Olahraga di Kota New York

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Olahraga di New York City)
Langsung ke: navigasi, cari
Citi Field, kandang New York Mets di Queens.
New York City Marathon adalah maraton terbesar di dunia.

Olahraga di New York City memiliki sejarah yang panjang dan unik. Kota ini memiliki beberapa gelanggang olahraga: Yankee Stadium asli, kandang New York Yankees sejak 1923 hingga 2008, sebelum tim ini pindah ke stadion baru pada 2009, Ebbets Field, kandang Brooklyn Dodgers sejak 1913 hingga 1957, diruntuhkan tahun 1960, dan Polo Grounds di utara Harlem adalah basis New York Giants dari Major League Baseball sejak 1911 hingga 1957 (dan basis pertama New York Mets) sebelum diruntuhkan tahun 1964. The Mets, yang sebelumnya bertempat di Shea Stadium pindah ke Citi Field yang baru pad atahun 2009. Madison Square Garden, di atas Pennsylvania Station di Midtown Manhattan, sebenarnya merupakan gedung terpisah keempat yang menggunakan nama itu; dua gedung pertama terletak dekat Madison Square, dan gedung ketiga terletak di 50th Street dan Eighth Avenue. New York City juga merupakan kota penyelenggara bersama World Cup of Hockey 1996, dan Goodwill Games 1998. Pada tahun 2005, kota ini mencalonkan diri untuk menyelenggarakan Olimpiade Musim Panas 2012, namun hak tersebut akhirnya diraih London.

Wilayah metropolitan New York City memiliki sembilan tim di empat liga olahraga profesional besar Amerika Utara, masing-masing memiliki kantor pusat di kota ini.

Bisbol adalah olahraga yang paling ditunggu-tunggu di kota ini. Empat belas Major League Baseball World Series dimenangkan oleh tim New York City. New York adalah satu dari lima wilayah metro (Chicago, Washington-Baltimore, Los Angeles dan Wilayah Teluk San Francisco) yang memiliki dua tim bisbol. Dua tim Major League Baseball dari kota ini adalah New York Yankees dan New York Mets, yang bersaing di enam pertandingan setiap musim rutin Subway Series. Yankees telah memenangkan 27 kejuaraan, sementara Mets memenangkan dua kali World Series. Kota ini juga pernah menjadi rumah bagi New York Giants (sekarang San Francisco Giants) dan Brooklyn Dodgers (sekarang Los Angeles Dodgers). Kedua tim pindah ke California pada tahun 1958. Juga ada dua tim Minor League Baseball di kota ini, yaitu Staten Island Yankees dan Brooklyn Cyclones.

Kota ini diwakili di National Football League oleh New York Jets dan New York Giants (secara resmi New York Football Giants), meskipun kedua tim mengadakan pertandingannya di New Meadowlands Stadium di East Rutherford, New Jersey.

New York Rangers mewakili kota ini di National Hockey League. Di dalam wilayah metro adalah dua tim lain, New Jersey Devils, yang bertanding di Newark, New Jersey dan New York Islanders, yang bermain di Nassau County, Long Island. Ini merupakan satu-satunya perwakilan wilayah metropolitan yang memiliki 3 tim di dalam satu dari empat liga olahraga profesional Amerika Utara.

Tim National Basketball Association kota ini adalah New York Knicks dan tim Women's National Basketball Association-nya adalah New York Liberty. Juga di dalam wilayah metropolitan adalah tim NBA New Jersey Nets, yang berencana pindah ke Brooklyn untuk menempati Barclays Center pada awal 2012. Kejuaraan basket tingkat universitas nasional pertama, National Invitation Tournament, diadakan di New York pada 1938 dan masih tetap ada di kota ini.[1] Rucker Park di Harlem merupakan sebuah lapangan bersejarah tempat banyak atlet profesional bermain pada liga musim panas.

Dalam sepak bola, New York diwakili oleh tim dari Major League Soccer, Red Bull New York. "Red Bulls" mengadakan pertandingan di Red Bull Arena di New Jersey.

Queens adalah penyelenggara U.S. Tennis Open, satu dari empat turnamen Grand Slam. New York City Marathon adalah salah satu kegiatan maraton terbesar di dunia, dan kegiatan 2004-2006 memegang tiga peringkat teratas dengan jumlah finis terbanyak, yaitu 37.866 orang pada tahun 2006.[2] Millrose Games adalah pertemuan jalan dan lapangan tahunan yang kegiatan puncaknya adalah Wanamaker Mile. Tinju juga merupakan bagian utama dari pemandangan olahraga kota, dengan kegiatan seperti Amateur Boxing Golden Gloves yang diadakan di Madison Square Garden tiap tahun.

Banyak olahraga yang dikaitkan dengan komunitas imigran New York. Bola stik, versi bisbol jalanan, dipopulerkan oleh pemuda di permukiman kelas pekerja Italia, Jerman, dan Irlandia pada tahun 1930-an. Sebuah jalan di The Bronx berganti nama menjadi Stickball Blvd sebagai penghormatan terhadap olahraga jalanan yang terkenal di New York.[3]

Tim liga rugbi New York City, New York Knights bertanding di AMNRL. Mereka memenangkan Final Kejuaraan AMNRL 2009 melawan Jacksonville Axemen 32-12.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Postseason Overview". National Invitation Tournament. Diakses 2008-09-01. 
  2. ^ World's Largest Marathons, Association of International Marathons and Road Races (AIMS). Retrieved June 28, 2007.
  3. ^ Sas, Adrian (Producer). It's my Park: Cricket [[TV-Series]]. New York City: New York City Department of Parks & Recreation.
  4. ^ New York crowned champs

Pranala luar[sunting | sunting sumber]