Accuracy International Arctic Warfare

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Accuracy International Arctic Warfare (AW)
Accuracy International Arctic Warfare - Psg 90.jpg
Tipe Senapan runduk
Negara asal  Britania Raya
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan 1982 (L96A1), 1988 (AW), 1990 (psg90) sekarang
Digunakan oleh Lihat Pengguna
Pada perang Perang Irak, Perang Afghanistan (2001–sekarang)
Sejarah produksi
Tahun 1982 (PM), 1983 (AW)
Produsen Accuracy International
Diproduksi 1982–sekarang
Spesifikasi
Berat 65 kg (143 lb)
Panjang 1.180 mm (46.5 in)
Panjang laras 660 mm (26.0 in)

Peluru .243 Winchester
7,62 x 51 mm NATO (.308 Winchester)
.300 Winchester Magnum
.338 Lapua Magnum
Mekanisme Bolt-action
Kecepatan peluru 850 m/s (2,790 ft/s)
Jarak efektif 800 m (870 yd)
Amunisi Magazen box is 10 butir
Alat bidik Bidikan besi yang dapat dibongkar pasang
Bidikan optik mode siang dan malam
Senapan produksi Accuracy International yang berhubungan

AI Arctic Warfare
AI AWP ('Police')
AI AWM ('Magnum')
AI AW50 ('.50 BMG')
AI AS50
AW50F Australia
Psg 90 Swedia

Accuracy International Arctic Warfare adalah senapan runduk bolt-action yang merupakan bagian dari keluarga senapan runduk buatan perusahaan Inggris, Accuracy International. Senapan ini menggunakan bidikan optik buatan Jerman, Schmidt & Bender PM II/MILITARY MK I sebagai standar penjualannya. Sedangkan Jerman dan Rusia lebih memilih menggunakan bidikan optik buatan Zeiss.

Berbagai varian dibuat untuk dapat menggunakan berbagai ukuran peluru seperti : .243 Winchester; 7,62 x 51 mm NATO (.308 Winchester); .300 Winchester Magnum dan .338 Lapua Magnum.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Desain asli[sunting | sunting sumber]

Accuracy International PM (Precision Marksman) adalah senapan "induk" dari semua varian Arctic Warfare. Nama lain dari senapan ini adalah L96A1 dan digunakan oleh militer Inggris pada pertengahan tahun 1980an dengan rancangan menggunakan amunisi peluru 7,62 x 51 mm NATO.

Senapan ini merupakan penganti senapan sebelumnya Lee-Enfield dengan salah satunya variannya L42A1. Senapan runduk Parker Hale M85 tidak jadi digunakan oleh militer Britania Raya, mereka lebih memilih produk dari AI (Accuracy International) dengan nama PM (L96A1 ) yang dilengkapi dengan alat bidik optik Schmidt & Bender 6x42.

Perubahan desain[sunting | sunting sumber]

Beberapa tahun setelah digunakan oleh militer Britania Raya, militer Swedia juga mencari senapan runduk untuk digunakan mereka. Pada awal 1990an AI melakukan peningkatan dari PM dan mengganti namanya menjadi AW (Artic Warfare). Nama inilah kemudian yang menjadi nama yang dikenal bagi senapan buatan AI dari pada nama sembelumnya (PM).

Senapan ini dirancang untuk dapat digunakan pada temperatur rendah ( −40 °C atau −40 °F) dengan perubahan fitur anti pembekuan. Ukuran pada popor, bolt dan magazen mempunyai ukuran yang lebih besar. Senapan ini digunakan oleh militer Swedia dengan nama Prickskyttegevär 90 (Psg 90) pada tahun 1991.

Militer Britania Raya juga menggunakan varian PM (L96A1) yang sudah dimodifaksi dengan nama L118A. Senapan ini dilengkapi dengan alat bidik optik Schmidt & Bender MILITARY MK II 3-12x50.

Pengembangan desain[sunting | sunting sumber]

Sejak diluncurkan dengan nama Artic Warfare, senapan ini telah banyak digunakan oleh militer berbagai negara di antaranya Australia, Belgia, Jerman, Indonesia, Irlandia, Latvia, Malaysia, Norwegia, Belanda, Selandia Baru, Rusia, Singapura, Spanyol, Swedia dan Britania Raya, begitu juga dengan turunan dari L96A1 termasuk AI AE, dan AI AS50.

Kebanyakan dari varian senapan menggunakan amunisi peluru 7,62 x 51 mm NATO, tapi ada juga yang menggunakan amunisi peluru ukuran lain. Senapan ini dilengkapi dengan muzzle brake untuk mengurangi recoil dan kilat hasil tembakan.

Setiap negara menggunakan spesifikasi khusus misalnya Swedia yang menggunakan nama Psg 90 dengan alat bidik buatan Zeiss dan amunisi peluru sabot. Pada tahun 1998 tentara Jerman menggunakan varian dengan fitur popor lipat, amunisi peluru .300 Winchester Magnum (7,62 x 67 mm) dan alat bidik optik buatan Jerman Zeiss dengan nama Scharfschützengewehr 22 (G22).

Kelebihan senapan yang setiap bagiannya dapat ditukar pakai dalam segala kondisi cuaca ini menjadikannya populer di kalangan militer berbagai negara. Senapan ini mempunyai akurasi tinggi dan jangkauan efektif sekitar 800 meter menggunakan alat bidik Schmidt & Bender 6x42 PM II.

Saingan dari senapan ini adalah senapan runduk seri Sako TRG buatan Finlandia, senapan ini mempunyai kemampuan yang mirip dengan Arctic Warfare tetapi dengan harga yang lebih murah.

Detail rancangan[sunting | sunting sumber]

Versi Jerman (G22) dengan popor AICS 2.0.

Sistem AW merupakan senapan runduk unik dibandingkan dengan senapan multiguna yang sudah ada, bahkan jika dibandingkan dengan senapan runduk yang telah ditingkatkan akurasinya.

Desain modular memungkinkan senapan ini untuk dapat diperbaiki di lapangan dengan bantuan sedikit peralatan. Beberapa bagian utama seperti laras dapat ditukar dengan senapan lain. Amunisi peluru yang digunakan dapat diganti juga jika bagian laras, bolt dan mekanisme mempunyai dimensi fleksibel dan mendukung[1].

Fitur[sunting | sunting sumber]

Bagian chasis yang digunakan AW menggunakan bahan yang terbuat dari aluminium, sampai kebagian popor. Semua bagian termasuk popor, receiver dipasang langsung pada chasis, menjadikan senapan menjadi kaku, kuat namun ringan. Sistem yang bernama Accuracy International Chassis System (AICS) ini dapat diaplikasikan ke semua senapan buatan Accuracy International.

Laras[sunting | sunting sumber]

Bagian laras terbuat dari bahan baja anti karat, lebih tahan terhadap korosi dari laras yang terbuat dari bahan lain pada umumnya. Amunisi peluru yang dipakai akan menggunakan laras yang berbeda pula. Jika akurasi telah menurun karena penggunaan, maka bagian ini dapat diganti dengan mudah. Hal ini merupakan hal biasa terjadi pada senapan.

Keamananan[sunting | sunting sumber]

Senapan dilengkapi dengan pengatur bolt lock pada bagian belakangnya, apabila berada pada tanda merah berarti senapan siap digunakan, apabila pada tanda putih maka senapan pada posisi terkunci.

Trigger[sunting | sunting sumber]

Mekanisme trigger dibuat dalam dua tahap pengaturan.

Pengisian amunisi[sunting | sunting sumber]

Magazen tipe box dipasang pada bagian bawah receiver senapan, menggunakan tipe kolom ganda berbahan baja, sedangkan magazen kolom tunggal digunakan untuk amunisi peluru .300 Winchester Magnum.

AICS (Accuracy International Chassis System)[sunting | sunting sumber]

Senapan runduk M24 Angkatan Laut Amerika Serikat menggunakan popor AICS 2.0 dan receiver yang digunakan pada Remington 700.

Accuracy International Chassis System (AICS) (Sistem Rangka Accuracy International) dapat diterapkan pada receiver dan beberapa komponen senapan produk Accuracy International, juga beberapa varian senapan buatan Amerika Serikat Remington Model 700. Versi AICS untuk Remington Model 700 mulai digunakan pada tahun 1999. AICS dibuat dengan tiga versi yaitu AICS 1.0 dengan model popor tetap pada bagian cheek-piece nya, AICS 1.5 dengan cheekpiece yang dapat diatur untuk senapan olah raga, dan AICS 2.0 yang dibuat dengan cheekpiece yang dapat diatur dan popor lipat. Ada juga pilihan varian popor dengan cheekpiece yang dapat diatur dengan cepat menggunakan pegas, yang terintegrasi dengan popor yang mempunyai fitur di bagian butt (belakang) popor yang dapat diatur dengan cepat pula.

Bagian sisi dari ACIS terbuat dari bahan polimer dengan beberapa pilihan warna yaitu olive drab, dark earth dan hitam.

Kait untuk tali (sling) berada di setiap sisi senapan, hal ini memudahkan pada saat senapan dibawa oleh penggunanya.

Aksesoris[sunting | sunting sumber]

Varian militer Jerman (G22) dilengkapi dengan peredam suara.

Senapan Accuracy International Arctic Warfare biasanya dilengkapi dengan bipod pada bagian bawah laras dan monopod pada bagian bawah popornya.

Aksesoris dari senapan ini[2] antara lain beragam pilihan alat bidik optik buatan Schmidt & Bender seri PM II yang dilengapi dengan saringan laser untuk kalangan militer, dudukan aluminium untuk alat bidik optik, Rel MIL-STD-1913 (Rel Picatinny), tudung dan tutup alat bidik optik, peredam suara, bidikan besi, cleaning kits, pengatur bagian belakang popor, bipod, handstops, koper, dan peralatan untuk pemeliharaan[3].

Varian[sunting | sunting sumber]

PM (Precision Marksman)[sunting | sunting sumber]

Accuracy International PM (Precision Marksman) adalah senapan "induk" dari semua varian Arctic Warfare. Nama lain dari senapan ini adalah L96A1 dan digunakan oleh militer Inggris pada pertengahan tahun 1980an dengan rancangan menggunakan amunisi peluru 7,62 x 51 mm NATO.

AW (Arctic Warfare)[sunting | sunting sumber]

Adalah versi L96A1 yang telah ditingkatkan kemampuannya, tetapi masih menggunakan amunisi peluru 7,62 x 51 mm NATO. Artic Warfare bersumber dari fitur khusus yang dirancang untuk digunakan pada lingkungan dengan suhu yang ekstrem (dingin).

Berikut adalah variannya :

  • L118A1 : varian yang dipakai militer Britania Raya
  • Psg 90 : varian yang dipakai militer Swedia. Psg singkatan dari Prickskyttegevär ("Senapan runduk").
  • SR-98 : varian yang dipakai militer Australia. Senapan ini dipakai di kalangan polisi Australia dan menggunakan amunisi peluru 7,62 x 51 mm NATO ke dalam magazen kapasitas 5 butir. Varian ini menggunakan adjustable butt pad, cheek pad, monopod pada popor, popor lipat, bipod, laras free floating.

Berdasarkan informasi dari brosur, senapan ini tersedia untuk amunisi peluru 7,62 x 51 mm NATO dan .243 Winchester, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk ukuran amunisi lain jika diminta.

AWF (Arctic Warfare Folding)[sunting | sunting sumber]

Model AW yang menggunakan popor lipat samping berbahan polimer.

AWP (Arctic Warfare Police)[sunting | sunting sumber]

AWP (Bahasa Inggris : Arctic Warfare Police; Arctic Warfare Polisi ) adalah varian untuk digunakan oleh penegak hukum (polisi), senapan ini berwarna hitam, tidak berwarna hijau seperti peruntukan bagi militer. Laras yang digunakan relatif lebih pendek berukuran panjang 24 in (610 mm) dibanding varian AW militer. Biasanya senapan ini menggunakan peluru 7,62 x 51 mm NATO / .308 Winchester atau .243 Winchester, tapi bisa juga menggunakan peluru kaliber lain. Senapan ini dibuat pula dalam varian yang lebih murah dengan warna yang sama hitam, diperuntukan bagi kalangan non militer, yaitu AW AE[4][5].

AWS (Arctic Warfare Suppressed)[sunting | sunting sumber]

Accuracy International Arctic Warfare Suppressed (Accuracy International AWS atau AWS; Suppressed berarti "bunyi yang dipelankan", berperedam suara) adalah varian AW yang didesain khusus untuk menggunakan amunisi peluru subsonic ("tanpa" suara) .308 Winchester / 7,62 x 51mm NATO . Selain penggunaan peluru subsonic senapan ini juga menggunakan laras yang dilengkapi dengan peredam suara internal. Laras berperedam suara ini dapat ditukar pakai dengan laras standar AW atau AWP dengan memakan waktu sekitar tiga menit, setelah pergantian laras, alat bidik harus diatur ulang[6].

Kelemahan dari senapan ini adalah jangkauan efektifnya yang "hanya" sekitar 300 meter.

AWC (Arctic Warfare Covert)[sunting | sunting sumber]

Accuracy International Arctic Warfare Covert (Accuracy International AWC atau AWC) adalah varian dari AWS dengan fitur popor lipat dan laras yang lebih pendek dari AWS yaitu sepanjang 305 mm (sudah termasuk peredam suara). Senapan ini dilengkapi dengan koper kecil berbahan polimer yang dapat memuat senapan (popor dilipat dan peredam suara dilepas); juga popor, alat bidik, bipod, bolt, peredam suara, magazen dan sekotak amunisi.

Senapan ini digunakan oleh pasukan khusus Amerika Delta Force, SAS Britania Raya dan KSK Jerman (dengan nama G25)[7].

AWM (Arctic Warfare Magnum)[sunting | sunting sumber]

! Artikel utama untuk kategori ini adalah Accuracy International AWM.

Accuracy International Artic Warfare Magnum (Accuracy International AWM atau AWM) adalah varian Artic Warfare yang menggunakan amunisi kelas berat dan panjang khususnya .300 Winchester Magnum. Senapan ini diadopsi oleh beberapa militer negara lain antara lain :

  • G22 (Gewehr 22 atau Scharfschützengewehr 22) adalah AWM yang diadopsi oleh militer Jerman. Senapan ini menggunakan popor lipat dan mengggunakan amunisi peluru kaliber .300 Winchester Magnum (7,62 x 67 mm)

AWSM (Arctic Warfare Super Magnum)[sunting | sunting sumber]

L115A1.

Accuracy International Arctic Warfare Super Magnum (Accuracy International AWSM atau AWSM) adalah varian dari AWM yang menggunakan amunisi peluru .338 Lapua Magnum. Senapan ini diadopsi oleh militer negara lain, antara lain  :

AX 338[sunting | sunting sumber]

Accuracy International AX 338 (AX 338) adalah senapan runduk yang menggunakan amunisi peluru .338 Lapua Magnum, senapan ini merupakan evolusi besar dari AWSM. Meskipun banyak mengambil desain dari AWSM, bagian-bagian dari senapan ini tidak dapat ditukar pakai.

Senapan ini dirancang sebagai senapan multi kaliber modular, artinya pengguna dapat menggunakan amunisi peluru .338 Lapua Magnum sampai .300 Winchester Magnum bahkan 7,62 x 51 mm NATO dengan cara mengganti bolts, magazen dan laras.

Bagian popor dapat dilipat samping dilengkapi dengan adjustable cheekpiece, dan monopod. Pada bagian receiver dilengkapi dengan rel MIL-STD 1913 sebagai dudukan bagi berbagai alat bidik optik.

AW50 (Arctic Warfare kaliber .50)[sunting | sunting sumber]

! Artikel utama untuk kategori ini adalah Accuracy International AW50.

AW50 adalah senapan anti materiel hasil pengembangan L96 yang diperkenalkan pada tahun 2000. Senapan ini menggunakan amunisi peluru kaliber .50 BMG (12,7 x 99 mm NATO).

  • Militer Jerman menggunakan senapan ini dengan nama G24 (Gewehr 24 atau Scharfschützengewehr 24)

AW50F (Arctic Warfare kaliber .50 dengan popor lipat)[sunting | sunting sumber]

! Artikel utama untuk kategori ini adalah Accuracy International AW50F.

AW50F adalah varian dari AW50 yang digunakan militer Australia dengan perbedaan pada popor yang menggunakan tipe lipat dan laras buatan Australia.

AS50 (Arctic Semi otomatis kaliber .50)[sunting | sunting sumber]

Adalah varian semi otomatis untuk amunisi peluru kaliber .50 BMG yang diperuntukan untuk Navy SEAL, Amerika Serikat. Senapan ini dikembangkan bersama oleh Accuracy International dengan NSWC (Naval Surface Warfare Center) pada tahun 2007.

AE/AE MkII (Accuracy Enforcement)[sunting | sunting sumber]

Accuracy International Accuracy Enforcement (Accuracy International AE atau AE) adalah varian yang "disederhanakan" dari AW/AWP yang diperuntukan bagi kalangan penegak hukum (polisi), senapan ini diperkenalkan pada tahun 2001 dengan harga yang lebih murah. Perbedaannya antara lain : sistem bolt-action yang lebih kecil dari AW standar, sistem bolt action ini bisa dilepas pasang (tidak permanen seperti AW), receiver yang lebih ringkas, tidak dapat digunakan bagi penembak bertangan kidal. Senapan ini menggunakan amunisi peluru 7,62 x 51 mm NATO dengan panjang laras 610 mm (24 in). Pada tahun 2009 AE diperbarui dengan nama AW MkII, perbedaannya adalah menggunakan sistem AICS 5, magazen berkapasitas 10 butir amunisi, pelatuk yang dapat dilepas dan cheekpiece yang dapat diatur. Pilihan laras dengan panjang 508 mm (20.0 in) lengkap dengan muzzle brake dan peredam suara kemudian chassis (popor) yang dapat dilipat juga tersedia.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]