Arie Koesmiran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Arie Koesmiran
LahirArie Rihadini
20 April 1958 (umur 65)
Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
Pekerjaanaktris, penyanyi
Suami/istriH.Saiful Annas
Anak•Jeffry Arsand•Eric Aulia Arsand •Ferranza Auriga Arsand.
Orang tuaH.M Koesmiran, Hj. Juwana
Karier musik
Genrepop, pop jawa, disko, pop melayu, reggae
InstrumenPiano.Guitar
Tahun aktif1970 - sekarang
LabelMutiara Records, Remaco, Purnama Records, Sky Records


Arie Koesmiran adalah seorang aktris dan penyanyi remaja Indonesia pada era 1970-an. Anak bungsu dari tujuh bersaudara dari pasangan H. M. Koesmiran dan Hj. Juwana yang lahir di kota Sidoarjo Jawa Timur pada 20 April 1958 ayahnya seorang anggota DPR dan seorang pengusaha, sedangkan ibunya seorang seniman batik dan menyukai seni membaca Al-Qur'an.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Keenam kakaknya terlebih dahulu berkecimpung di dunia musik, kariernya dimulai sejak dibangku sekolah dasar. Tahun 1970 ia berhasil menjuarai Pop Singer se-Jawa Timur selama tiga tahun berturut-turut. Sejak itu ia dikontrak perusahaan rekaman Mutiara Record dengan album pertama Kenangan December, kemudian album Harapan yang Suci, Muliakanlah Tuhanmu lagu-lagu Koes Plus, pop Melayu kemudian lagu Jawa yang berjudul Suk Kapan.

Dalam setahun Koesmiran dapat menghasilkan minimal sepuluh sampai dua belas album. Is Haryanto, A. Riyanto, Barce van Houten banyak andil dalam kariernya sejak tahun 1970-an. Tour show keluar negeri seperti Singapura pun dijalani Koesmiran dalam rangka Festival Film Asia pada tahun 1977. Tour tersebut kemudian dilanjutkan ke Filipina dalam rangka Asean Song Festival yang pertama. Dalam festival tersebut Koesmiran membawakan lagu etnik berbahasa Jawa berjudul Romo Ono Maling ciptaan Titiek Puspa, berduet dengan Ade Manuhutu. Dilanjutkan serangkaian tour show ke Suriname, Rotterdam dan Den Haag dengan album berbahasa Jawanya.

Pada tahun 1979 ia bermain dalam film-film bertema remaja seperti Binalnya Anak Muda, Gita Cinta Dari SMA, Arjuna Mencari Cinta, dan Remaja Remaja. Pada tahun yang sama Koesmiran mengeluarkan album disko Ditepi Sungai Babylon, Setulus Hatimu Semurni Cintamu, Bersuka Ria, Apapun Terjadi, dan Dibalik Tirai Penjara. Koesmiran dianugerahi tiga penghargaan Silver Record dan empat penghargaan Golden Record dari perusahaan rekaman REMACO.

Pada tahun 1981 Koesmiran menikah dengan seorang pengusaha dari kota Kudus, Saiful Annas dan pasangan ini dikaruniai 3 orang putra masing-masing bernama Jefri Arsand, Erick Aulia Arsand, dan Ferranza Auriga Arsand. Setelah sepuluh tahun vakum, ia muncul dalam salah satu stasiun televisi dalam acara Tembang Kenangan, dan mengeluarkan beberapa album kenangan kembali. Kemudian merekam lagu baru pop Jawa yang berjudul Kangenku. Lagu terakhir ini diciptakan oleh suaminya sendiri.

Karena amat mencintai dunia musik, Koesmiran bersama suaminya mendirikan perusahaan rekaman berlabel PT Elang Mas Ananta Istamitra yang kemudian memproduksi sendiri beberapa lagunya dan juga lagu-lagu ketiga putranya sehingga menjadi satu perusahaan keluarga yang bertahan hingga saat ini. Koesmiran juga menjalankan bisnis memproduksi film animasi, pembuatan company profile dan video klip bersama suami dan putranya. Kemudian ia menciptakan 2 lagu yaitu Selecta dan Dia Yang Telah Pergi. Sewaktu ibundanya meninggal dunia, Koesmiran menciptakan satu lagu berjudul Ibu.

Lagu yang bernuansa religi ini berkolaborasi dengan budayawan Emha Ainun Najib. Ketika kakak kandungnya meninggal dalam insiden kecelakaan, Koesmiran menciptakan lagu berjudul Dia Telah Pergi.

Untuk tahun 2014 ini Koesmiran akan merilis album terbarunya dengan judul Kau Yang Kurindu. Lagu ini bernuansa pop kreatif tahun 1980-an sehingga masih enak didengar oleh penggemar-penggemarnya.

Untuk tour show ke berbagai daerah masih dilakukan oleh si macan panggung ini, beberapa album juga sudah siap untuk dirilis. Di Indonesia tidak mudah untuk mendapatkan seorang penyanyi multi talenta seperti seorang Arie Koesmiran. Dalam suatu kesempatan Koesmiran mengatakan, "Semua ini hasil perjuangan dan doa serta dukungan kedua orang tua dan lingkungan yang positif sehingga Arie dapat bertahan hingga 3 generasi".

Beberapa produk DVD untuk tari Nusantara dan video klip Arie dan suami memproduksi sendiri. Ketiga anaknya mewarisi bakat multi talenta Arie. Jeffry Arsand dan Ferranza Auriga Arsand membentuk satu group band Pistolblast. Anak keduanya Eric Aulia Arsand pemain piano klasik juga menuruni bakat bisnis suaminya. Koesmiran adalah prototype yg patut dicontoh karena karena sebagai seorang artis, tidaklah mudah baginya untuk membagi waktu antara karier dan rumah tangga. Koesmiran sangat mencintai keluarganya dan selalu menomorsatukan keluarga hingga mampu mempertahankan mahligai rumah tangganya hingga saat ini. Kita semua menunggu album terbaru Arie koesmiran . 1 Februari 2014 23.26 (UTC))

( 1 Februari 2014 23.26 (UTC)).

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album Arie Koesmiran Sweet Song[sunting | sunting sumber]

  1. John
  2. Cinta Yang Pertama
  3. Kau Janjiku Menanti
  4. Untukmu Sayang
  5. Sayang Menyayangi
  6. Kau Yang Dulu
  7. Terpujilah Dirimu
  8. Jangan Cepat Cemburu
  9. Penyesalan
  10. Kenangan December
  11. Gadis Rimba
  12. Harapan Yang Suci
  13. Muliakanlah Tuhanmu
  14. Bertemu Dan Berpisah
  15. Suk Kapan
  16. Cemara Cemara Kampus
  17. Widuri
  18. Apapun Terjadi
  19. Disco Arab
  20. Jalan Hidupku Tersesat
  21. Karena Pergaulan
  22. Kau Telah Pergi
  23. Mimpi
  24. Setulus Hatimu Semurni Cintamu
  25. Ditepi Sungai Babylon
  26. Gadis
  27. Aku Dan Dia
  28. Butiran Cinta
  29. Hati Selembut Salju
  30. Hati Lebur Sadi Debu
  31. Bukan Mimpi
  32. Bersuka Ria - Pop Melayu
  33. Hallo Apa Khabar - Dangdut
  34. Kuberjanji - dengan Faris RM
  35. Selamat Malam Sayang
  36. Kangenku - Album Pop Jawa
  37. Siapa TUHAN Kita - Album Religi
  38. Ibu - Album Religi dengan Emha Ainun Najib
  39. Salat Berjamaah - Album Religi
  40. Kau Yang Kurindu
  41. Tabahkanlah Hatimu
  42. Cintamu Cintaku - dengan Ade Manuhutu
  43. Bukit Berbunga - dengan Fariz RM
  44. Berita Kepada Kawan
  45. Pernahkah
  46. Belum Saatnya - Disco
  47. Sorga Kehilangan Satu Dewa - Disco
  48. Manja - Disco
  49. Tul Jaenak - Pop Jawa
  50. Jatuh Cinta
  51. Pengorbanan
  52. Til Kontal Kantil - Pop Jawa
  53. Penantian
  54. Virgo
  55. Burisrowo Telpon Sembodro - Pop Jawa
  56. Transmigrasi
  57. Penantian - VCD Karaoke

Album Lainnya[sunting | sunting sumber]

  1. Lilin Kecil
  2. Tombo Ati
  3. Hati Selembut Salju
  4. Siapa TUHAN Kita
  5. Ibu - dengan Emha Ainun Najib
  6. Kau Yang Kurindu

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
1978 Binalnya Anak Muda Karya debut
1979 Mencari Cinta Putri
Gita Cinta dari SMA
Remaja-Remaja

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]