The Moffatts

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Moffatts
AsalTumbler Ridge, British Columbia, Kanada
GenrePop
Rock
Country
Tahun aktif1990—2001, 2012, 2016-sekarang
LabelPolydor, EMI
Artis terkaitSame Same
The Boston Post
Hidell
Two Bullet Parade
AnggotaScott Moffatt
Clint Moffatt
Bob Moffatt
Mantan anggotaDave Moffatt

The Moffats adalah sebuah grup musik asal Kanada yang ber-genre pop/rock. Band ini terdiri dari 4 bersaudara, yaitu Scott, Clint, Bob dan Dave Moffatt. Saudara tertuanya, Scott, lahir pada tanggal 30 Maret 1983 di Whitehorse, Yukon. Tidak sampai setahun kemudian, pada tanggal 8 Maret 1984, lahir 3 saudara kembar, yaitu Bob, Clint dan Dave di Vancouver, British Columbia. Meskipun lahir pada tanggal yang sama, Bob dan Client adalah kembar identik sementara Dave bukan.

Karier Musik[sunting | sunting sumber]

Tumbuh besar di Tumbler Ridge, dan kemudian di Victoria, British Columbia, Kanada, The Moffatts memulai karier mereka di Kanada sebagai penyanyi country anak-anak. Mereka belajar dari ibunya Darlana, yang juga seorang penyanyi country, dan ayahnya Frank Moffat. tampil pertama kali pada tahun 1990, dan pada tahun 1992 mereka dinominasikan untuk 5 penghargaan dalam British Columbia Country Music Association.

Mereka membuat album "It's a Wonderful World" sebagai album debut, dilanjutkan dengan The Moffatts pada tahun 1995. Pada tahun 1996 kedua orang tua mereka bercerai dan mereka diasuh oleh ayah mereka, Frank Moffatt yang juga merangkap sebagai manager mereka.

Setelah beranjak remaja, mereka mengganti genre musik mereka menjadi pop rock dan membuat album "Chapter I: A New Beginning". Dan saat ini mereka memainkan instrumen musik sendiri. Scott di Gitar, Clint dengan Bass, Bob sebagai drummer dan dave memilih keyboard dan Scott serta Dave sebagai lead vocal. Album Chapter I terjual lebih dari dua juta kopi diseluruh dunia dan mendapat double platinum di negara mereka Canada. Single mereka yang berjudul "Miss you like crazy" sempat bertahan di posisi puncak chart asia. Mereka juga sempat berkolaborasi dengan penyanyi-penyanyi lain dalam lagi "Let the Music Heal your soul" dengan mengusung nama "Bravo All Stars" dan duet dengan Gil Ofarim dalam lagu "If You only knew".

Mereka juga mengeluarkan album khusus Asia "Tour Souvenir Package" dan album Chapter I: A New Beggining (US Version). Single mereka "Until You loved Me" menjadi soundtrack film yang dibintangi oleh Drew Barrymore"Never been Kissed" dan "Misery" menjadi soundtrack film Teaching Mrs. Tingle yang dibintangi Katie Holmes.

Album kedua mereka Submodalities dirilis Oktober 2000. Dalam album ini Moffatt bersaudara membuktikan bahwa kemampuan musik mereka semakin matang. Lagu-lagu didalamnya juga lebih bervariasi. Tidak lagi menyanyikan lagu-lagu yang bercirikan "boyband". Album ini diproduseri oleh Bob Rock yang juga memproduseri album Metallica dan Bon Jovi. Mereka mengusung "Bang Bang Boom" sebagai lagu single pertama dan melesat sangat cepat ke posisi puncak dalam chart di Kanada. Transisi yang mereka lakukan dari pop rock ke alternative rock membuat mereka akhirnya membuat sebuah film dokumentasi "Moffatts: Closing of Chapter One" pada 2001. The Moffatts kemudian membubarkan diri pada tahun yang sama.

Nama lengkap[sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Posisi Tangga Lagu Label
CAN US US Country US Heat
1994 It's a Wonderful World Mercury/PolyGram
1995 The Moffatts 44 13 Polydor Nashville
1998 Chapter I: A New Beginning 53 124 3 Capitol/EMI
2000 Submodalities 8
2006 The Best of The Moffatts

Single[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Posisi Tangga Lagu Album
CAN CAN AC UK US
1995 "I Think She Likes Me" The Moffatts
"Caterpillar Crawl"
"Guns of Love"
1998 "I'll Be There for You" 16 25 Chapter I: A New Beginning
"Miss You Like Crazy" 23 9 16
1999 "Girl of My Dreams" 19 4
"Until You Loved Me" 23 57 36 68
"Misery" 19 23 47
2000 "Bang Bang Boom" 1 21 Submodalities
"Just Another Phase"A

DVD[sunting | sunting sumber]

  • 2001: The Closing of Chapter One

Setelah The Moffatts[sunting | sunting sumber]

Clint dan Bob membuat band baru bernama Hidell dan Scott memutuskan bersolo karier. Dalam perjalanannya Scott sudah menghasilkan satu album bertajuk "The Allegory of City" sedangkan Hidell sempat membuat satu album "Up and Coming" dengan hits single "Going down in Flames" dan "Venus Butterfly" dan setelah itu bubar. Clint dan Bob hijrah ke Thailand dan membentuk Band bernama SAME SAME dengan hit's single "Supermodel" dan "Love Isn't". Mereka juga sempat berkolaborasi dengan beberapa penyanyi Asia di berbagai negara dalam lagu "Without You" dan lagu ini dinyanyikan dalam beberapa bahasa, termasuk Indonesia. Dalam rilisan Indonesianya, SAME SAME berduet dengan Audy.

Dave kembali mendirikan sebuah band pada akhir tahun 2007. Band tersebut bernama Lights Out Love dan telah merilis dua buah lagu demo ke dalam halaman myspacenya

Reuni dan kembali bermusik[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2012, keempat bersaudara tersebut melakukan reuni dengan menyanyikan lagu "Home for Christmas" dan lagu-lagu hits mereka di sebuah TV. Pada bulan Oktober 2016, Clint dan Bob memutuskan untuk kembali bermusik bersama di Social Media mereka. Mereka berdua akhirnya kembali bermusik bersama dengan kakak tertua mereka, Scott sebagai gitaris dari band tersebut, sementara Dave memutuskan untuk tidak kembali bermusik bersama mereka.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]