Yūko Obuchi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Yūko Obuchi
小渕 優子
Yuko Obuchi croppwd 2 Caroline Kennedy and Yuko Obuchi 20141014 1.jpg
Anggota Parlemen Japanese
dapil Distrik ke-5 Gunma
Mulai menjabat
2000
PendahuluKeizō Obuchi
Informasi pribadi
Lahir11 Desember 1973 (umur 46)
Tokyo, Jepang
Partai politikPartai Demokratik Liberal
Alma materUniversitas Seijo

Yūko Obuchi (小渕 優子, Obuchi Yūko, kelahiran 11 Desember 1973 di Bunkyō, Tokyo) adalah seorang menteri Jepang dari Partai Demokratik Liberal, sebuah anggota dari Dewan Perwakilan di Parlemen (legislator nasional). ia menjadi Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri.

Seorang lulusan dari Universitas Seijo yang telah menghasilkan beberapa aktor dan pembawa acara televisi, Obuchi bekerja di penyiaran TBS dari 1996 sampai 1998. Ia terpilih pada Dewan Perwakilan untuk pertama kalinya pada 2000, memenangkan kursi Parlemen bekas ayahnya yang meninggal tak lama setelah terkenal stroke ketika menjabat. Ayahnya adalah mantan perdana menteri Keizō Obuchi dan kakeknya mantan anggota Dewan Perwakilan Mitsuhei Obuchi.

Pada 24 September 2008, Obuchi dilantik menjadi Menteri Negara untuk Urusan Sosial dan Kesetaraan Gender dalam kabinet Perdana Menteri Taro Aso. Hal ini membuatnya menjadi anggota kabinet termuda di Jepang pada era pasca-perang.[1] Partainya keluar dari jabatan dari September 2009 sampai Desember 2012. Pada Desember 2012, ia dilantik menjadi Wakil Menteri Keuangan oleh Perdana Menteri baru Shinzo Abe, dan pada 3 September 2014, ia menjadi Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri dalam kabinet Abe.[2] Karena itu, ia menjadi menteri yang bertanggung jawab untuk industri nuklir di Jepang, dengan sebagian besar tanggung jawab untuk pembersihan bencana nuklir Fukushima Daiichi.

Pengunduran diri[sunting | sunting sumber]

Obuchi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri pada 19 Oktober 2014, karena menyalahgunakan sumbangan.[3] Kepergiannya dipandang sebagai pukulan bagi administrasi Shinzo Abe.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Dewan Perwakilan Jepang
Didahului oleh:
Keizō Obuchi
Perwakilan untuk distrik ke-5 Gunma
2000 –
Petahana