang.

Columbus Circle, dinamai sesuai Christopher Columbus, adalah sebuah markah tanah besar dan tempat wisata di borough Manhattan, New York City, terletak di persimpangan Eighth Avenue, Broadway, Central Park South (West 59th Street), dan Central Park West, di sudut barat daya Central Park. Bundaran ini adalah titik asal semua pengukuran jarak resmi dari New York City. Nama ini juga digunakan untuk permukiman beberapa blok di sekitar bundaran ini. Di selatan bundaran ini terdapat Hell's Kitchen, dikenal sebagai "Clinton", dan Theatre District, dan di utaranya terdapat Upper West Side.

Bundaran ini dirancang oleh William P. Eno – seorang pebisnis yang merintis berbagai inovasi awal dalam hal keselamatan jalan dan pengaturan lalu lintas – sebagai bagian dari visi Frederick Law Olmsted mengenai Central Park yang mencakup "Grand Circle" di Merchants' Gate, pintu masuk terpenting menuju Eighth Avenue. Columbus Circle selesai dibangun tahun 1905 dan direnovasi satu abad kemudian.

Monumen di ujung Columbus Circle, dibuat oleh pemahat Italia Gaetano Russo,[1] didirikan sebagai bagian dari perayaan 400 tahun pendaratan Columbus di Amerika. Dibangun dengan dana yang digalang oleh Il Progresso, sebuah surat kabar berbahasa Italia di New York City, monumen ini terdiri dari sebuah patung marmer Columbus di atas kolom rostral granit setinggi 70-kaki (21 m) yang dihiasi relief perunggu yang mewakili kapal-kapal Columbus, yaitu Niña, Pinta, dan Santa María. Di bagian kakinya ada sebuah patung malaikat memegang globe.

Renovasi bundaran ini rampung pada tahun 2005 yang meliputi pembuatan air mancur baru oleh WET yang juga merancang Fountains of Bellagio; kursi kayu; dan tanaman mengelilingi monumen. Bundaran dalam berukuran sekitar 36.000 ft² (3,300 ), dan bundaran luarnya 148.000 ft² (13,700 ). Perancangan ulang karya Olin Partnership dari Philadelphia, Pennsylvania ini memenangkan American Society of Landscape Architects’ General Design Award Of Honor tahun 2006.


Galeri[sunting | sunting sumber]

Columbus Circle, sekitar tahun 1907

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki
Bibliografi

Pranala luar[sunting | sunting sumber]