Aaron Carter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Aaron Carter
Aaron Carter BR.jpg
Latar belakang
Lahir 7 Desember 1987 (umur 26)
Asal Bendera Amerika Serikat Tampa, Florida, Amerika Serikat
Genre Dance-pop
Pop remaja
Hip hop
Pop rap
Ballad
Electro-pop
Pekerjaan Penyanyi Penulis lagu
Rapper
Aktor
Instrumen Vokal
Tahun aktif 1997–sekarang (singer)
Label Edel Music America (1996–1998)
Jive/Zomba (1998–sekarang)
Sony BMG (2006–sekarang)
Situs web AaronCarterOnline

Aaron Charles Carter (lahir di Tampa, Florida, Amerika Serikat, 7 Desember 1987; umur 26 tahun) adalah seorang penyanyi pop dan hip hop Amerika Serikat. Aaron adalah adik dari penyanyi Nick Carter. Dia muncul sebagai seorang penyanyi pop dan hip hop pada akhir tahun 1990an, membuktikan dirinya sebagai seorang bintang di antara penonton anak-anak dan remaja pada awal tahun-2000an. Carter, yang juga sudah menerjuni karier akting, dikenal media mengenai kehidupan pribadinya, termasuk hubungannya dengan aktris remaja Hilary Duff dan Lindsay Lohan, dan masalah-masalah hukumnya, beberapa menyangkut ibunya.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Carter lahir di Rumah Sakit Umum Tampa, Tampa, Florida, dimana orang tua-nya tinggal di the Garden Villa Retirement Home, keluarga ini berasal dari daerah utara negara bagian New York, dimana kakak-nya, Nick Carter, dilahirkan. Carter diberi nama setelah kakek dari pihak ayah-nya (Aaron Charles Carter), dan memiliki beberapa darah penduduk Asli Amerika Blackfoot, maupun kemungkinan berdarah orang Spanyol, keturunan. Terlepas dari kakak-nya, Nick (dikenal sebagai personel Backstreet Boys), ia juga mempunyai saudara perempuan: saudara kembar Angel Carter (seorang model), Bobbie Jean Carter dan Leslie Carter. Ia juga mempunyai kakak perempuan tiri bernama Ginger, dari pernikahan pertama ayah-nya, dan seorang adik tiri, Kaden (dari pernikahan baru ayahnya). Ia juga mempunyai adik perempuan tiri, Taelyn, dari istri baru ayahnya.

Carter bersekolah di SD Frank D. Milesand dan Sekolah Ruskin di Florida.

Musik[sunting | sunting sumber]

Jenis musik Carter terdiri hip-hop and Ballads. Ia memainkan beberapa alat musik, di antaranya drum, piano, gitar, dan saxophone; walaupun, secara normal ia tidak tampil sebagai anggota band-nya sepanjang konser. Carter adalah seorang penari/dancer yang melakukan beberapa koreografi ciptaan-nya sendiri.

Carter memulai karier pertunjukannya pada usia tujuh tahun, sebagai penyanyi utama dari band lokal, Dead End. Dia keluar dari band tersebut dua tahun kemudian karena mereka cenderung pada musik alternatif dan ia menginginkan pop. Ia membuat penampilan solo pertamanya, menyanyikan sebuah cover The Jets' "Crush on You", pada saat pempukaan untuk Backstreet Boys di Berlin pada bulan Maret 1997. Penampilannya diikuti oleh kontrak rekaman, dan pada musim gugur tahun 1997, ia merilis single pertamanya, "Crush on You". Album panjang pertamanya dirilis pada 1 December 1997. Album debut ini mencapai status emas di Norwegia, Spanyol, Denmark, Kanada, dan Jerman, dan dirilis di Amerika Serikat pada 16 Juni 1998. Di 17 November 1996, Carter merilis Extended play Let The Music Heal Your Soul. Rekaman ini merupakan sebuah proyek pengumpulan dana yang menyertakan vokal dari Carter, The Backstreet Boys, 'N Sync, The Moffatts, dan artis-artis lainnya (secara kolektif ditunjuk sebagai "Bravo All Stars" menurut majalah remaja Jerman Bravo).

Orang tua Aaron belakangan menempati perkara hukum melawan mantan manajer-nya, Lou Pearlman (sekarang dituntut atas penggelapan besar), atas kesalahan membayar ratusan ribu dolar dalam royalti pada album tahun 1998 Carter, yang dirilis melalui perusahaan produksi dan label milik Pearlman, Trans Continental. Pada 13 Maret 2003, Pearlman mengumumkan di pengadilan untuk mengabaikan permintaan pengadilan untuk memproduksi dokumen-dokumen berkaitan dengan pembayaran royalti.

Suara Carter telah disertakan pada beberapa jalur suara, termasuk kolaborasi dengan musisi Patrick Kilcoyne di Pokémon: The First Movie (1999), Rugrats in Paris: The Movie (2000), Jimmy Neutron: Boy Genius dan The Princess Diaries (2001). Album selanjutnya, Aaron's Party (Come Get It) dirilis di Amerika Serikat pada 26 September 2000 di bawah label Jive Records. Album ini menghasilkan sertifikasi triple-platinum, penjualan lebih dari 1.5 juta kopi di Amerika Serikat. Album ini diikuti dengan kompilasi video muusik (10 Oktober 2000) and sebuah DVD konser (31 Juli 2001). Pada usia 13 tahun, Carter merekam album Oh, Aaron, wyang dirilis pada 7 Augustus 2001 dan difiturkan dengan rekaman duet pertamanya bersama kakaknya, Nick. Oh, Aaron ditemani sebuah video/DVD dari nama yang sama, yang dirilis pada 26 Maret 2002 dan termasuk perjalanan konser tahun 2001 di Baton Rouge, Louisiana, serta video-video klip dan wawancara. Mainan Play Along juga membuat sebuah boneka Selebriti Aaron Carter yang mengiringi rilisnya album.

Di akhir 2001, Aaron kakak-nya Nick ada di antara banyak artis yang berpartisipasi dalam rekaman single amal 9/11 "What More Can I Give" ditulis dan digubah oleh Michael Jackson yang dicanangkan untuk mengumpulkan uang untuk para korban. Namun, Sayang sekali, Sony menolak untuk merilis trek itu dan Michael Jackson merilis lagu ini dengan bantuan dari label lain.

Album Aaron selanjutnya, Another Earthquake, yang dirilis pada 3 September 2002, selama tur "Rock, Rap, and Retro". Album ini difiturkan dengan "America A.O." yang bertema patriotisme dan lagu ballad "Do You Remember". Album Aaron Most Requested Hits, sebuah koleksi yang memuat lagu-lagu dari tiga album terakhirnya maupun single yang baru, "One Better", yang dirilis pada 3 November 2003. CD single Aaron yang teranyar adalah "Saturday Night", yang dirilis pada 22 Maret 2005 dan dipromosikan sepanjang Tur Remix 2005 musim panas. Lagu tersebut dirilis oleh label Trans Continental, dengan Lou Pearlman sebagai produser pelaksana. Lagu tersebut juga menjadi jalur suara film Popstar]], yang dibintangi oleh Aaron sendiri.

Di 21 Maret 2006, Trans Continental memenuhi sebuah perkara hukum melawan Carter di bawah Pengadilan Tinggi Los Angeles, menyebutkan bahwa Carter menurut dugaan orang ingkar pada suatu perjanjian rekaman. Carter telah menandatangani kontrak pada 7 Desember 2004, ketika ia masih ada di bawah umur, yaitu 17 tahun. Setahun kemudian, pengacara-nya memberitahukan perusahaan rekaman tersebut bahwa Carter mempunyai hak untuk "membatalkan atau membatalkan pelbagai persetujuan" yang ditandatangani ketika ia masih di bawah umur.

Carter adalah salah satu dari banyak artis yang merekan sebuah lagu pada album DisneyMania. Carter merekam "I Just Can't Wait to Be King" dari The Lion King.

Pada acara Aaron "House of Carters", dan pada salah satu myspaces resminya, ia menyatakan bahwa ia sedang ada di pertengahan dari penulisan, rekaman, dan produksi untuk album yang akan datang.[rujukan?]

Karier Akting[sunting | sunting sumber]

Carter sudah aktif sebagai seorang aktor, menjadi bintang tamu pada beberapa serial televisi, termasuk Lizzie McGuire, Sabrina, the Teenage Witch, dan 7th Heaven. Di April 2001, ia membuat debut Broadway-nya, berperan sebagai JoJo the Who dalam Seussical the Musical oleh Lynn Ahrens dan Stephen Flaherty.

Carter membuat debut film fitur pertama-nya dalam sebuah cameo pada sebuah komedi pada tahun 2004, Fat Albert. Peran utama pertamanya ada di film Popstar (2005), sebuah film direct-to-video yang sebagian besar berdasarkan pada kehidupannya sebagai seorang performer. Seorang pembalap motorcross di kehidupan nyata, Carter juga tampil pada Supercross Tahun 2005.

Carter dan saudara-saudara kandung-nya membintangi dalam sebuah reality show, House Of Carters, yang pertunjukkan perdananya pada Oktober 2006 di Stasiun Televisi E!. Serial tersebut menampilkan rutinitas semua saudara kandung Aaron yang tinggal di rumah yang sama.

Hobi[sunting | sunting sumber]

Carter aktif dalam olahraga, termasuk olahraga air (surfing, renang, scuba diving, kayaking), sepak bola, golf, bisbol, football dan motocross. Ia juga pemain bola basket yang kerajingan; ia bermain basketball bersama teman-teman tur-nya, dan dikenal menembak basket-basket di panggung sepanjang konsernya. Dia berteman dengan atlet Shaquille O'Neal untuk video klip "That's How I Beat Shaq". Di Januari 2005, ia ikut kakak-nya Nick di Whittier, California dan bermain dengan tim bola basket selebriti Hollywood Knights, mengumpulkan dana untuk sekolah-sekolah lokal yang ada di Los Angeles.

Selain olahraga, Carter menyukai kerja di luar. Pada usia 14, ia melakukan angkat-beban dan menaikkan berat badannya dari 120 lb menjadi 140 lb, menambahkan 20lbs otot murni dari badannya. Ia lebih mementingkan latihan utamanya di lengannya, abs dan pecs. Ia juga seorang pesenam, dan sering melakukan back flip, handstand, dan one-arm cartwheels dalam penampilan konsernya.

Carter juga seorang penganjur yang bernafsu terhadap perlindungan habitat Everglades di daerah asalnya, Florida. Pada umur 15 tahun ia tampil dalam sebuah video United States Coast Guard mempromosikan penggunaan life jacket di antara para boater dan angler. Carter menikmati kaki-telanjang dan banyak gambar kaki-nya yang ditampilkan pada message board Internet dan situs-situs.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Carter sudah pernah kencan dengan aktris Hilary Duff dan Lindsay Lohan, menghasilkan perseteruan antara kedua-nya dalam high profile. Ia kemudian mengaku sudah menipu Hilary Duff. Ia juga mengakui bahwa pergi pada suatu kencan dengan Paris Hilton, setelah Paris putus dengan kakak-nya, mencoba untuk memperbaiki hal-hal.

Orang tua Carter Bercerai pada Maret 2003 dan kemudian menuntut untuk talak/cerai. Di Desember 2003, Carter menuntut untuk Emansipasi Di Bawah Umur dari ibunya, menyatakan bahwa dia telah mengambil lebih dari $100,000 dari rekening bank Aaron tanpa seijin dari Aaron. Carter menyebutkan dalam wawancara 20/20bahwa ia kehilangan sejumlah $6,400,000. Carter dan ibu-nya menyatakan perselisihan mereka Januari berikutnya, dan tuntutan tersebut ditarik. Sejak perceraian orang tuanya, Carter tinggal bersama ayahnya di Marathon, Florida. Aaron Carter sejak itu dipindah dari kotanya. Ia menghabiskan beberapa bulan di 2006 tinggal bersama kakak-nya Nick Carter dan saudara-saudara perempuan mereka, Angel, Bobbie Jean Carter, dan Leslie. Ketika proses pengambilan film dikemas pada Agustus, Aaron kembali ke Florida, lalu pindah kembali ke California, tempat apartemennya berada.

Pada 18 September 2006, dilaporkan bahwa Carter bertunangan dengan mantan ratu kecantikan dan model Playboy Kari Ann Peniche. US Weekly kemudian melaporkan bahwa Carter sudah menutuskan pertunangannya dengan Peniche, berkata ia impulsif dalam melamarnya. Carter sekarang mengencani Kaci Brown.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

Singel[sunting | sunting sumber]

  • 1997 - "Crush on You" - #9 UK, #5 Jerman, #18 Swedia, #9 Australia
  • 1998 - "Crazy Little Party Girl" - #7 UK, #13 Jerman, #7 Swedia, #20 Australia
  • 1998 - "I'm Gonna Miss You Forever" - #24 UK, #13 Jerman, #9 Swedia
  • 1998 - "Surfin' USA" - #18 UK, #18 Jerman, #51 Swedia
  • 1998 - "Let The Music Heal Your Soul" (single amal) #6 Jerman
  • 1999 - "Children of the World" (single amal) #65 Jerman
  • 2000 - "I Want Candy" - #31 UK, #68 Jerman, #10 Swedia, #27 Australia
  • 2000 - "Aaron's Party (Come Get It...)" - #51 UK, #35 U.S.
  • 2000 - "That's How I Beat Shaq" - #96 US (2001 rilis)
  • 2000 - "The Clapping Song"
  • 2001 - "Oh, Aaron"
  • 2001 - "Not Too Young, Not Too Old"
  • 2001 - "I'm All About You"
  • 2002 - "Another Earthquake"
  • 2002 - "Summertime"
  • 2002 - "To All the Girls"
  • 2003 - "Do You Remember"
  • 2003 - "She Wants Me" (bersama Nick Carter)
  • 2004 - "One Better"
  • 2005 - "Saturday Night"

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]