Zisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Zisi
Hanzi: 子思
Makna literal: (nama kehormatan)
nama alternatif
Hanzi: 孔伋
Makna literal: (nama pribadi)
Makam Kongzi di Qufu

Zisi (Tionghoa: 子思; skt. 481–402 SM), lahir Kong Ji (孔伋), merupakan seorang Filsafat Tionghoa dan cucu Konfusius.

Silsilah intelektual, pengajaran dan kritik[sunting | sunting sumber]

Zisi adalah putra Boyu 伯鱼 (zh:孔鲤) dan satu-satunya cucu Konfusius. Ia biasanya diakreditasi dengan mentransmisikan ajaran Konfusius ke Mengzi[1] dan menulis Zhong Yong, Biaoji 表記, "Ziyi" (Jubah Hitam") 緇衣, dan "Fangji" (Rekaman Tumbuhan) 坊記, saat ini bab-bab Liji. (Sejak tanggal hidup Zisi tidak tumpang tindih dengan Mengzi, telah disarankan bahwa peran perantara di dalam transmisi dimainkan oleh Shi Shuo 世碩.[2])

Dimana kakeknya mulai membedakan di antara pengetahuan yang benar dan yang seharusnya, Zisi melanjutkan meditasi tentang relativitas pengetahuan manusia tentang alam semesta. Ia mencoba menganalisis sebanyak mungkin jenis tindakan, dan percaya bahwa orang bijak yang sadar akan kewajiban moral dan intelektual mereka dapat menyalin kenyataan alam semesta ke dalam diri mereka sendiri.

Bersamaan dengan Mengzi, Zisi diserang oleh Xunzi di dalam bab "Melawan dua belas tuan" yang terkenal. Sasaran serangan Xunzi adalah ajaran Wuxing. Menurut Zhang Binglin (1868-1936), Zisi mencoba menggabungkan ajaran Konfusius dengan prinsip numerologi. Li Xueqin mengemukakan bahwa hal itu dilakukan di bawah pengaruh teks yang saat ini merupakan bagian "Rencana Besar" (Hongfan) bab Shu Jing.[3]

Versi yang masih ada dari buku dengan nama yang sama berasal dari Zisi. Buku itu disusun oleh Wang Zhuosuo (汪晫 Wāng Zhuó) dari Dinasti Song, namun tidak diakui keabsahannya. Edisi yang lebih andal dibuat oleh Huang Yizhou zh:黃以周 (1828-1899), menggambar referensi dari Shen Yue (441-513). Menurut Huang Yizhou, beberapa aspek pemikiran Zisi sejajar dengan Huainanzi.[4]

Penemuan terbaru[sunting | sunting sumber]

  • Wuxing (teks), sebuah penemuan arkeologi baru-baru ini yang memberi wawasan baru tentang ajaran Zisi.
  • Adipati Mu dari Lu meminta Zisi 《魯穆公問子思》, sebuah teks Guodian Chujian yang berkaitan tentang konsep "menteri setia" 忠臣 melalui dialog di antara Zisi dan Adipati Mu yang muda (†377 SM).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Zengzi, penulis Da Xue. Da Xue dan Zisi Arti Doktrin, termasuk ke dalam Empat Buku, merupakan fondasi ortodoksi Konfusius.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ames, Roger T. and David L. Hall (2001). Focusing the Familiar: A Translation and Philosophical Interpretation of the Zhongyong. University of Hawaii Press. hlm. 132. ISBN 9780824824600. 
  2. ^ 曹峰, 思孟學派的建構與解構 ――評梁濤《郭店竹簡與思孟學派》."Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal December 13, 2013. Diakses tanggal August 22, 2013. , n.1.
  3. ^ Li Xueqin, 帛书《五行》与《尚书·洪范》.
  4. ^ 曹峰, 思孟學派的建構與解構 ――評梁濤《郭店竹簡與思孟學派》 Archived December 13, 2013, di the Wayback Machine.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikisource logo Karya tulis oleh atau tentang Zisi di Wikisource