Lompat ke isi

Yonga cakar-panjang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yonga cakar-panjang
Neophascogale lorentzi Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN14541 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoDasyuromorphia
FamiliDasyuridae
TribusDasyurini
GenusNeophascogale
SpesiesNeophascogale lorentzi Edit nilai pada Wikidata
Jentink, 1911
Distribusi

Speckled dasyure range

Yonga totol ( Neophascogale lorentzii ), juga dikenal sebagai yonga cakar-panjang[2], adalah anggota ordo Dasyuromorphia . Ia merupakan endemik Papua, Indonesia dan Papua Nugini . Ia adalah satu-satunya anggota genus Neophascogale .

Bobotnya bervariasi antara 200 dan 250 g (7,1 dan 8,8 oz) ; panjang tubuhnya berkisar antara 16–23 cm (6,3–9,1 in), dan ekornya adalah 16–23 cm (6,3–9,1 in) panjang. Sesuai dengan namanya, bulunya yang berwarna abu-abu tua berbintik-bintik dengan bulu putih panjang. Ia memiliki anggota badan yang pendek dan kuat dengan cakar panjang di semua jari kaki, digunakan untuk menggali belatung, cacing, dan mangsa serupa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Woolley, P.; Leary, T.; Wright, D.; Hamilton, S.; Helgen, K.; Singadan, R.; Dickman, C.; Lunde, D. (2008). "Neophascogale lorentzii". Diakses tanggal 28 December 2008. 
  2. ^ "Checklist of the mammals of Indonesia : scientific name and distribution area table in Indonesia including CITES, IUCN, and Indonesian category for conservation | WorldCat.org". search.worldcat.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-12-09.