Magasin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Magazen)
Magasin boks SIG 550 yang lejas.

Magasin[1] atau lopak[2] adalah alat penyimpanan dan pengisian amunisi yang menyatu atau dipasang pada senjata api. Magasin bisa tersepadu dengan sebuah senjata api (fixed) atau dapat dicopot (detachable). Fungsi dari magasin adalah mendorong peluru dari dalam magasin masuk ke dalam senjata api secara otomatis ataupun secara tangan, tergantung dengan jenis senjata api. Magasin sering disamakan dengan sebuah klip, tetapi klip ini sebenarnya tidak sama dengan magasin.[3] Amunisi sabuk/rantai yang digunakan oleh senapan mesin bukanlah merupakan magasin, karena cara kerjanya tidak mengambil amunisi dari kontainer tertutup layaknya magasin.[4]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Boks[sunting | sunting sumber]

Magasin boks adalah magasin paling populer untuk pistol dan senapan modern. Peluru di dalam magasin ini ditumpuk dalam sebuah kolom paralel. Peluru ini kemudian didorong ke atas dengan menggunakan pegas. Magasin boks dapat menyatu di dalam senjata api (internal atau fixed), atau terpisah (eksternal atau detachable).

Magasin pada senapan SKS adalah magasin boks internal.
  • Magasin boks internal menyatu dengan senjata dan sulit untuk dibongkar. Magasin seperti ini sering ditemukan pada senapan sebelum Perang Dunia II, dan senapan berburu modern. Magasin ini biasanya diisi dengan menggunakan klip, yang dapat mengisi banyak peluru sekaligus.
Magasin boks eksternal pada AK-47
  • Magasin boks eksternal adalah magasin yang berdiri sendiri, dan diisi atau dikosongkan ketika sedang dilepas dari senjata api. Ketika peluru di dalam magasin ini habis, magasin ini dapat dilepas dan diganti dengan magasin yang terisi penuh. Ini mempercepat pengisian senjata api. Dan pada situasi tertentu, dua magasin boks dapat di selotip dan ditempelkan jadi satu untuk semakin mempercepat pengisian peluru, tetapi magasin senapan modern G36 dan SIG 550 memiliki alat khusus untuk menempelkan dua magasin.

Gasket[sunting | sunting sumber]

Diagram magasin gasket dari M4 Spectre

Formasi lain dari magasin boks, kadang-kadang mengacu pada empat kolom magasin yang dapat menampung lebih banyak amunisi dengan mempertahankan panjang magasin walaupun lebih luas. Magasin jenis Gasket ini dapat di temui pada senjata Suomi KP/-31, Hafdasa C-4, M4 Spectre dan pada jenis senjata AK kaliber 5.45 x 39 mm derivatif.[5]

Drum[sunting | sunting sumber]

Magasin drum yang terpasang pada RPK.

Magasin drum digunakan oleh beberapa senapan mesin, pistol mitraliur, dan senapan gentel. Magasin ini berbentuk silinder, dan tetap mendorong peluru dengan menggunakan per atau alat sejenisnya. Magasin drum dapat menyimpan lebih banyak peluru dari magasin boks, tetapi berat dan mekanismenya dapat menimbulkan masalah kehandalan.

Heliks[sunting | sunting sumber]

Magasin heliks merupakan pengembangan dari magasin drum, yang membuat peluru mengikuti sebuah alur spiral. Mekanisme ini membuatnya dapat menyimpan amunisi dalam jumlah yang sangat banyak, dengan ukuran magasin yang relatif kecil. Senjata api yang menggunakan magasin ini antara lain pistol mitraliur Calico 960 dan Bizon.

Cakram[sunting | sunting sumber]

Magasin cakram pada senapan mesin ringan era Perang Dunia II, Senapan mesin Degtyaryov.

Magasin cakram sering disamakan dengan magasin drum, perbedaannya adalah bahwa magasin ini menyimpan peluru dengan pusat perputaran yang jauh berbeda dengan magasin drum, serta magasin ini biasanya terletak di bagian atas senapan. Magasin jenis ini antara lain digunakan pada senapan mesin American 180, Senapan mesin Lewis, dan Senapan mesin Degtyaryov.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Indonesia) Arti kata magasin dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  2. ^ (Indonesia) Arti kata lopak dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  3. ^ "Magazen vs Klip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-07-20. Diakses tanggal 2010-04-05. 
  4. ^ "Asosiasi Senjata api Amerika". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-18. Diakses tanggal 2010-04-05. 
  5. ^ Gambar magasin jenis gasket

Lihat pula[sunting | sunting sumber]