Wolfpack (taktik laut)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Istilah wolfpack merujuk kepada taktik serangan massal terhadap konvoi yang digunakan oleh kapal selam U-boat Kriegsmarine selama Perang Atlantik Kedua, dan oleh kapal-kapal selam United States Navy terhadap kapal-kapal Jepang di Perang Pasifik dalam Perang Dunia II.

Kapal Selam Jerman[sunting | sunting sumber]

Kapal Selam Jerman U-52, 1939

Karl Dönitz menggunakan istilah Rudeltaktik untuk menggambarkan strategi pertempuran kapal selam ini —Rudeltaktik diterjemahkan sebagai "taktik-taktik" sekelompok hewan dan menjadi terkenal dalam bahasa Inggris sebagai wolfpack (Wolfsrudel, gerombolan serigala), terjemahan metafora yang lebih akurat, tetapi tidak secara literal.

Taktik[sunting | sunting sumber]

Pergerakan U-boat dikontrol oleh Befehlshaber der Unterseeboote (BdU, Komando Armada Kapal Selam) jauh lebih ketat ketimbang kapal-kapal selam Amerika, yang diberi kebebasan yang luar biasa selama berpatroli. Dengan demikian, U-boat biasanya berpatroli sendirian, seringkali berjajar di garis-garis yang terkoordinir melintasi rute-rute yang diperkirakan akan dilalui konvoi-konvoi kapal-kapal Sekutu (biasanya terdiri dari kapal dagang dan kapal perusak kecil yang mengawal), hanya akan diperintahkan untuk berkumpul setelah salah satu dari mereka menemukan sebuah konvoi dan memperingatkan BdU, sehingga sebuah Rudel bisa melibatkan sebanyak mungkin U-boat yang bisa menjangkau daerah serangan. Dengan pengecualian perintah yang diberikan oleh BdU, komandan U-boat bisa menyerang kapanpun mereka siap.. Seringkali komandan-komandan U-boat diberitahu perkiraan jumlah U-boat yang akan muncul, dan ketika mereka sudah bertemu dengan konvoi musuh, membuat kode-kode panggilan masing-masing untuk menghitung berapa banyak yang datang. Jika jumlahnya cukup banyak dibandingkan kapal-kapal pengawal konvoil, mereka akan menyerang.

Penanggulangan[sunting | sunting sumber]

Kapal pengawal konvoi dan pesawat anti-kapal selam, November 1941

Meskipun wolfpack terbukti menjadi ancamana serius terhadap kapal-kapal Sekutu, Komando Sekutu mengembangkan tindakan penanggulangan untuk membuat organisasi U-boat bertempur melawan dirinya sendiri. Wolfpack U-boat membutuhkan komunikasi radio yang ektensif untuk mengkoordinasikan serangan. Hal ini menjadikan U-boat rentan terhadap alat yang disebut High Frequency Direction Finder (HF/DF atau Huff-Duff") yang memungkinkan angkatan laut Sekutu untuk mendeteksi lokasi dan menyerang kapal-kapal musuh yang memancarkan sinyal radio. Juga, bantuan udara yang efektif, baik pesawat jarak jauh dengan radar, dan kapal-kapal pengawal dan balon-balon udara, memungkinkan U-boat terdeteksi saat membayangi sebuah konvoi (menunggu malam hari untuk menyerang.

Kapal-kapal Selam AS[sunting | sunting sumber]

Wolfpack Amerika, resminya disebut called coordinated attack groups, biasanya terdiri dari 3 kapal selam yang berpatroli dalam posisi yang berdekatan dan diorganisir sebelum mereka meninggalkan pelabuhan di bawah komando kapten yang paling senior di antara ketiganya. Charles "Swede" Momsen memanfaatkan taktik ini dan memimpin serangan wolfpack Amerika pertama yang terdiri dari Cero (SS-225), Shad (SS-235), dan Grayback (SS-208) - dari Kepulauan Midway pada 1 Oktober 1943.

Perang Dingin[sunting | sunting sumber]

Wolfpack tidak berhasil digunakan selama Perang Dingin; kapal-kapal selam modern memiliki senjata dan kecepatan menyelam yang jauh lebih baik ketimbang di masa Perang Dunia II, jadi tidak ada kebutuhan untuk kapal selam beroperasi dalam kelompok besar. Sebaliknya, United States Navy menyebarkan kapal-kapal selam penyerangnya dalam patroli-patroli invididu, dengan pengecualian satu atau (jarang sekali) dua kapal selam penyerang dalam setiap kelompok penyerang.

Kapal selam pengangkut misil balistik Amerika selalu beroperasi sendirian, sementara kapal selam Uni Soviet biasanya beroperasi dalam bastion laut yang dilindungi dengan baik.

Pasca Perang Dingin[sunting | sunting sumber]

Dengan dimulainya Perang Irak pada bulan Maret 2003, istilah wolfpackdigunakan kembali untuk menggambarkan armada kapal selam nuklir Amerika dan Inggris yang beroperasi bersama di Laut Merah, menembakkan misil Tomahawk BGM-109 ke sasaran-sasaran di Irak. USS Providence menjadi kapal selam pertama yang menembakkan seluruh misilnya dan mendapat julukan "Big Dog of the Red Sea Wolf Pack."

Saat ini, istilah wolfpack juga digunakan untuk taktik kapal-kapal misil Iran dalam event pertempuran hipotetis dengan US Navy; serangan masif kapal-kapal kecil yang dipersenjatai misil dan torpedo terhadap satu atau beberapa kapal dalam rangka mengatasi sistem pertahanan misil Aegis. Serangan-serangan seperti ini memungkinkan penebaran kapal yang dikorbankan.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Karl Dönitz, Memoirs: Ten Years and Twenty Days (New York: World Publishing Company, 1958)
  • Peter Maas, The Terrible Hours: The Man Behind the Greatest Submarine Rescue in History (HarperCollins New York, 1999)
  • E. B. Potter and Chester W. Nimitz, eds; Sea Power: A Naval History (Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, 1960)