Five Points, Manhattan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Persimpangan Five Points dilukis oleh George Catlin pada tahun 1827; gedung segitiga di tengah gambar terletak di "Paradise Square", Anthony Street di kanan, Cross Street di kiri dan Orange Street membentang kiri ke kanan di bagian depan gambar

Five Points (atau The Five Points) dulunya merupakan sebuah permukiman di pusat Lower Manhattan di New York City. Permukiman ini berbatasan dengan Centre Street di barat, The Bowert di timur, Canal Street di utara dan Park Row di selatan. Bekas permukiman yang dikenal sebagai Five Points ini sekarang terbagi antara Civic Center (kawasan gedung pengadilan dan administratif kota, negara bagian dan federal) di barat dan selatan dan Chinatown di timur dan utara.

Nama Five Points berasal dari persimpangan lima arah yang diciptakan oleh Orange Street (sekarang Baxter) dan Cross Street (sekarang Mosco); dari persimpangan ini, Anthony Street (sekarang Worth) muncul dan membentang ke barat laut, membentuk blok segitiga sekaligus "titik" kelima. Di sebelah barat "titik" ini, berdiri Little Water Street (tidak ada lagi) yang membentang dari utara ke selatan, membentuk plot segitiga yang kelak diberi nama Paradise Square atau Paradise Park.

Five Points mendapat perhatian internasional sebagai sebuah kawasan kumuh penuh kejahatan dan penyakit yang berdiri selama 70 tahun.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Bahan bacaan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 40°42′52″N 74°00′01″W / 40.71444°N 74.00028°W / 40.71444; -74.00028