Kastel Znojmo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kastil Znojmo)
Kastil Znojmo.

Kastil Znojmo adalah sebuah kastel yang terletak di kota Znojmo di Moravia, Republik Ceko.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kastil Znojmo pada awalnya merupakan bangunan kayu yang didirikan oleh penguasa dari Dinasti Přemyslid Bretislaus I, Adipati Bohemia, dan diselesaikan pembangunannya sekitar tahun 1080. Struktur ini dimaksudkan untuk menggantikan kastil lama yang terletak di Lembah Granice dengan tujuan untuk memperkuat pertahanan di sepanjang Sungai Dyje dari serangan Austria. Dari kastil baru ini, pemandangan di lembah sungai dan wilayah sekitarnya dapat diamati. Namun, pada tahun 1140, kastil kayu ini dikepung dan dihancurkan.

Pada akhir abad ke-12, kastil ini dibangun kembali dan terbuat dari batu dan dikelilingi oleh parit yang dalam. Pintu masuk kastil dilindungi oleh menara yang pada akhirnya runtuh akibat tidak adanya pemeliharaan pada abad ke-19.

Kota kerajaan Znojmo didirikan oleh Raja Ottokar I dari Bohemia dan Kastil Znojmo menjadi benteng kota ini. Kastil ini sendiri terhubung dengan tembok kota dan dilindungi oleh garnisun-garnisun.

Kegunaan Kastil Znojmo mulai berkurang pada akhir abad ke-17 setelah ancaman Turki berhasil dijauhkan oleh Pangeran Eugene dari Savoie.

Ujung depan kastil ini dijual kepada warga lokal dan menjadi tempat pembuatan bir kota dan menghasilkan bir Hostan. Bagian belakang kastil jatuh ke tangan penguasa Deblin yang membangun istana Baroque yang masih berdiri saat ini.

Satu-satunya struktur dari masa adipati-adipati Přemysl yang masih tersisa adalah Rotunda Znojmo. Di dalamnya terdapat lukisan-lukisan dinding dari abad ke-11 yang menggambarkan peristiwa-peristiwa di dalam Alkitab dan kehidupan penguasa-penguasa Přemysl.

Referensi[sunting | sunting sumber]

"Znojmo Castle". The City of Znojmo. Diakses tanggal August 12, 2010. [pranala nonaktif permanen]

Koordinat: 48°51′20.49″N 16°2′32.96″E / 48.8556917°N 16.0424889°E / 48.8556917; 16.0424889