Kladogenesis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bagian dari seri Biologi mengenai
Evolusi
Primate skull series.png
Pengenalan
Mekanisme dan Proses

Adaptasi
Hanyutan genetika
Aliran gen
Mutasi
Seleksi alam
Spesiasi

Riset dan sejarah

Bukti
Sejarah evolusi kehidupan
Sejarah
Sintesis modern
Efek sosial
Teori dan fakta
Keberatan / Kontroversi

Bidang

Kladistika
Genetika ekologi
Perkembangan evolusioner
Evolusi manusia
Evolusi molekuler
Filogenetika
Genetika populasi

Portal Biologi ·

Kladogenesis adalah proses evolusi yang menyebabkan pemisahan spesies dalam pohon filogenetik. Peristiwa ini biasanya terjadi ketika beberapa organisme berada di wilayah yang baru dan jauh atau saat peristiwa lingkungan menyebabkan kepunahan dan membuka relung ekologi baru bagi mereka yang bertahan. Contoh kladogenesis adalah beberapa organisme liar yang mencapai Kepulauan Hawaii melalui arus dan angin samudra. Sebagian besar spesies di kepulauan tersebut tidak dapat ditemui di tempat lain di Bumi akibat pemisahan evolusioner.

Kladogenesis merupakan lawan dari anagenesis, yaitu perubahan gradual dalam spesies nenek moyang yang membuatnya digantikan oleh bentuk yang baru (dalam kata lain tidak ada "pemisahan" dalam pohon filogenetik).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Korotayev, Andrey (2004). World Religions and Social Evolution of the Old World Oikumene Civilizations: A Cross-cultural Perspective (ed. First Edition). Lewiston, New York: Edwin Mellen Press. ISBN 0-7734-6310-0.  (on the applicability of this notion to the study of social evolution).