Yu Youjun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yu Youjun (Hanzi sederhana: 于幼军,; Hanzi tradisional: 于幼軍; Pinyin: Yú Yòujūn; lahir Januari 1953) adalah Gubernur Provinsi Shanxi saat ini. Ia bergabung dengan Partai Komunis Tiongkok pada Juni 1976.

Pada 22 Juni 2007, ia minta maaf di hadapan publik atas adanya skandal perbudakan. Pernyataan maaf muncul setelah skandal perbudakan terkuat sepekan sebelumnya. Ratusan remaja dan anak-anak dipaksa bekerja 14 jam dan diperlakukan secara kejam di pabrik-pabrik pembakaran batu bata di dua provinsi di Tiongkok. Kepolisian Shanxi telah menyelamatkan 359 pekerja pabrik pembakaran batu bata, termasuk 12 anak dan 9 remaja. Kepolisian juga menangkap 35 orang yang diduga terlibat tindakan kekerasan, termasuk 10 di antaranya telah secara resmi ditahan. Polisi juga memburu 20 tersangka lain.

Di antara 359 pekerja yang berhasil diselamatkan, ada 65 orang yang sudah mengalami gangguan mental. Pihak kepolisian Provinsi Henan juga berhasil menyelamatkan 200 pekerja. Henan adalah tetangga Shanxi yang merupakan daerah asal sebagian korban skandal perbudakan.

Skandal perbudakan ini membuat berang rakyat Tiongkok. Orang tua ratusan korban mendesak pemerintah agar mempercepat upaya penyelamatan. Mereka mencari anak yang hilang dan diyakini dijual sebagai budak tanpa bantuan dari pemerintah.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]