Borough (Kota New York)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Persentase penduduk New York City di masing-masing borough: Manhattan, Brooklyn, Queens, The Bronx dan Staten Island

New York City, salah satu kota terbesar di dunia, terbagi menjadi lima borough. Sebuah borough adalah suatu bentuk pemerintahan khusus yang memimpin lima bagian konstituen tetap dari kota terkonsolidasi. Secara teknis di bawah Hukum Negara Bagian New York, sebuah "borough" adalah suatu penggabungan munisipal yang dibentuk ketika sebuah county bergabung dengan kota dan desa gabungan di dalamnya.[butuh rujukan] Ini sangat berbeda dari bentuk pemerintahan borough yang diterapkan di wilayah lain di Tri-State Region dan daerah lainnya di Amerika Serikat.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

New York City sering disebut secara keseluruhan sebagai Lima Borough (the Five Boroughs); sebutan ini digunakan untuk menyebut New York City tanpa ambigu, agar tidak menciptakan kebingungan dengan borough tertentu atau dengan wilayah metropolitan yang lebih besar. Sebutan ini sering digunakan oleh politisi untuk mengalihkan fokus di Manhattan dan menempatkan kelima borough tersebut dalam aktivitas politik yang adil. Sebutan Borough Terluar (Outer Boroughs) digunakan untuk menyebut semua borough kecuali Manhattan (Meskipun pusat geografis kota ini berada di perbatasan Brooklyn/Queens).

Tidak seperti kota-kota di Amerika Serikat yang berdiri di sebuah county tunggal, memanjang sebagian ke negara lain, atau memiliki county sendiri, masing-masing dari lima borough New York City berdiri bersama county negara bagian New York:

Ringkasan Lima Borough New York
Yursidiksi Populasi Luas Daratan
Borough County perkiraan
1 April 2010
mil
persegi
km
persegi
Manhattan New York 1.585.873 23 59
the Bronx Bronx 1.385.108 42 109
Brooklyn Kings 2.504.700 71 183
Queens Queens 2.230.722 109 283
Staten Island Richmond 468.730 58 151
8.175.133 303 786
19.378.102 47.214 122.284
Sumber: Biro Sensus Amerika Serikat[1][2][3]

Semua borough dibentuk tahun 1898 selama konsolidasi, ketika batas kota saat ini ditetapkan. Borough the Bronx awalnya merupakan bagian dari New York County yang sebelumnya diberikan oleh Westchester County, hingga Bronx County dibentuk tahun 1914. Borough Queens awalnya hanya terdiri dari bagian barat Queens County yang lebih besar, hingga Nassau County dibentuk oleh pemberian tanah dari Queens County yang melingkupi tiga kota bagian timur tahun 1899. Borough Staten Island secara resmi bernama Borough Richmond hingga namanya diganti pada 1975 untuk merefleksikan sebutannya yang umum di masyarakat.

Masing-masing borough diwakili oleh seorang Presiden Borough dan, dengan pengecualian Manhattan, memiliki sebuah balai borough (fungsinya sama dan menetap di Manhattan Municipal Building). Sejak penghapusan Dewan Pertimbangan tahun 1990 (karena kepemimpinan Mahkamah Agung AS tahun 1989[4]) presiden borough sekarang memiliki kekuasaan eksekutif yang kecil, dan tidak ada fungsi legislatif di dalam borough. Sebagian besar kekuasaan eksekutif diterapkan oleh Walikota New York City, dan fungsi legislatif adalah tugas dari anggota Dewan New York City. Karena statusnya berupa county, setiap borough juga memilih seorang Jaksa Distrik seperti county lainnya di negara bagian New York. Beberapa hakim pengadilan sipil juga dipilih dalam lingkup borough, meski secara umum mampu melayani seluruh kota.

Desa bersejarah[sunting | sunting sumber]

Daftar 5 desa di borough-borough New York City yang kemudian menjadi Lima Borough New York City.[butuh rujukan]

Marble Hill[sunting | sunting sumber]

Marble Hill adalah sebuah enklave kecil di daratan Amerika Utara yang tampaknya seperti bagian dari the Bronx, tetapi merupakan bagian dari Manhattan. Setelah peningkatan lalu lintas kapal pada 1890-an, Korps Insinyur Angkatan Darat AS membangun Harlem River Ship Canal yang mengubah Marble Hill menjadi pulau. Kanal sungai lama diisi tahun 1914 dan menghubungkan Marble Hill ke daratan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]