Pertempuran Bautzen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pertempuran Bautzen
Bagian dari Perang Koalisi Keenam
Battle of Bautzen 1813 by Bellange.jpg
Pertempuran Bautzen
Tanggal 20-21 Mei 1813
Lokasi Bautzen, Sachsen
Hasil Kemenangan Perancis
Pihak yang terlibat
Flag of France.svg Perancis Flag of Prussia (1803).gif Prusia
Flag of Russia.svg Rusia
Komandan
Napoleon I
Michel Ney
Geraud Duroc
Flag of Prussia (1803).gif Gebhard von Blücher,
Flag of Russia.svg Peter Wittgenstein
Kekuatan
115.000[1] 96.000[1]
Korban
~20.000[2] ~20.000[2]

Pertempuran Bautzen (20-21 Mei 1813) adalah pertempuran antara Perancis dan pasukan gabungan Prusia dan Rusia. Pasukan Prusia dan Rusia dapat dipukul mundur oleh Napoleon I.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Setelah pemboman yang intens oleh pasukan artileri Napoleon dan jam pertempuran yang panas, garis pertahanan pertama dikuasai Perancis dan merebut kota Bautzen. Pasukan Prusso-Rusia tampaknya goyah. Ketika malam tiba, Perancis siap untuk memotong garis sekutu agar mereka mundur. Tapi Marsekal Ney menjadi bingung dan salah posisi sehingga kiri pintu terbuka bagi Sekutu untuk melarikan diri.

Pertempuran pada hari berikutnya, kembali keras dan setelah beberapa jam, serangan Perancis diperbarui dan mulai mendapatkan momentum. Namun serangan ini hanya dimaksudkan untuk memperbaiki posisi sekutu di tempat sehingga mereka bisa dipotong dan melindungi. Sekali lagi, Marsekal Ney menjadi terganggu dan memutuskan untuk merebut desa Preititz, sehingga kehilangan rencana strategis yang penting yaitu memotong sekutu.

Prusso-Rusia yang sedang mendesak kembali, menyeberangi sungai dan pada pukul 4 sore, ketika Pasukan Pengawal dikirim, mulai mundur. Tanpa pasukan Ney untuk mengunci mereka, namun mereka lolos kembali dari kekalahan total dari rencana Napoleon. Kerugian di kedua belah pihak mencapai sekitar 20.000. Tetapi beberapa sumber lain (sebagian besar sumber-sumber Jerman - sebagai contoh: Schlacht bei Bautzen, Lusatia Verlag, Dr Stubner & Co.KG, 1993) juga mengatakan, bahwa kerugian di sisi Perancis secara signifikan lebih tinggi karena taktik serangan agresif mereka yang gagal untuk memotong garis pertahanan sekutu, dan sekutunya hanya kehilangan 11.000 - 14.000. Kemenangan Perancis di Bautzen (setidaknya di Jerman) sering disebut kemenangan Pyrrhic.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Chandler, D., p.892.
  2. ^ a b Chandler, D., p.897.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Chandler, D. The Campaigns of Napoleon. Scribner, 1966.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]