Motion Picture Association of America

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Motion Picture Association
MPAA Logo.svg
Tanggal pembentukan1922; 98 tahun lalu (1922) (sebagai Motion Picture Producers dan Distributor dari Amerika)
JenisPeringkat film, Influencer, anti-pembajakan, Nirlaba, regulasi mandiri
Kantor pusatWashington, D.C., U.S.
Jumlah
Chairman and CEO
Charles Rivkin
Situs webwww.motionpictures.org

The Motion Picture Association (MPA)[1] adalah asosiasi perdagangan Amerika yang mewakili lima studio film utama Amerika Serikat, serta layanan streaming video Netflix. Didirikan pada 1922 sebagai Produser dan Motion Picture Producers and Distributors of America (MPPDA) dan dikenal sebagai Motion Picture Association of America (MPAA) dari 1945 hingga September 2019,[2] tujuan awalnya adalah untuk memastikan kelangsungan industri film Amerika. Selain itu, MPAA menetapkan pedoman untuk konten film yang menghasilkan penciptaan Kode Produksi pada tahun 1930. Kode ini, juga dikenal sebagai Kode Hays, digantikan oleh sistem penilaian film sukarela pada tahun 1968, yang dikelola oleh Classification and Rating Administration (CARA).

Baru-baru ini, MPA telah mengadvokasi industri film dan televisi, dengan tujuan mempromosikan perlindungan hak cipta yang efektif, mengurangi pembajakan, dan memperluas akses pasar. Ini telah lama bekerja untuk mengekang pelanggaran hak cipta, termasuk upaya terbaru untuk membatasi pembagian karya berhak cipta melalui jaringan berbagi file peer-to-peer dan dengan streaming dari situs bajak laut. Mantan Duta Besar Amerika Serikat untuk Prancis Charles Rivkin adalah ketua dan CEO.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Fondasi dan sejarah awal: 1922–1929[sunting | sunting sumber]

MPA didirikan sebagai Motion Picture Producers and Distributors of America (MPPDA) pada tahun 1922 sebagai asosiasi perdagangan perusahaan anggota film. Pada pendiriannya, perusahaan anggota MPPDA memproduksi sekitar 70 hingga 80 persen dari film yang dibuat di Amerika Serikat. Mantan United States Postmaster General Will H. Hays ditunjuk sebagai presiden pertama asosiasi.

Kode Produksi: 1930–1934[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1930, MPPDA memperkenalkan Kode Produksi, kadang-kadang disebut "Kode Hays". Kode terdiri dari pedoman moral tentang apa yang dapat diterima untuk dimasukkan dalam film. Berbeda dengan "Dont's and Be Carefuls", yang diabaikan oleh studio, Kode Produksi disahkan oleh eksekutif studio. Kode ini memasukkan banyak "Larangan dan Hati-hati" sebagai contoh spesifik dari apa yang tidak dapat digambarkan. Di antara aturan-aturan lain, kode melarang masuknya "adegan-adegan yang penuh gairah" kecuali mereka penting untuk plot film; "menunjuk kata-kata kotor" baik dalam kata atau tindakan; "penyimpangan seks"; pembenaran atau liputan eksplisit perzinaan; perlakuan simpatik atas kejahatan atau penjahat; menari dengan gerakan "tidak senonoh"; dan perbudakan putih. Karena eksekutif studio telah terlibat dalam keputusan untuk mengadopsi kode, studio anggota MPPDA lebih bersedia untuk menyerahkan naskah untuk dipertimbangkan. Namun, dampak ekonomi yang berkembang dari Depresi Hebat di awal 1930-an meningkatkan tekanan pada studio untuk membuat film yang akan menarik penonton sebanyak mungkin, bahkan jika itu berarti mengambil peluang mereka dengan dewan sensor lokal dengan tidak mematuhi Kode.

Tahun-tahun perang: 1934–1945[sunting | sunting sumber]

Pada tahun-tahun yang segera mengikuti adopsi Kode, Breen sering mengirim film kembali ke Hollywood untuk diedit tambahan, dan dalam beberapa kasus, hanya menolak untuk mengeluarkan persetujuan PCA untuk film yang akan ditampilkan. Pada saat yang sama, Hays mempromosikan fokus baru industri pada film-film sehat dan terus mempromosikan film-film Amerika ke luar negeri.

Era Johnston: 1945-1963[sunting | sunting sumber]

Pada 1945 MPPDA mempekerjakan Eric Johnston, presiden empat kali United States Chamber of Commerce, untuk menggantikan Hays. Selama tahun pertamanya sebagai presiden, Johnston mengganti nama Produser Film dan Distributor Amerika sebagai Asosiasi Film Gambar Amerika (MPAA).

Dia juga menciptakan Motion Picture Export Association (MPEA) untuk mempromosikan film-film Amerika ke luar negeri dengan menentang monopoli perusahaan produksi di negara-negara lain. Pada tahun 1947 MPEA memilih untuk menghentikan pengiriman film ke Inggris setelah pemerintah Inggris mengenakan pajak impor pada film-film Amerika. Johnston bernegosiasi dengan pemerintah Inggris untuk mengakhiri pajak pada tahun 1948, dan pengiriman film dilanjutkan.

Era Valenti: 1966–2004[sunting | sunting sumber]

MPAA menunjuk Jack Valenti, mantan ajudan Presiden Lyndon Johnson, sebagai presiden MPAA pada tahun 1966. Pada tahun 1968, Valenti mengganti Kode Produksi dengan sistem peringkat film sukarela, untuk membatasi sensor film-film Hollywood dan memberikan orang tua informasi tentang kesesuaian film untuk anak-anak. Selain kekhawatiran tentang melindungi anak-anak, Valenti menyatakan dalam otobiografinya bahwa ia berusaha memastikan bahwa pembuat film Amerika dapat memproduksi film yang mereka inginkan, tanpa sensor yang ada di bawah Kode Produksi yang telah berlaku sejak 1934.

Era modern: 2004 – sekarang[sunting | sunting sumber]

Setelah menjabat sebagai presiden MPAA selama 38 tahun, Valenti mengumumkan bahwa ia akan mengundurkan diri pada tahun 2004. Pada bulan September tahun itu, ia digantikan oleh mantan Sekretaris Pertanian Dan Glickman. Selama masa jabatannya, Glickman fokus pada masalah pajak, upaya perlindungan konten, dan meningkatkan akses studio A.S. ke pasar internasional. Dia memimpin upaya lobi yang menghasilkan $ 400 juta insentif pajak federal untuk industri film, dan juga mendukung undang-undang yang menciptakan pengawasan federal terhadap upaya anti-pembajakan. Glickman mengundurkan diri pada tahun 2010.

Sistem penilaian film[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1968, MPAA mendirikan Code and Rating Administration, atau CARA (kemudian berganti nama menjadi Classification and Rating Administration), yang mulai menerbitkan peringkat untuk film yang dipamerkan dan didistribusikan secara komersial di Amerika Serikat untuk membantu orang tua menentukan film apa yang sesuai untuk anak-anak mereka.

Sejak sistem peringkat pertama kali diperkenalkan pada November 1968, sistem ini telah mengalami beberapa perubahan, termasuk penambahan peringkat PG-13. Sistem peringkat sepenuhnya sukarela, dan peringkat tidak memiliki kedudukan hukum. Sebaliknya, pemilik teater menegakkan peringkat film MPAA setelah mereka ditugaskan, dengan banyak teater menolak untuk memamerkan film-film yang tidak diperingkat. Sebuah film tak bertingkat sering dilambangkan dengan "NR", seperti di surat kabar, meskipun ini bukan peringkat MPAA formal.

Pada 2006 film This Film Is Not Yet Rated menilai bahwa MPAA memberikan perlakuan istimewa kepada studio anggota selama proses penugasan peringkat, serta mengkritik proses peringkat karena kurangnya transparansi. Sebagai tanggapan, MPAA memposting aturan peringkat, kebijakan, dan prosedurnya, serta proses bandingnya, secara online.

Menurut sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan oleh CARA, sembilan puluh tiga persen orang tua di AS menemukan sistem peringkat sebagai alat yang bermanfaat.

Peringkat yang saat ini digunakan oleh sistem sukarela MPAA adalah:

Penilaian Arti Penjelasan MPAA
G General Audiences "Tidak ada yang menyinggung orang tua karena dilihat oleh anak-anak."

Di kotak: "Semua umur mengakui"

PG Parental Guidance Suggested "Orang tua didesak untuk memberikan 'bimbingan orangtua.' Mungkin mengandung beberapa materi yang orang tua mungkin tidak suka untuk anak-anak mereka. "

Pada kotak: "Beberapa bahan mungkin tidak cocok untuk anak-anak"

PG-13 Parents Strongly Cautioned "Orang tua didesak untuk berhati-hati. Beberapa materi mungkin tidak pantas untuk anak remaja. "

Di kotak: "Beberapa materi mungkin tidak pantas untuk anak di bawah 13"

R Restricted "Berisi beberapa bahan dewasa. Orang tua didesak untuk belajar lebih banyak tentang film ini sebelum membawa serta anak-anak mereka. "

Pada kotak: "Di bawah 17 memerlukan orang tua atau wali dewasa yang mendampingi"

NC-17 Adults Only "Jelas dewasa. Anak-anak tidak diterima. "

Di kotak: "Umur bukan 17 dan dibawahnya tidak diizinkan"

Tentang[sunting | sunting sumber]

The Motion Picture Association mewakili kepentingan enam produser dan distributor internasional hiburan film. Untuk melakukannya, mereka mempromosikan dan melindungi hak kekayaan intelektual perusahaan-perusahaan ini dan melakukan program kesadaran publik untuk menyoroti kepada penggemar film di seluruh dunia pentingnya perlindungan konten.

Organisasi bertindak atas nama anggota Asosiasi Picture Gerak. Mereka memiliki operasi di seluruh dunia yang diarahkan dari kantor pusat mereka di Los Angeles dan Washington, D.C. dengan operasi regional di Eropa, Asia Pasifik, Amerika Latin, dan Kanada.[3]

Anggota[sunting | sunting sumber]

Anggota asli MPAA adalah studio film "Delapan Besar": Paramount Pictures, 20th Century Fox, Loews, Universal Pictures, Warner Bros, Columbia Pictures, United Artists, dan RKO Pictures.[4] Dua tahun kemudian, Loews bergabung dengan Metro Pictures, Goldwyn Pictures, dan Louis B. Mayer Productions untuk membentuk Metro-Goldwyn-Mayer.

Persatuan Artis secara singkat mengundurkan diri dari organisasi pada tahun 1956 karena perselisihan peringkat,[5] meskipun mereka bergabung kembali kemudian dalam dekade ini. Pada 1966, Allied Artists Pictures telah bergabung dengan anggota aslinya. Pada dekade berikutnya, anggota baru yang bergabung dengan MPAA termasuk Avco Embassy pada tahun 1975 dan Walt Disney Studios pada tahun 1979.[6] Tahun berikutnya, Filmways menjadi anggota MPAA, tetapi kemudian diganti pada tahun 1986 bersama dengan Avco Embassy ketika De Laurentiis Entertainment Group dan Orion Pictures bergabung dengan daftar MPAA.

Pada 1995, anggota MPAA adalah MGM — yang termasuk United Artists setelah merger 1981 mereka, Paramount Pictures, Sony Pictures — yang mencakup Columbia dan TriStar Pictures setelah akuisisi mereka pada 1989, Fox Abad ke-20, Universal Studios, Walt Disney Studios, dan Warner Bros. Turner Entertainment bergabung dengan MPAA pada tahun 1995, tetapi dibeli pada tahun 1996 oleh Time Warner.

Pada awal 2019, perusahaan anggota MPAA adalah Paramount Pictures, Sony Pictures, 20th Century Fox (diakuisisi oleh Disney pada bulan Maret),[7] Universal Pictures, Walt Disney Studios, dan Warner Bros.[8] Netflix disetujui sebagai anggota baru pada Januari 2019, menjadikannya non-studio pertama dan layanan streaming pertama yang menjadi bagian dari organisasi. Penambahan Netflix juga membantu mempertahankan jumlah anggota setelah akuisisi 20th Century Fox oleh Disney. MPAA bertujuan untuk merekrut anggota tambahan.[9]

Upaya perlindungan konten[sunting | sunting sumber]

Upaya bersama MPA dalam memerangi pelanggaran hak cipta dimulai pada 1975 dengan pembentukan Kantor Keamanan Film, yang berupaya memulihkan rekaman film yang tidak sah untuk mencegah duplikasi.[10] MPA terus mengejar sejumlah inisiatif untuk memberantas distribusi ilegal film dan acara TV, terutama sebagai tanggapan terhadap teknologi baru. Pada 1980-an, itu berbicara menentang VCR dan ancaman bahwa MPA percaya mereka mewakili industri film, dengan presiden MPAA Jack Valenti menggambar paralel antara ancaman VCR dan ancaman Boston Strangler.[11] Pada tahun 1986, MPAA meminta Kongres untuk mengesahkan undang-undang yang mengharuskan VCR dilengkapi dengan chip untuk mencegah mereka membuat salinan.[12] Namun, upaya hukum untuk menghentikan salinan siaran televisi buatan sendiri sebagian besar berakhir, ketika Mahkamah Agung Amerika Serikat memutuskan bahwa penyalinan semacam itu merupakan penggunaan yang adil.[13]

Berbagi file online[sunting | sunting sumber]

Pada awal 2000-an, MPAA mulai memfokuskan upayanya untuk mengekang pelanggaran hak cipta khususnya pada berbagi file peer-to-peer, awalnya menggunakan kombinasi kampanye pendidikan[14] dan berhenti dan kurangi surat untuk mencegah aktivitas tersebut. Dalam enam bulan pertama tahun 2002, MPAA mengirim lebih dari 18.000 surat kepada penyedia layanan internet untuk diteruskan kepada pengguna yang terlibat dalam pelanggaran hak cipta.[15]

Pada akhir 2004, MPAA mengubah arah dan mengajukan tuntutan hukum dalam upaya bersama untuk mengatasi pelanggaran hak cipta pada sejumlah layanan berbagi file online yang besar, termasuk BitTorrent dan eDonkey.[16] Tahun berikutnya, MPAA memperluas tindakan hukumnya untuk memasukkan tuntutan hukum terhadap individu yang mengunduh dan mendistribusikan materi berhak cipta melalui jaringan peer-to-peer.[17]

Kritik dan Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Kampanye publisitas[sunting | sunting sumber]

MPAA juga telah menghasilkan kampanye publisitas untuk mencegah pembajakan. The Who Makes Movies? kampanye iklan pada tahun 2003 menyoroti para pekerja di industri film yang menggambarkan bagaimana pembajakan mempengaruhi mereka. Bintik-bintik video mengalir sebagai trailer sebelum film, dan sebagai iklan televisi.[18] Pada tahun 2004, MPAA mulai menggunakan slogan "You can click, but you can't hide". Slogan ini muncul dalam pesan yang menggantikan situs web berbagi file setelah ditutup melalui tindakan hukum MPAA. Itu juga muncul di poster dan video yang didistribusikan ke toko video oleh MPAA.

Tuduhan pelanggaran hak cipta[sunting | sunting sumber]

MPAA sendiri telah dituduh melakukan pelanggaran hak cipta beberapa kali. Pada tahun 2007, pencipta platform blogging bernama Forest Blog menuduh MPAA melanggar lisensi untuk platform tersebut, yang mengharuskan pengguna menautkan kembali ke situs web Blog Hutan. MPAA telah menggunakan platform untuk blognya sendiri, tetapi tanpa menghubungkan kembali ke situs web Blog Hutan. MPAA kemudian membuat blog offline, dan menjelaskan bahwa perangkat lunak telah digunakan berdasarkan uji dan blog tidak pernah dipublikasikan.[19][20]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Johnson, Ted; Johnson, Ted (2019-09-18). "Motion Picture Association Rebrands With Unified Name And Updated Logo". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-15. 
  2. ^ Eggerton, John. "MPAA Rebrands to Reflect International Monicker". Broadcasting & Cable (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-15. 
  3. ^ "About us". www.mpa-i.org. Diakses tanggal 2019-12-16. 
  4. ^ Spring, Joel H. (1992-01-01). Images of American Life: A History of Ideological Management in Schools, Movies, Radio, and Television (dalam bahasa Inggris). SUNY Press. ISBN 978-0-7914-1069-1. 
  5. ^ "The Man With Golden Arm". AFI Catalog (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-15. 
  6. ^ "Nexis®: Info". www.nexis.com. Diakses tanggal 2019-12-15. 
  7. ^ Littleton, Cynthia; Littleton, Cynthia (2019-03-19). "Disney Closes $71 Billion 21st Century Fox Deal". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-15. 
  8. ^ "Who We Are – Our Story"". www.mpaa.org. Diakses tanggal 2019-12-15. 
  9. ^ "Netflix Becomes First Streamer to Join the Motion Picture Association of America". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-15. 
  10. ^ "The Windsor Star - Penelusuran Arsip Google Berita". news.google.com. Diakses tanggal 2019-12-15. 
  11. ^ ""The invasion of the VCRs"". www.nexis.com. Diakses tanggal 2019-12-15. 
  12. ^ ""Movie Producers Want Anti-Copy Device On VCR Makers"". www.nexis.com. Diakses tanggal 2019-12-15. 
  13. ^ ""'Distortion' Charged; DAT Anticopy Technology Debated At Joint Hill Hearing"". www.nexis.com. Diakses tanggal 2019-12-15. 
  14. ^ ""Music piracy persists at Boston U., nationwide despite lawsuits"". www.nexis.com. Diakses tanggal 2019-12-15. 
  15. ^ "Shiver me timbers: Online bootlegs bane of entertainment industry"". www.nexis.com. Diakses tanggal 2019-12-15. 
  16. ^ Locklear, Fred (2004-12-15). "MPAA lawsuits target BitTorrent, eDonkey and Direct Connect networks". Ars Technica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-15. 
  17. ^ ""MPAA Anti-Piracy Lawsuits Target Individuals"". www.nexis.com. Diakses tanggal 2019-12-15. 
  18. ^ ""H'wood steps up antipiracy fight"". www.nexis.com. Diakses tanggal 2019-12-15. 
  19. ^ "MPAA: We Were Only Testing Forest Blog". TorrentFreak (dalam bahasa Inggris). 2007-02-28. Diakses tanggal 2019-12-15. 
  20. ^ "MPAA violates software license | bit-tech.net". web.archive.org. 2013-11-10. Diakses tanggal 2019-12-15.