Tribeca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari TriBeCa)
Langsung ke: navigasi, cari

Koordinat: 40°43′06″LU 74°00′28″BB / 40,718266°LU 74,007819°BB / 40.718266; -74.007819

Hudson Street di Tribeca.

Tribeca atau ditulis TriBeCa (dibaca: /tɹˈbɛkə/) adalah kawasan di Lower Manhattan, New York, Amerika Serikat. Nama Tribeca adalah singkatan dari Triangle Below Canal Street" (segitiga sebelah bawah Canal Street). Kawasan ini berada di selatan Canal Street, antara Broadway dan West Street, meluas ke selatan hingga ke Chambers Street. [1]

Tribeca dibatasi oleh Canal Street, West Street, Courtlandt Alley, Broadway, dan Chambers Street. Pembangunan proyek baru akhir-akhir ini akan memperluas batas-batas Tribeca hingga ke Wall Street, dan jauh ke selatan hingga Vesey Street.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 1970-an, beberapa tahun setelah kelompok seniman di New York City dapat menyebut kawasan tempat tinggalnya sebagai SoHo, organisasi seniman dan penduduk yang tinggal di kawasan lebih selatan—mereka menyebutnya sebagai Washington Market atau cukup dengan sebutan Lower West Side—ingin juga mendapat sebutan untuk tempat tinggal mereka.

Sekelompok seniman/penduduk di Lispenard Street yang tinggal di blok sebelah selatan Canal Street antara Church Street dan Broadway (di kawasan yang sekarang disebut Distrik Bersejarah Tribeca) mulai berusaha menciptakan nama untuk kawasan tempat tinggal mereka. Anggota Asosiasi Seniman SoHo menciptakan istilah SoHo setelah melihat peta perencanaan kota yang menulis tempat tinggal mereka sebagai So. Houston. Kalau mereka dapat menyingkat So. Houston sebagai SoHo, maka penduduk Lispenard Street juga melihat peta perencanaan kota untuk mencari-cari nama yang sesuai untuk blok tempat tinggal mereka.

Sebuah blok antara Lispenard Street dan Canal Street, lebar di bagian Church Street namun menyempit di sisi Broadway, dan terlihat seperti segitiga di peta kota. Penduduk Lispenard memutuskan untuk menamakan kelompok mereka sebagai Triangle Below Canal Block Association, dan seperti halnya pada aktivis di SoHo, menyingkat nama grup mereka sebagai TriBeCa Block Association.

Reporter yang meliput cerita zona permukiman untuk New York Times mengetahui soal penduduk Tribeca membentuk asosiasi dan mengirimkan nama blok mereka ke departemen perencanaan kota. Ia berasumsi nama Tribeca juga mencakup semua kawasan di sekitarnya, dan bukan hanya satu blok. Nama kawasan ini tersebut dipakai karena sudah "resmi dimuat di koran". Kisah ini diceritakan oleh Kathryn Freed, mantan penduduk dan anggota dewan untuk kawasan ini. Ia aktif dalam pembentukan kawasan Tribeca pada tahun 1970-an.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Search Wikivoyage Panduan wisata TriBeCa di Wikivoyage.