Ye Maaya Chesave

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ye Maaya Chesave
SutradaraGautham Menon
ProduserManjula Ghattamaneni
Sanjay Swaroop
Ditulis olehGautham Menon
Umarji Anuradha (Dialogues)
PemeranNaga Chaitanya
Samantha Ruth Prabhu
Penata musikA. R. Rahman
SinematograferManoj Paramahamsa
PenyuntingAnthony Gonsalves
Perusahaan
produksi
Indira Productions
Tanggal rilis
  • 26 Februari 2010 (2010-02-26)
NegaraIndia
BahasaTelugu
Anggaran12,5 crore (US$1,8 juta)[1]
Pendapatan
kotor
20 crore (US$2,8 juta)[2]

Ye Maaya Chesave ([Apakah Keajaiban Membuatmu Sempurna?] Error: {{Lang-xx}}: text has italic markup (help)) adalah sebuah film drama percintaan berbahasa Telugu 2010 yang ditulis dan disutradarai oleh Gautham Menon, dengan dialog oleh Umarji Anuradha.[3] Film tersebut dibintangi oleh debutan Naga Chaitanya dan Samantha Ruth Prabhu sebagai pemeran utama. Film tersebut diproduksi oleh Manjula Ghattamaneni dibawah spanduk Indira Productions dan menampilkan soundtrack dan skor latar belakang yang dikomposisikan oleh A. R. Rahman. Orang lainnya yang disebutkan meliputi sinematografi oleh Manoj Paramahamsa, dialog oleh Umarji Anuradha dan penyuntingan oleh Anthony Gonsalves.

Film tersebut dirilis dalam versi Tamil dengan nama Vinnaithaandi Varuvaayaa dengan pemeran dan klimaks yang berbeda. Hak-hak televisi dijual kepada Zee Telugu. Film ini adalah film Telugu keduanya Menon, setelah kesuksesan Gharshana.

Setelah perilisan musik diskor oleh pemenang Penghargaan Akademi sebanyak dua kali A. R. Rahman. Selain kesuksesan soundtrack yang tinggi, Skor Latar Belakang pada film tersebut dianggap sebagai salah satu karya terbaik Rahman.

Ye Maaya Chesave menggambarkan tentang hubungan antara asisten sutradara Hindu Telugu, Karthik, dan seorang gadis Kristen Santo Tomas Malayali, Jessie yang ia cintai.

Pembuatan Ye Maaya Chesave menghabiskan biaya sebesar 12,5 crore (US$1,8 juta)

Versi Tamilnya dibuat setelah beredar spekulasi bahwa Gautham Menon akan membuat ulang film tersebut bersama dengan saudara Manjula, Mahesh Babu.[4]

Alur[sunting | sunting sumber]

Karthik (Naga Chaitanya) adalah seorang lulusan teknik mekanik namun ingin menjadi pembuat film. Dari temannya, Karthik berkenalan dengan seorang sinematografer.

Keluarga Thekekuttu adalah sebuah keluarga Katolik Suriah Malayali konservatif dari Alappuzha, Kerala. Keluarga Thekekuttus memiliki seorang putri, Jessie (Samantha). Ketika Karthik bertemu dengan Jessie untuk pertama kalinya, ia jatuh cinta dengannya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Komposer pemenang Penghargaan Akademi A. R. Rahman mengkomposisikan soundtrack dan skor latar belakang pada film tersebut. Ye Maaya Chesave / Vinnai Thaandi Varuvaaya, menandai dimulainya kolaborasi antara Rahman dan Gautham Menon. Albumnya terdiri dari tujuh track, dengan lirik Telugu yang ditulis oleh Anantha Sreeram.

Rahman memenangkan Penghargaan Filmfare pertamanya dalam kategori Telugu untuk albumnya yang meraih kesuksesan yang tinggi. Rahman menggunakan kembali nada yang sama pada pembuatan ulang film tersebut dalam bahasa Hindi (Ekk Deewana Tha), yang juga disutradarai oleh Gautham Menon.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Setelah pengumuman tentang proyek Tamilnya Gautham Menon, Vinnaithaandi Varuvaayaa, Nagarjuna Akkineni memilih Gautham Menon untuk versi Telugunya, dengan putranya Naga Chaitanya sebagai pemeran utamanya.

Naga Chaitanya dan Samantha Ruth Prabhu bermain sebagai pemeran tamu pada versi Tamil sementara Trisha Krishnan dan Silambarasan menjadi cameo pada versi ini. Sutradara Telugu Puri Jagannadh tampil sebagai diri sendiri dalam peran tamu.

Perbandingan antar karakter dengan pembuatan ulang film tersebut[sunting | sunting sumber]

Vinnaithaandi Varuvaayaa
(Tamil)
Ye Maaya Chesave
(Telugu)
Ekk Deewana Tha
(Hindi)
Silambarasan Naga Chaitanya Prateik Babbar
Trisha Krishnan Samantha Amy Jackson
Ganesh Krishnudu Manu Rishi

Pemberian[sunting | sunting sumber]

Film tersebut mendapatkan berbagai penghargaan, yang paling banyak didapatkan oleh A.R.Rahman untuk musik buatannya.

Penghargaan Nandi[5]
Filmfare Awards South
Penghargaan CineMAA

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "An Average Fare". Screenindia.com. Diakses tanggal 26 September 2011. 
  2. ^ "Top Ten Telugu Films of the year". Sify.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-01-08. Diakses tanggal 26 September 2011. 
  3. ^ "Ye Maya Chesave film review - Telugu cinema Review - Naga Chaitanya & Samantha". Idlebrain.com. 26 Februari 2010. Diakses tanggal 26 September 2011. 
  4. ^ "Gautham Menon's calculation upsets Simbu". ChennaiOnline.com. 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-23. Diakses tanggal 7 Juli 2009. 
  5. ^ "Nandi Awards Winners List -2010". Telugu.way2movies.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-22. Diakses tanggal 26 September 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]