Ciampea, Bogor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ciampea
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Bogor
Pemerintahan
 • Camat -
Luas 51,06 km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan 13
Kantor Kecamatan Ciampea
Pasar Ciampea; dengan Bukit Kapur Ciampea di latar belakang

Ciampea adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia, yang terdiri dari 13 kelurahan/desa[1]. Wilayah ini terkenal di masa lalu (dengan sebutan lamanya Tjampea) karena adanya ekosistem yang khas berupa perbukitan kapur, serta aneka peninggalan purbakala; kini sebagian wilayah itu termasuk dalam Kecamatan Cibungbulang.

Pusat Kecamatan Ciampea terletak di Desa Bojongrangkas, di tepi jalan raya Bogor - Leuwiliang (Jalan Nasional Rute 11), dekat percabangan menuju bukit kapur Ciampea. Lokasi ini dapat dicapai dengan menggunakan transportasi umum (angkot) dari Terminal Bubulak atau Terminal Laladon di Kota Bogor jurusan ke Ciampea, Leuwiliang, atau Jasinga.

Wilayah Ciampea merupakan pintu untuk menuju beberapa lokasi wisata seperti Gunung Salak Endah (wisata alam), Bukit Kapur Ciampea (wisata olahraga panjat tebing), dan petilasan purbakala di Ciaruteun (wisata sejarah). Potensi wisata yang dimiliki Kecamatan Ciampea sendiri adalah Kampung Wisata Cinangneng[2] di Desa Cihideung Udik, yang menyediakan atraksi wisata suasana pedesaan, seperti aktivitas menanam dan memanen padi, membajak sawah dan atraksi hiburan kesenian tradisional Sunda bagi wisatawan.

Kelurahan/desa[sunting | sunting sumber]

  1. Bojong Jengkol
  2. Bojong Rangkas
  3. Benteng
  4. Ciampea Udik
  5. Ciampea
  6. Cibadak
  7. Cibanteng
  8. Cibuntu
  9. Cicadas
  10. Cihideung Ilir
  11. Cihideung Udik
  12. Cinangka
  13. Tegal Waru

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Situs Resmi Pemkab Bogor: Kecamatan Ciampea
  2. ^ Situs Resmi Pemkab Bogor: Kampung Wisata Cinangneng