Znojmo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas








Znojmo
Znaim
Kota
Bendera
Coat of arms
Negara Czech Republic
Region Moravia-Moravia Selatan
Distrik Znojmo
Distrik kecil Znojmo
Sungai Dyje
Elevasi 290 m (951 ft)
Koordinat
Titik tertinggi
 - elevasi 321 m (1.053 ft)
Titik terendah
 - elevation 210 m (689 ft)
Area 65,93 km2 (25,46 sq mi)
Population 33 787 (2016)
Density 512 / km² (1.326 / sq mi)
Pendirian 1222-1225
Mayor Ing. Vlastimil Gabrhel
Kode pos 669 02
Wikimedia Commons: Znojmo
Website: www.znojmocity.cz

Znojmo (pelafalan Ceko: [ˈznojmo]; Jerman: Znaim) adalah sebuah kota yang terletak di wilayah Moravia Selatan, Republik Ceko. Kota ini juga merupakan ibu kota administratif Distrik Znojmo.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kastil Znojmo.

Znojmo terletak di tepi kiri Sungai Thaya (Dyje), sekitar 55 km di sebelah barat daya kota Brno. Kota ini terletak di dekat perbatasan dengan Austria dan terhubung dengan kota Wina oleh jalur kereta api dan jalan raya (memakan waktu sekitar 80 menit).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebuah benteng kemungkinan sudah berdiri di lokasi Znojmo pada saat ini pada masa Kekaisaran Moravia Raya pada abad ke-9. Semenjak tahun 1055, Kastil Znojmo menjadi tempat tinggal penguasa dari Wangsa Přemyslid di Markgrafschaft Moravia. Kastel ini berperan sebagai pos penting di dekat perbatasan Markgrafschaft Austria di selatan. Beberapa tahun kemudian (1101), Adipati Luitpold dari Znojmo mendirikan Rotunda Znojmo di kastilnya. Namun, kastel ini ditaklukan dan dihancurkan oleh Adipati Vladislaus II dari Bohemia pada tahun 1145.

Pada tahun 1190, Adipati Konrad II dari Bohemia mendirikan Biara Louka Premonstratensia di Znojmo, yang kemudian menjadi tempat bermukimnya imigran-imigran berbahasa Jerman selama peristiwa Ostsiedlung. Kota kerajaan Znojmo lalu didirikan pada tahun 1226 oleh Raja Ottokar I dari Bohemia di dataran yang terletak di hadapan kastel yang telah dibangun kembali. Hak kota Jerman lalu dikonfirmasi oleh Raja Rudolf I dari Jerman pada tahun 1278. Pada 9 Desember 1437, kaisar dari Wangsa Luksemburg Sigismund meninggal di Znojmo dan jenazahnya dibaringkan selama tiga hari di Gereja Santo Nikolas sebelum akhirnya dipindah ke Nagyvárad (Oradea) di Kerajaan Hungaria.

Znojmo dikenal sebagai tempat disepakatinya gencatan senjata pada tahun 1809 setelah meletusnya Pertempuran Wagram antara Napoleon melawan Adipati Agung Karl. Kota ini juga konon merupakan tempat lahir Leopold Loyka, sopir Franz Ferdinand dari Austria ketika Ferdinand tewas ditembak di Sarajevo pada tahun 1914; peristiwa ini merupakan peristiwa yang memicu Perang Dunia I. Setelah perang ini berakhir, kota ini menjadi bagian dari Cekoslowakia, tetapi pada masa Jerman Nazi dari tahun 1938 dan 1945 kota ini menjadi bagian dari Reichsgau Niederdonau. Setelah berakhirnya Perang Dunia II, warga Jerman di kota ini diusir akibat dikeluarkannya dekret-dekret Beneš.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • "The City of Znojmo". The City of Znojmo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-27. Diakses tanggal August 12, 2010. 
  • Czech Statistical Office: Quantity of population in municipalities (January 1, 2016).[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]