Yonga cakar-panjang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yonga cakar-panjang
Neophascogale lorentzi
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN14541
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoDasyuromorphia
FamiliDasyuridae
TribusDasyurini
GenusNeophascogale
SpesiesNeophascogale lorentzi
Jentink, 1911
Distribusi

Speckled dasyure range

Yonga totol ( Neophascogale lorentzii ), juga dikenal sebagai yonga cakar-panjang[2], adalah anggota ordo Dasyuromorphia . Ia merupakan endemik Papua, Indonesia dan Papua Nugini . Ia adalah satu-satunya anggota genus Neophascogale .

Bobotnya bervariasi antara 200 dan 250 g (7,1 dan 8,8 oz) ; panjang tubuhnya berkisar antara 16–23 cm (6,3–9,1 in), dan ekornya adalah 16–23 cm (6,3–9,1 in) panjang. Sesuai dengan namanya, bulunya yang berwarna abu-abu tua berbintik-bintik dengan bulu putih panjang. Ia memiliki anggota badan yang pendek dan kuat dengan cakar panjang di semua jari kaki, digunakan untuk menggali belatung, cacing, dan mangsa serupa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Woolley, P.; Leary, T.; Wright, D.; Hamilton, S.; Helgen, K.; Singadan, R.; Dickman, C.; Lunde, D. (2008). "Neophascogale lorentzii". Diakses tanggal 28 December 2008. 
  2. ^ "Checklist of the mammals of Indonesia : scientific name and distribution area table in Indonesia including CITES, IUCN, and Indonesian category for conservation | WorldCat.org". search.worldcat.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-12-09.