A. Riyanto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Aloysius Riyanto (lahir di Surakarta, 23 November 1943 – meninggal di Jakarta, 17 Juni 1994 pada umur 50 tahun) adalah seorang komposer dan penyanyi Indonesia. Dalam industri musik populer, ia lebih dikenal sebagai A. Riyanto.

Karier[sunting | sunting sumber]

Pada awal kariernya ia tergabung dalam grup band bernama Favourite Group, bersama-sama Mus Mulyadi, Is Haryanto, dan Harry Toos. Ia banyak menciptakan lagu populer bagi grupnya maupun penyanyi-penyanyi lain, seperti Tetty Kadi, Grace Simon, Rafika Duri, dan Dian Mayasari.

A. Riyanto masih bersaudara dengan penyanyi kawakan Tetty Kadi dan juga mempunyai putri yang juga terjun di dunia hiburan, Lisa A. Riyanto, yang kerap tampil di iklan televisi.

Karier di bidang Iklan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1980-an, A. Riyanto pernah menciptakan dan menyusun lagu tema iklan mi instan bermerek Indomie, mi instan terkenal dari Indofood, dengan judul Indomie Seleraku dan masih populer dan ditampilkan di iklan Indomie di televisi hingga saat ini. Pada tahun 2007-2009, tiga belas tahun sesudah meninggalnya A. Riyanto, lirik lagu tersebut ciptaannya ditampilkan di bagian belakang kemasan Indomie Mi Goreng Spesial, Rasa Ayam Bawang, Rasa Ayam Spesial, Rasa Kari Ayam, Rasa Soto Mie, Rasa Empal Gentong, Rasa Mi Kocok Bandung dan Rasa Soto Banjar Limau Kuit.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

kemudian dinyanyikan kembali oleh Rano Karno dan Ria Irawan, serta Chrisye dan Sophia Latjuba

Penyanyi Internatinal Teresa Teng dari Taiwan

Pranala luar[sunting | sunting sumber]