Allan Thompson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Allan Thompson adalah sebuah karakter dari serial terkenal Petualangan Tintin yang digambar dan ditulis oleh Hergé. Pada awalnya ia adalah wakil kapten kapal dari Kapten Haddock, dan ia sering turut serta dalam penyelundupan dan berbagai kegiatan kriminal lainnya yang juga merupakan kaki tangan dari Rastapopoulos. Nama aslinya adalah Allan Thompson, namun dalam penerjemahannya ke dalam bahasa Inggris, nama keluarganya tidak dipakai untuk menghindari kerancuan dengan nama detektif kembar kita Thomson dan Thompson.

Ia muncul dalam setiap kisah yang juga menampilkan Rastapopoulos, kecuali di Lotus Biru, di mana ia belum diperkenalkan dalam serial komik ini (walaupun sebenarnya dia sudah muncul pada edisi gambar ulang dari Cerutu Sang Faraoh). Secara resmi ia muncul untuk pertama kalinya bersama-sama dengan Kapten Haddock, dalam edisi yang berjudul Kepiting Bercapit Emas di mana ia adalah wakil kapten kapal.

Dalam cerita Penerbangan 714, ia kehilangan semua giginya dalam perkelahian dengan penduduk pribumi dari pulau tersebut, tepat sesudah ia dan Rastapopoulos menghilang setelah mereka diculik oleh makhluk luar angkasa. Dalam Petualangan Tintin versi karangan Yves Rodier, Alpha Art, Kapten Haddock bertanya pada Rastapopoulos apa yang terjadi dengannya? Dan ia menjelaskan bahwa ia pindah ke Amerika Serikat dan bekerja sebagai kurir pembawa surat (pak pos). Dan pada gambar berikutnya menampilkan ia sedang dikejar-kejar oleh seekor anjing German Shepherd. Dan dalam cerita tersebut giginya yang tanggal sudah pulih kembali seperti sediakala.