Tumbuhan runjung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tumbuhan runjung (Pinophyta)
Periode KarbonSekarang
Pinophyta

Taksonomi
SuperdomainBiota
SuperkerajaanEukaryota
KerajaanPlantae
SubkerajaanViridiplantae
InfrakerajaanStreptophyta
SuperdivisiEmbryophyta
DivisiTracheophyta
SubkerajaanPteridobiotina
SuperdivisiCycadophytanae
DivisiPinophyta
Reveal, 1996
Tata nama
Ex taxon author (en)Cronquist, Takht. dan W.Zimm.
Ordo & Suku
.

Tetumbuhan runjung atau konifer (Pinophyta atau Coniferae) adalah sekelompok tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) yang memiliki runjung ("cone") sebagai organ pembawa biji. Kelompok ini sekarang ditempatkan sebagai divisio tersendiri setelah diketahui bahwa pemisahan Gymnospermae dan Angiospermae secara kladistik adalah polifiletik.[1]. Contoh tumbuhan runjung antara lain aras, cemara-douglas, perau, cemara perak, arar, damar,lorik, tusam, hemlok, kayu merah, separ , melur, sempilor , jamuju dan tampinur

Kurang lebih ada 550 spesies anggotanya, dengan bentuk berupa semak, perdu, atau pohon. Kebanyakan anggotanya memiliki tajuk berbentuk kerucut dan memiliki daun yang memanjang (lanset) atau berbentuk jarum (sehingga dikenal juga sebagai tumbuhan berdaun jarum). Bentuk daun semacam ini dianggap sebagai adaptasi terhadap habitat hampir semua anggotanya yang banyak dijumpai di wilayah bersuhu relatif sejuk, seperti sekeliling kutub (circumpolar) atau di dataran tinggi.

Persebaran[sunting | sunting sumber]

Runjung (strobilus) adalah salah satu ciri khas Pinophyta.

Tumbuhan runjung kebanyakan tersebar di daerah yang memiliki iklim sedang. Bentuk daun runjung yang sempit sangat adaptif dengan suhu yang rendah yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

Di daerah tropika hanya beberapa jenis yang tumbuh di alam dan secara alami menyukai daerah pegunungan yang sejuk. Di Indonesia terdapat beberapa perwakilannya, seperti tusam sumatra (Pinus merkusii), sejumlah Araucariaceae seperti damar (Agathis alba)dan damar laki-laki (Araucaria cunninghamii), serta beberapa Podocarpus.

Galeri gambar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Silalahi, Marinan. (2014). Bahan Ajar Taksonomi Tumbuhan Tinggi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia. 20.