Yaumil Agoes Achir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yaumil Agoes Achir
LahirYaumil Chairiyah
(1941-05-20)20 Mei 1941
Belanda Sabang, Pulau Weh, Aceh, Hindia Belanda
Meninggal1 Juli 2003(2003-07-01) (umur 62)
Singapura Singapura
KebangsaanIndonesia
PekerjaanIlmuwan dan Birokrat
Dikenal atasKepala BKKBN
Suami/istriAgoes Achir
Orang tuaIlyas Sutan Maradjo

Prof. Dr. Yaumil Chairiyah atau juga dikenal dengan nama Yaumil Agoes Achir (20 Mei 1941 – 1 Juli 2003) adalah seorang akademisi dan birokrat asal Indonesia.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Yaumil Chairiyah merupakan putri Ilyas Sutan Maradjo asal Minangkabau.[1] Ia adalah seorang ahli psikologi dari Universitas Indonesia (UI). Pada tahun 1992-1994, ia menjabat Dekan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Setahun kemudian, ia dikukuhkan sebagai guru besar tetap di fakultas tersebut.

Pada tahun 1994 Yaumil juga dipercaya mengurus birokrasi. Ia diangkat menjadi Asisten III Menteri Negara Kependudukan/Kepala BKKBN Bidang Pengembangan Kualitas Penduduk, lalu kemudian menjabat Deputi Sekretaris Wakil Presiden Bidang Kesejahteraan Rakyat. Karier terakhirnya di birokrasi sebelum meninggal dunia adalah Kepala BKKBN.

Prof. Dr. Yaumil Agoes Achir meninggal dunia pada hari Selasa 1 Juli 2003 di Johns Hopkins-National University Hospital (NUH) International Medical Center Singapura, karena penyakit kanker kelenjar getah bening yang dideritanya.

Ia menikah dengan Agoes Achir seorang insinyur teknik kimia, dan dikaruniai dua orang anak serta tiga orang cucu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Majalah Femina, Volume 17, Hal. 280

Pranala luar[sunting | sunting sumber]