Bajing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Bajing
Bajing kelapa, Callosciurus notatus; dari Darmaga, Bogor
Bajing kelapa, Callosciurus notatus; dari Darmaga, Bogor
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Rodentia
Famili: Sciuridae
Fischer de Waldheim, 1817
Subfamilies
Bajing merah (Sciurus vulgaris) di Hofgarten di Düsseldorf.

Bajing adalah nama umum bagi sekelompok mamalia pengerat dari suku Sciuridae. Kata yang berpadanan dalam bahasa Inggris adalah squirrel. Dalam ilmu biologi, bajing tidak sama dengan tupai.

Kelompok ini adalah kelompok besar mamalia kecil, yang di Indonesia mencakup jenis-jenis jelarang, bajing terbang dan bajing pohon pada umumnya. Juga jenis-jenis bajing tanah, anjing prairi dan chipmunk. Dua golongan terakhir ini tidak didapati di Indonesia.

Ragam jenis dan penyebaran[sunting | sunting sumber]

Keluarga (familia) bajing, Sciuridae, terdiri dari 5 anak suku, 51 genus dan 278 spesies.

Bajing dalam bahasa[sunting | sunting sumber]

Bajing dikenal sebagai salah satu hama kelapa dan buah-buahan lainnya, terutama jenis bajing kelapa (Callosciurus notatus). Oleh sebab itu, perkataan ‘bajing’ kerap digunakan sebagai julukan pencuri dan penjahat, misalnya bajingan dan bajing loncat.

Kata yang terakhir juga merupakan judul lagu populer berbahasa Sunda, Bajing Luncat, yang dibawakan oleh penyanyi Upit Sarimanah pada akhir tahun ‘60an.

Lihat pula peribahasa dalam artikel Tupai.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • Corbet, G.B. and J.E. Hill, 1992, The Mammals of the Indomalayan Region: a systematic review. Nat. Hist. Mus. Publ. and Oxford Univ. Press.
  • Payne, J., C.M. Francis, K. Phillipps, dan S.N. Kartikasari. 2000. Panduan Lapangan Mamalia di Kalimantan, Sabah, Sarawak & Brunei Darussalam. The Sabah Society, Wildlife Conservation Society-Indonesia Programme dan WWF Malaysia. ISBN 979-95964-0-8
  • Steppan, S.J. B.L. Storz, and R. S. Hoffmann. 2004. Nuclear DNA phylogeny of the squirrels (Mammalia: Rodentia) and the evolution of arboreality from c-myc and RAG1. Molecular Phylogenetics and Evolution, 30:703-719.
  • Thorington, R. W. and R. S. Hoffmann. 2005. Family Sciuridae. Pp 754-818 in Mammal Species of the World, A Taxonomic and Geographic Reference. John Hopkins University Press, Baltimore.
  • (Inggris) Daftar nama taksa bajing