Zielgerät 1229

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Zielgerät ZG 1229 Vampir
Zielgerät ZG 1229 Vampir dioperasikan oleh seorang tentara Inggris

ZG 1229 Vampir (Zielgerät 1229), juga dikenal dengan nama kode Vampir, adalah perangkat inframerah aktif yang dikembangkan untuk Wehrmacht untuk senapan serbu Sturmgewehr 44 selama Perang Dunia II, yang dimaksudkan terutama untuk penggunaan malam hari.

Rancangan[sunting | sunting sumber]

ZG 1229 Vampir berbobot 2,25 kilogram (sekitar 5 pon) dan dilengkapi dengan lug pada StG 44 di CG Haenel di Suhl, fasilitas produksi senjata tersebut. Grenadier yang membawa alat ini dikenal sebagai Nachtjäger (pemburu malam). Bersama dengan pembidik dan penyorot inframerah, ada baterai berwadah kayu seberat 13,5 kilogram (sekitar 30 pon) dan baterai kedua dipasang di dalam wadah masker gas untuk memberi daya pada konverter gambar. Semua ini diikatkan pada Tragegestell 39 (bingkai pak 1939). Lampu sorot terdiri dari sumber cahaya tungsten konvensional yang bersinar melalui filter yang hanya mengizinkan cahaya inframerah. Sensornya dioperasikan dalam spektrum inframerah atas (cahaya) bukannya dalam spektrum inframerah yang lebih rendah (panas) dan karenanya, tidak sensitif terhadap panas tubuh.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Vampir pertama kali digunakan dalam pertempuran pada Februari 1945. Namun, pengenalan perangkat inframerah ini untuk senjata ringan terjadi pada awal 1944. 310 unit dikirim ke Wehrmacht pada tahap akhir perang. Laporan veteran Front Timur menyebutkan penembak jitu yang menembak di malam hari dengan bantuan 'obor nonbersinar aneh ditambah dengan pembidik optik yang sangat besar' dipasang di senapan mereka. Perlengkapan inframerah serupa dipasang baik untuk senapan mesin MG34 maupun MG42.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]