Yükseköğretim Kurulu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yükseköğretim Kurulu (Dewan Pendidikan Tinggi) , disingkat YÖK , adalah badan pengawas negara pusat untuk universitas-universitas Turki.

Pendirian[sunting | sunting sumber]

Dewan Pendidikan Tinggi didirikan pada tahun 1981 sesuai dengan Undang-Undang Pendidikan Tinggi No. 2547, yang mengatur kembali pendidikan tinggi sesuai dengan gagasan pemerintah militer .  Universitas didepolitisasi dan tunduk pada kontrol negara. Dengan demikian, otonomi dan pengelolaan mandiri yang diberikan kepada universitas berdasarkan konstitusi tahun 1961 dihapuskan.

Kekuasaan dan struktur[sunting | sunting sumber]

Tugas Dewan Pendidikan Tinggi juga tertuang dalam Konstitusi Turki tanggal 1982 . Dewan tersebut mengangkat dekan , merekomendasikan rektor , mengontrol anggaran universitas, menentukan kurikulum, dan memutuskan tata cara penerimaan mahasiswa ( YKS ). Dewan Pendidikan Tinggilah yang memberlakukan larangan jilbab di universitas-universitas Turki pada tahun 1982. Pada tahun 2004, dilakukan reformasi terkait penerimaan lulusan sekolah imam-hatip ke universitas, sehingga sekolah tersebut setara dengan sekolah menengah atas.

Organ terpenting YÖK adalah:

  • Majelis Umum
  • Menteri
  • Dewan Eksekutif

Dewan Pendidikan Tinggi terdiri dari 21 anggota, sepertiganya diangkat oleh Presiden, Dewan Menteri dan lembaga pendidikan tinggi. Hingga tahun 2004, Staf Umum juga mengangkat anggota Dewan Pendidikan Tinggi.

Program YÖK Atlas[sunting | sunting sumber]

Ini adalah aplikasi yang disiapkan oleh Dewan Pendidikan Tinggi pada tahun 2016. Dengan aplikasi YÖK Atlas, mahasiswa dapat mengakses data statistik mahasiswa yang ditempatkan di seluruh jurusan terkait di universitas yang berafiliasi dengan YÖK. Dengan aplikasi Atlas yang memiliki 3 jenis sistem yang berbeda, para kandidat yang ingin ditempatkan di departemen mana pun dapat menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti berapa penghasilan yang harus mereka peroleh, berapa poin yang harus mereka peroleh, dan bagaimana rangkingnya, dengan nilai rata-rata. Aplikasi Atlas mencerminkan data statistik dari tahun ujian sebelumnya. [1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Yükseköğretim Program Atlası". yokatlas.yok.gov.tr (dalam bahasa Turki). Diakses tanggal 2024-03-17. 
  2. ^ "Yükseköğretim Program Atlası tanıtıldı (YÖK'ten YGS ve LYS için yeni uygulama)". www.ntv.com.tr (dalam bahasa Turki). Diakses tanggal 2024-03-17.