Ervinna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ervinna
LahirTheodora Monica Ervin
4 Mei 1956 (umur 67)
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Pekerjaanpenyanyi
Suami/istriRobert Soesanto
Karier musik
Genrepop, disco, keroncong, folk, reggae, dangdut, gospel, mandopop
Tahun aktif1977 - sekarang
LabelCipto Records
Indra Records
Platinum Records (2014-sekarang)
Artis terkaitA. Riyanto, Tetty Kadi

Theodora Monica Ervin, atau dikenal dengan nama panggung Ervinna (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 4 Mei 1956) adalah penyanyi berkebangsaan Indonesia yang sangat ternama pada era 80-an, dan diorbitkan oleh A. Riyanto. Ia masuk dalam jajaran The Ten Best Singer of South East Asia.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Tahun 1968, Ervinna menerima Sakramen Pembaptisan di Gereja Kristus Raja. Ervinna tidak lahir dari sebuah keluarga Katolik. Pada masa kecilnya, kekatolikan atau kristianitas masih menjadi barang asing di keluarganya Pada tanggal 6 Januari 1984, Ervinna ke Amerika Serikat untuk belajar stage acting, vocal, dan seni pertunjukan. Pada tahun 1994, Ervinna bergabung dalam Komunitas Pertumbuhan Iman Wanita BUNDA KUDUS, Surabaya. Ervinna bahkan tidak sekadar aktif, tapi juga salah satu motor Bunda Kudus. Kini Ervinna malah dipercaya sebagai ketua Bunda Kudus.

Kehidupan asmara[sunting | sunting sumber]

Pada masa remajanya pada era 1980-an, Ervinna sempat berpacaran dengan Robert Soesanto namun kemudian putus. Dan diakui Ervinna sebagai cinta pertamanya. Pada 6 Januari 1999, Ervinna bertemu lagi di Singapura dengan Robert yang saat itu sudah berstatus duda yang telah mempunyai dua orang putri. Kedua sahabat lama itu menjalin hubungan secara serius selama lima tahun. Mereka menikah pada 8 September 2003 di Gereja Hati Kudus Yesus (Katedral) Surabaya, dipimpin langsung Uskup Surabaya Monsinyur Johanes Hadiwikarta. Upacara berlangsung syahdu, megah, dan dihadiri oleh 800 lebih jemaat.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Ervinna terhitung sebagai artis Indonesia yang paling produktif dalam merilis album. Sampai saat ini album yang dirilisnya sudah mencapai 200-an lebih! Album-album itu juga mencakup berbagai genre, mulai dari pop, keroncong, lagu daerah, reggae, gospel, westernpop, mandopop, dan lain sebagainya. Ia tak hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga di Singapura, Taiwan dan Hong Kong. Ia juga kerap mendaur ulang lagu-lagu pop barat. Oleh karena itu daftar album yang dirilis Ervinna berikut tidaklah lengkap karena tidak adanya informasi mengenai diskografi lengkap Ervinna.

Album solo[sunting | sunting sumber]

Album duet[sunting | sunting sumber]

Single[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]