Wirasaba, Bukateja, Purbalingga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Wirasaba
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Purbalingga
Kecamatan Bukateja
Pemerintahan
 • Kepala desa Riyadi
Kodepos 53382
Luas 6,5 km²
Jumlah penduduk +/- 7.000. jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Wirasaba adalah desa di kecamatan Bukateja, Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia.

  • Desa Wirasaba memiliki Bandar Udara Panglima Besar Jendral Soedirman atau disebut juga Pangkalan Udara Wirasaba yang dalam waktu dekat setelah mendapat ijin dari Kemenhub dan TNI AU segera menjadi bandara komersil, dan penanganan di bawah kendali Angkasa Pura II (AP II). Dengan akan dikomersilkannya BJBS ini sedang dilakukan pembebasan lahan, dengan menambahkan panjang runway awal menjadi +/_ 1.500 meter yang mampu didarati oleh pesawat jenis ATR 70. Beberapa maskapai nasional telah berminat untuk mengambil route ini dari dan ke Jakarta (HLP). Dan sempat ada penjelasan dari kemenhub/AP II rencana kedepannya akan menjadikan status Bandara Internasional dengan perpanjangan runway hingga wilayah Kemangkon sepanjang 2.400 M sehingga mampu didarati oleh pesawat jenis Boeing jet.
  • Desa Wirasaba juga tak lepas dari sejarah banyuma yang dikenal sebagai Babad Wirasaba atau Babad Banyumashttp://wiyonggoputih.blogspot.co.id/2015/03/sejarah-wirasaba_19.html
  • Desa Wirasaba terdiri dari 3 kampung/grumbul : 1. Wirasaba (selatan bandara) 2. Karangwuni (Balai Desa/Pemerintahan), 3. Teya (Utara). Desa ini merupakan desa paling selatan /barat daya di Kec. Bukateja dan berbatasan langsung dengan desa Kemangkon Kec. Kemangkon di Barat, Desa Tidu di Utara/Barat Laut, desa Majasari di Utara/Timur Laut,desa Kembangan di sebelah timur serta Sungai Serayu yang membatasi dengan wilayah Kab. Banjarnegara dengan desa Purwareja/Kiringan kec. Purwareja-Klampok dan hanya dipisahkan dengan jembatan KA jalur Ex Wonosobo - Purwokerto.
  • Hampir seluruh wilayah di desa ini sudah beraspal/listrik serta jaringan telepon (tengah)
BJBS Wirasaba