Antoine-Henri de Jomini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Antoine-Henri Jomini

Antoine-Henri Jomini (lahir 6 Maret 1779 – meninggal 24 Maret 1869 pada umur 90 tahun[1]) adalah seorang Jenderal tentara Perancis dan tentara Rusia. Ia merupakan salah satu penulis terkenal dalam seni perang Napoleon Bonaparte[2].

Karier[sunting | sunting sumber]

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Jomini lahir di Payerne di kanton Vaud, Swiss pada tanggal 6 Maret 1779. Jomini adalah warga negara Swiss keturunan Italia dengan memiliki pandangan pro-Perancis. Sekitar umur 12 tahun, ia tertarik dengan profesi tentara dan seni perang, serta berusaha masuk ke sekolah militer Pangeran Wuerttemberg di Montbéliard. Namun proyek ini ditinggalkan dengan pengalihan sekolah di Stuttgart karena orang tuanya mendorong untuk berkarier dalam bisnis. Dan pada usia 14 tahun[3], Jomini dikirim orang tuanya ke Haberstock Emmanuel di Aarau untuk mempersiapkan karier bisnis.

Pada April 1795, Jomini meninggalkan sekolah dan bekerja magang di Preiswerk (usaha perbankan), Basel. Pada 1796, ia pindah ke Paris sebagai pialang saham. Jomini meyakinkan dirinya sendiri bahwa kehidupan seorang bankir membosankan, tidak dapat dibandingkan dengan kehidupan yang diberikan Angkatan Darat Perancis, dan memutuskan untuk menjadi seorang perwira militer, segera setelah ia menemukan sebuah kesempatan.

Tentara Swiss[sunting | sunting sumber]

Pada 1798, setelah dibentuknya Republik Swis, Jomini mengikuti jejak Frédéric-César de La Harpe sebagai sekretaris Menteri Perang dengan pangkat kapten[4]. Pada tahun 1799, setelah dipromosikan ke pangkat mayor, Jomini mereorganisasi Departemen Perang di Swiss. Ia menyediakan aturan-aturan kebijakan, prosedur standar, dan mengadaptasi berbagai reformasi dengan sistem dan strategi organisasi[5].

Setelah kedamaian Lunéville pada tahun 1801, Jomini kembali ke Paris, tempat ia bekerja untuk sebuah pabrik peralatan militer “Delpont”. Namun pekerjaan tersebut tidak menarik baginya, dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mempersiapkan buku tentang teori militer : Analisis Operasi Besar Militer. Buku ini terbit dalam beberapa volume dalam kurun waktu 1804-1810, dan diterjemahkan serta dibahas secara luas di seluruh Eropa.

Angkatan Darat Perancis[sunting | sunting sumber]

Pada 1805, Jomini bertugas di Austerlitz sebagai sukarelawan dan menjadi staf pribadi Marsekal Ney. Pada bulan Desember 1805, ia dipromosikan sebagai seorang kolonel di Angkatan Darat Perancis. Jomini bertempur dengan Marsekal Ney pada Pertempuran Ulm dan menjabat sebagai ajudan Napoleon di Pertempuran Jena[6]

Pada tahun 1806, Jomini membuat tinjauan pelaksanaan perang dengan Prusia berdasarkan pengetahuannya tentang strategi operasi Frederick Agung.

Setelah perjanjian Tilsit Jomini diangkat sebagai kepala staf untuk Marsekal Ney dan mendapat gelar “Baron”. Dalam strategi operasi (kampanye) Spanyol 1808 Mayor Jenderal Louis Alexandre Berthier, kepala staf sang kaisar, merasakan persaingan dengan Jomiini. Jomini diangkat menjadi kepala staf angkatan darat keenam, menggantikan Jenderal Dutaillis, dan menempati pos di Glogau, Silesia.

Jomini bergabung dengan Napoleon di Wina setelah pertempuran Wagram, kemudian mengikutinya ke Paris. Namun Ney meminta mereorganisasi pasukannya, termasuk penggantian Jomini. Jomini diturunkan setelah Berthier, dibawah komando ajudannya, Kolonel Bailly Monthion.

Tentara Rusia[sunting | sunting sumber]

Lukisan karya George Dawe dari Galeri Militer the Winter Palace.

Pendekatan telah dilakukan sejak 1807, untuk memasuki tentara Rusia, tetapi Napoleon, mendengar niatnya untuk meninggalkan pasukan Perancis, memaksanya untuk tetap berada di tentara Perancis dengan pangkat Jenderal.

Selama beberapa tahun Jomini menjadi tentara di Prancis dan di Rusia, dengan persetujuan dari kedua penguasa. Tetapi ketika perang Perancis-Rusia, ia berada pada posisi yang sulit. Akhirnya Jomini mundur dari Moskow dan terlibat pemberontakan dari Prusia dan dikirim ke Jerman untuk segera bergabung dengan Marsekal Ney, mengambil bagian dalam pertempuran Lützen sebagai kepala staf Marsekal Ney yang memerintahkan empat korps. ia dibedakan sebelum dan pada saat pertempuran Bautzen, dan direkomendasikan ke divisi umum. Seberapa jauh Jomini bertanggung jawab atas kesalahpahaman tertentu yang mencegah pencapaian semua hasil yang diharapkan dari serangan Marsekal Ney di Bautzen.

Ia telah menolak untuk ambil bagian dalam perjalanan Rhine di Basel dan invasi Perancis ke Rusia pada tahun 1812. Selama gencatan senjata Jomini pergi ke markas Rusia dimana ia diterima dengan perbedaan dan dipromosikan menjadi letnan jenderal dan ajudan Tsar Alexander. Kepindahannya dikomentari Napoleon : “adalah fakta bahwa ia adalah seorang warga negara Swiss, bukan Perancis”.

Patriotisme Swiss nya memang kuat, dan ia mengundurkan diri dari Tentara Sekutu pada tahun 1814 ketika ia menemukan bahwa ia tidak bisa mencegah sekutu tentang pelanggaran netralitas Swiss. Terlepas dari cinta kepada negaranya sendiri, keinginan untuk belajar, mengajar dan mempraktekkan seni perang adalah motif utama.

Setelah pertempuran Leipzig, Jomini lebih suka tinggal di Wiemar, tetapi ia bergabung dengan Tsar Alexander ke Frankfurt untuk melihat lebih dekat apa yang terjadi di Swiss. Dan ia menjadi penasihat Tsar Alexander, hadir pada kongres Wina (1815), Aachen (1818) dan Verona (1823).

Pada tahun 1823, ia menjadi panglima tertinggi, jenderal penuh, dinobatkan oleh Kaisar Nicolas dan mendampingi kaisar dalam operasi militer ke Turki (1828).

Pasca-perang dan pensiun[sunting | sunting sumber]

Setelah beberapa tahun pensiun dan karya sastra, Jomini melanjutkan jabatannya di angkatan bersenjata Rusia, dan pada sekitar 1823 diangkat menjadi Jenderal penuh. Di sana hingga pensiun pada tahun 1829, ia bekerja di pendidikan militer Tsarevich Nicholas dan menjadi staf perguruan tinggi Rusia, yang dibuka pada 1832 hingga Oktober Revolusi 1917. Pada tahun 1828 ia bekerja di lapangan dalam Perang Rusia-Turki, dan pada Pengepungan Varna, ia dianugerahi “Grand Cordon“ dari Orde Alexander.

Tahun 1829 ia menetap di Brussels yang berfungsi sebagai tempat tinggal selama tiga puluh tahun. Pada tahun 1853, setelah mencoba tanpa hasil untuk membawa tentang pemahaman politik antara Perancis dan Rusia, Jomini dipanggil ke St Petersburg untuk bertindak sebagai penasihat militer Tsar selama Perang Krim.

Dia kembali ke Brussels pada tahun 1856. Kemudian ia menetap di Passy dekat Paris. Dia sibuk bekerja sampai dengan akhir hidupnya untuk menulis tinjauan, pamflet dan surat terbuka pada mata pelajaran seni militer dan sejarah. Pada tahun 1859 ia diminta oleh Napoleon III untuk melengkapi rencana operasi Perang Italia. Salah satu esai terakhir tentang Austria-Prusia tahun 1866

Dia meninggal di Passy hanya setahun sebelum Perang Perancis-Prusia dari 18701871.

Karya[sunting | sunting sumber]

Jomini adalah penulis sejumlah buku (sekitar 30 jilid) mengenai sejarah militer sebagai sejarah perang revolusi. Karya yang paling terkenal adalah “Ringkasan Seni Perang”, yang sering dicetak ulang khusunya di Amerika Serikat dan Jerman. Penerbit Hachette menerbitkan karya-karya Jomini dalam seri “Strategi”, sebuah ringkasan dari sejarah perang revolusi, yang mencakup periode 19721787.

Tulisan Jomini sangat didaktis dengan pendekatan preskriptif, tercermin dalam kosa kata yang rinci geometris istilah-istilah seperti basa, garis-garis strategis, dan poin-poin kunci. Resep operasional pada dasarnya sederhana yaitu menaruh kekuatan tempur utama pada titik yang menentukan. Teoretis terkenal pada Jilid 25 : Tinjauan dari taktik besar, dia menekankan keunggulan eksklusif garis interior.

Sebagai salah satu penulis bukan parsial bagi Carl von Clausewitz, pesaing besar Jomini di bidang teori militer, berkata :

Jomini bukan orang bodoh, namun. Kecerdasannya, catatannya, dan pengalaman aktual perang membuat tulisan-tulisannya banyak lebih kredibel dan berguna daripada deskripsi singkat, sehingga dapat berarti. Begitu ia meninggalkan pasukan Napoleon, dia mempertahankan dirinya sendiri dan reputasinya terutama melalui prosa. Gaya tulisannya, tidak seperti Clausewitz, konstan. Dia berurusan panjang lebar dengan beberapa mata pelajaran praktis (logistik, kekuatan laut) bahwa Clausewitz telah diabaikan. Unsur-unsur pembahasannya (sambutannya di Britania Raya dan kekuatan laut, misalnya) secara jelas bertujuan untuk melindungi posisi politik.[7]

Untuk Jomini, kematian Clausewitz sebagai bagian dari keberuntungan yang langka.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Monografi Jenderal Jomini
  2. ^ Shy, John. "Jomini." In Peter Paret, ed. Makers of Modern Strategy: From Machiavelli to the Nuclear Age. Princeton: Princeton University Press, 1986.
  3. ^ "Antoine Henri Jomini." Encyclopedia of World Biography Supplement, Vol. 23. Gale, 2003.
  4. ^ Shy, John. "Jomini." In Peter Paret, ed. Makers of Modern Strategy: From Machiavelli to the Nuclear Age. Princeton: Princeton University Press, 1986.
  5. ^ "Antoine Henri Jomini." Encyclopedia of World Biography Supplement, Vol. 23. Gale, 2003.
  6. ^ "Antoine Henri Jomini." Encyclopedia of World Biography Supplement, Vol. 23. Gale, 2003.
  7. ^ Bassford, Christopher. "Jomini and Clausewitz: Their Interaction." Paper presented to the 24th Meeting of the Consortium on Revolutionary Europe at Georgia State University, 26 February 1993. Proceedings of the Consortium on Revolutionary Europe, XX (1992). Tallahassee, FL: Florida State University, 1994.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • "Antoine Henri Jomini." Encyclopedia of World Biography Supplement, Vol. 23. Gale, 2003.

Reproduced in Biography Resource Center. Farmington Hills, Mich.: Gale, 2009. http://galenet.galegroup.com/servlet/BioRC

  • Hittle, J.D. (1958). "Introduction". Jomini and His Summary of the Art of War. Harrisburg, PA: Military Service Publishing Co. 
  • Shy, John. ""Jomini"". In Paret, Peter. Makers of Modern Strategy: From Machiavelli to the Nuclear Age. Princeton: Princeton University Press.  Unknown parameter |isn= ignored (help)
  • Jomini, Henri. Traité de grande tactique, ou, Relation de la guerre de sept ans, extraite de Tempelhof, commentée at comparée aux principales opérations de la derniére guerre; avec un recueil des maximes les plus important de l'art militaire, justifiées par ces différents évenéments. Paris: Giguet et Michaud, 1805. In English translation as: Jomini, Antoine­-Henri, trans. Col. S.B. Holabird, U.S.A. Treatise on Grand Military Operations: or A Critical and Military History of the Wars of Frederick the Great as Contrasted with the Modern System, 2 vols. New York: D. van Nostrand, 1865.
  • Jomini, Le Baron de. Précis de l'Art de la Guerre: Des Principales Combinaisons de la Stratégie, de la Grande Tactique et de la Politique Militaire. Brussels: Meline, Cans et Copagnie, 1838. In English translation as: Jomini, Baron de, trans. Major O.F. Winship and Lieut. E.E. McLean [USA]. The Art of War. New York: G.P. Putnam, 1854; Jomini, Baron de, trans. Capt. G.H. Mendell and Lieut. W.P. Craighill [USA]. The Art of War. Philadelphia: J.B. Lippincott, 1862; reprinted, Westport, CT: Greenwood Press, 1971; reprinted, with a new introduction by Charles Messenger, London: Greenhill Books, 1992.
  • Jomini, Le Baron de. Histoire critique et militaire des campagnes de la Revolution (1806; new ed. 1819-1824), Paris and Brussels, 1806, 1824.
  • Jomini, Le Baron de. Vie Politique et Militaire de Napoleon recontèe par lui-meme au Tribunal de Cèsar d'Alexandre et de Frederic, 4vol., Anselin, Paris, 1827
  • Elting, John R. "Jomini: Disciple of Napoleon?" Military Affairs, Spring 1964, 17-26.
  • Lecomte, Ferdinand. Le Général Jomini, sa vie et ses écrits (1861; new ed. 1888).
  • Pascal, A. Observations historiques sur la vie, &c., du général Jomini (1842).
  • Sainte-Beuve, C.A., Le Général Jomini (1869).
  • Shy, John. "Jomini." In Peter Paret, ed. Makers of Modern Strategy: From Machiavelli to the Nuclear Age. Princeton: Princeton University Press, 1986.
  • Swain, Colonel [USA] Richard M. "`The Hedgehog and the Fox': Jomini, Clausewitz, and History." Naval War College Review, Autumn 1990, 98-109.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]