Wupih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wupih
Petaurus
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoDiprotodontia
FamiliPetauridae
GenusPetaurus
Shaw, 1791
Distribusi

EndemikAustralia

Genus Petaurus ( /pə.tɔːˈrəs/ ) atau dikenal sebagai wupih adalah sekelompok posum arboreal yang berasal dari Australia, Papua Nugini, dan pulau-pulau sekitarnya. Spesies terkenal dari genus ini diantaranya adalah wupih sirsik dan wupih manaf.

Wupih biasanya aktif di malam hari, sebagian besar berukuran kecil (terkadang sekitar 400 ekor mm, dihitung ekornya), dan memiliki lipatan kulit kendur ( patagia ) yang membentang dari pergelangan tangan hingga mata kaki. Mereka menggunakan patagia untuk meluncur dari pohon ke pohon dengan cara melompat dan merentangkan anggota badannya seperti elang. Mereka mampu meluncur untuk jarak lebih dari 140 meter. Selain lipatan kulit yang khas, wupih juga memiliki mata besar menghadap ke depan, wajah pendek (meskipun runcing), dan ekor datar panjang yang digunakan sebagai kemudi saat meluncur.

Semuanya adalah omnivora, dan memakan getah pohon, permen karet, nektar, serbuk sari, dan serangga, serta manna dan melon . Kebanyakan wupih tampak menyendiri, meskipun wupih perut-kuning dan wupih sirsik diketahui hidup berkelompok.

Status konservasi[sunting | sunting sumber]

Meskipun wupih manaf dan wupih krefft relatif umum, sebagian besar spesies lainnya jarang ditemukan. Wupih mahoni adalah spesies yang paling terancam di Australia dan terdaftar sebagai terancam punah . Mereka sangat jarang sehingga tidak terlihat selama lebih dari seratus tahun setelah penemuan aslinya pada tahun 1883. Hampir sebulan setelah mereka ditemukan kembali pada tahun 1989, habitat mereka dibuka untuk perkebunan, dan populasi lain tidak ditemukan hingga tahun 1991. Alasan status terancam punah dari wupih mahoni antara lain degradasi atau hilangnya habitat, terbatasnya sebaran, dan kurangnya perlindungan habitat.[1] Selain wupih mahoni, wupih bajing ( Petaurus norfolcensis ) juga agak terancam.[2] Sebuah studi pada tahun 2020 menemukan bahwa wupih sirsik ( P. breviceps ) juga memiliki wilayah jelajah terbatas di Australia, sehingga jauh lebih terancam daripada yang diperkirakan sebelumnya.[3]

Jenis[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jackson, Stephen M. (July 2011). "Petaurus gracilis (Diprotodontia: Petauridae)". Mammalian Species. 43 (1): 141–148. doi:10.1644/882.1. ISSN 0076-3519. 
  2. ^ Crane, M. J.; Lindenmayer, D. B.; Cunningham, R. B. (February 2013). "Use and characteristics of nocturnal habitats of the squirrel glider (Petaurus norfocensis) in Australian temperate woodlands". Australian Journal of Zoology. 60 (5): 320–329. doi:10.1071/ZO12080. ISSN 0004-959X. 
  3. ^ Cremona, Teigan; Baker, Andrew M; Cooper, Steven J B; Montague-Drake, Rebecca; Stobo-Wilson, Alyson M; Carthew, Susan M (2020-07-13). "Integrative taxonomic investigation of Petaurus breviceps (Marsupialia: Petauridae) reveals three distinct species". Zoological Journal of the Linnean Society. doi:10.1093/zoolinnean/zlaa060. ISSN 0024-4082.