Yann Arthus-Bertrand

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yann Arthus-Bertrand
Arthus-Bertrand pada 2009
Lahir13 Maret 1946 (umur 78)
Paris, Prancis
KebangsaanPrancis
PekerjaanFotografer, jurnalis, wartawan, sutradara film, pemerhati lingkungan hidup
Tahun aktif1963–present
Dikenal atasEarth from Above
Seen from Above
Home (2009)

Yann Arthus-Bertrand (kelahiran 13 Maret 1946 di Paris) adalah seorang fotografer, jurnalis, wartawan dan pemerhati lingkungan hidup Prancis.

Ia paling dikenal karena bukunya Earth from Above (1999)[1] dan filmnya Home (2009).

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Yann Arthus-Bertrand lahir di Paris pada 13 Maret 1946 dalam sebuah keluarga pemilik toko perhiasan yang didirikan pada 1803 oleh Claude Arthus-Bertrand dan Michel-Ange Marion. Saudarinya Catherine adalah salah satu kolaborator akrabnya. Ia telah memahami alam dan kehidupan liar dari tahun-tahun awal.

Pekerjaan pertama[sunting | sunting sumber]

Ia menjadi asisten direktur ketika ia berusia 17 tahun pada 1963, kemudian menjadi seorang aktor dalam film-film. Ia bermain bersama dengan aktor-aktor terkenal seperti Michèle Morgan di Dis-moi qui tuer (1965) karya Etienne Perier dan di OSS 117 prend des vacances (1970) karya Pierre Kalfon.

Ia keluar dari industri perfilman pada 1967 untuk menjalankan taman kehidupan liar Château de Saint Augustin di Château-sur-Allier (tengah Prancis). Ia meninggalkan negara tersebut bersama dengan istrinya Anne ketika ia berusia 30 tahun (1976) untuk tinggal di Kenya di Reserve Nasional Masai Mara. Ia tinggal bersama dengan suku Maasai selama 3 tahun untuk mempelajari perilaku keluarga singa dan mengambil gambar setiap hari pada tahun-tahun tersebut. Ia kemudian menemukan passion baru untuk fotografi dan keindahan lanskap ketika mengobservasi dari langit di balon udara panas. Ia mengetahui kekuatan dari sebuah gambar dan bagaimana cara untuk berkomunikasi menggunakan pengartian ini.

Ia kembali ke Prancis pada 1981, menerbitkan sebuah buku fotografi Lions pada 1983, dan menjadi seorang jurnalis, wartawan, dan fotografer internasional yang mengkhususkan diri dalam dokumentasi tentang olahraga, kehidupan liar dan fotografi dari udara untuk majalah-majalah Prancis seperti Paris Match dan GEO. Ia memfoto sepuluh reli Paris-Dakar. Setiap tahun, ia menerbitkan sebuah buku tentang Roland Garros, tenis Prancis terbuka. ia juga mengambil gambar setiap hari di Acara Agribudaya Internasional Paris, dan etolog Dian Fossey dan gorila di Rwanda.

Fotografi dari udara[sunting | sunting sumber]

Ia mendirikan Agensi Altitude pada 1991, yang merupakan agensi pers dan bank gambar pertama di dunia yang mengkhususkan diri dalam fotografi dari udara (500,000 gambar diambil pada lebih dari 100 negara oleh lebih dari 100 fotografer).

Pada 1994 Arthus-Bertrand mulai pengajaran tentang Bumi yang didukung oleh UNESCO. Pada bagian pembelajaran tersebut, ia membuat inventori gambar dari landskap paling indah di dunia, yang diambil dari helikopter dan balon udara panas. Buku dari proyek ini, Earth from Above (‘la Terre vue du ciel’) terjual lebih dari 3 juta salinan dan diterjemahkan dalam 24 bahasa.

Pada 2000, pameran gratis "Earth from Above"-nya diadakan dengan sejumlah poster besar di gerbang-gerbang Jardins du Luxembourg di Paris. Pameran tersebut kemudian diadakan di seluruh dunia dari Lyon sampai Montreal, di 110 kota dan dikunjungi oleh 120 juta orang.

Pada 2008, Earth from Above diluncurkan dalam bentuk DVD.

Karya lingkungan hidup[sunting | sunting sumber]

Yann Arthus-Bertrand pada 2009

Pada 1 Juli 2005, ia mendirikan organisasi lingkungan hidup internasional GoodPlane

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Aktor[sunting | sunting sumber]

Sutradara[sunting | sunting sumber]

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Michel Guerrin and Nathaniel Herzberg, "Arthus-Bertrand, l'image de marque", Le Monde, 3 Juni 2009.
  2. ^ "Site officiel du film Home". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-04-29. Diakses tanggal 2015-02-08. 
  3. ^ "Paris, view from above, full movie, by Yann Arthus-Bertrand" (VIDEO). Diakses tanggal 6 Juni 2013. 
  4. ^ "Metz and the Messin pays, view from above, full movie, by Yann Arthus-Bertrand" (VIDEO). Diakses tanggal 15 Juni 2013. 
  5. ^ a b (Prancis) "Le photographe Yann Arthus-Bertrand montrera la "Suisse vue du ciel"", Radio télévision suisse, 13 Februari 2014 (halaman dikunjungi pada 13 Februari 2014).
  6. ^ Switzerland from above di YouTube.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]