Aliran gen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam genetika populasi, aliran gen (juga dikenal sebagai migrasi gen) merupakan transfer alel gen dari satu populasi ke populasi lainnya.

Migrasi ke dalam atau keluar suatu populasi dapat bertanggungjawab terhadap perubahan frekuensi alel (proporsi anggota yang membawa varian gen tertentu). Imigrasi juga dapat menyebabkan penambahan varian genetika baru ke dalam lungkang gen spesies atau populasi tertentu yang telah ada.

Terdapat sejumlah faktor-faktor yang memengaruhi aliran gen antara populasi-populasi yang berbeda. Salah satu faktor yang paling signifikan adalah mobilitas. Semakin besar mobilitas suatu individu, semakin besar potensi migrasi individu tersebut. Hewan cenderung lebih mudah berpindah daripada tumbuhan, walaupun serbuk sari dan biji dapat diangkut oleh hewan atau angin ke lokasi yang sangat jauh.

Aliran gen antara dua populasi secara terus menerus dan terjaga juga dapat menyebabkan kombinasi dua lungkang gen, mengurangi variasi genetika antara dua kelompok. Adalah karena alasan inilah aliran gen dengan kuat memperlambat/mengurangi spesiasi dengan merekombinasi lungkang gen antar kelompok.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Su, H et al. (2003) "The Great Wall of China: a physical barrier to gene flow?." Heredity, Volume 9 Pages 212-219

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]