Cingkaruk habang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Cingkaruk Habang)

Cingkaruk Habang adalah salah satu kue khas Banjar Kalimantan Selatan yang terbuat dari beras. Habang secara bahasa artinya merah. Warna merah pada cingkaruk habang dihasilkan dari warna gula merah. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Banjar, beras merupakan kebutuhan pokok atau makanan utama. Sementara itu, cingkaruk habang terbuat dari bahan tersebut. Artinya, Cingkaruk Habang merupakan simbol dari kehidupan manusia. Kue ini banyak ditemukan dipasar-pasar tradisional terutama di Kota Banjarmasin ataupun pada gelaran kuliner yang diselenggarakan di Kalimantan Selatan.

Cara membuat[sunting | sunting sumber]

Pengolahan kue cingkaruk ini bahannya dari beras ketan, serutan gula merah, dan kelapa muda parut. Beras ketan disangrai dalam sebuah wajan sampai kering, masukkan serutan gula merah, tambahkan kelapa muda parut, terus diaduk sampai matang merata. Kemudian angkat dan dinginkan, seterusnya ditumbuk dalam lesung atau digiling sampai jadi adonan yang halus, menyatu dan sintal (berisi). Selanjutnya adonan dibentuk menjadi sesuai yang diinginkan oleh pembuat.[1]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rahmawati, Neni Puji Nur,. Makna simbolik dan nilai budaya kuliner "wadai Banjar 41 macam" pada masyarakat Banjar Kalsel (edisi ke-Cetakan pertama). Yogyakarta. ISBN 978-602-1228-94-4. OCLC 957057293.