Wirakanan, Kandanghaur, Indramayu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wirakanan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenIndramayu
KecamatanKandanghaur
Kode Kemendagri32.12.21.2003 Edit the value on Wikidata
Luas816,2 hektare
Jumlah penduduk10.996 jiwa

Wirakanan adalah desa di kecamatan kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Indonesia. wirakanan terbagi menjadi beberapa dusun yaitu: dusun Tipar, dusun Pengodengan, dusun Kemped, dan dusun Tlepak. Desa Wirakanan pemekaran dari Desa Parean pada tahun 1888 Masehi dengan Kuwu Pertama Irhanggen seorang Mantri Kehutanan.

Posisi geografi[sunting | sunting sumber]

Perbatasan desa ini adalah: Sebelah Utara: Desa Wirapanjunan (Desa pemekaran dari Wirakanan). Sebelah Selatan: Desa Karang Mulya. Sebelah Timur: Desa Pranti. Sebelah Barat: Desa Gabus Wetan.

Komoditi[sunting | sunting sumber]

Komoditas utama dari desa Wirakanan adalah dari hasil pertanian yaitu Padi dan juga dari Agro yaitu Semangka, Bonteng Suri, Cabe, Kacang Panjang. Pertanian Desa Wirakanan sangat tergantung dari banyaknya curah hujan karena sebagian besar masih Tadah Hujan, Sebagian Kecil dengan sistem Irigasi dari Jatiluhur dan Rentang. Kedua sistem irigasi tersebut masih sangat belum mencukupi kebutuhan pengairan untuk pertanian karena desa Wirakanan terletak dipaling ujung dari sistem pengairan tersebut baik dari Jatiluhur maupun dari Rentang (Sering kekeringan karena tidak kebagian debit air). Di samping hasil pertanian juga berupa industri rumah tangga seperti Batu Bata (di musim kemarau) serta industri kusen dan meubel.

Industri[sunting | sunting sumber]

Ladang produksi gas Pertamina di Wirakanan

Desa Wirakanan merupakan tempat dari Pusat Stasiun Kompresor dari hasil pertambangan Minyak dan Gas PT. Pertamina Region Jawa yang dihasilkan dari daerah sekitarnya yang kemudian di kirim ke Balongan melalui jaringan pipa. Di wirakanan juga terdapat usaha penggilingan padi.yang mempekerjakan penduduk setempat,di antaranya: Lancar Jaya, Putra Alam Bhakti (PAB) dan SR, Serta teknologi informasi telah masuk seperti telah adanya (diaznet) warung internet dkk.dan ditambah pula tambak ikan . ikan nila, ikan mas, ikan gurami,ikan lele, dan ikan patin

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Blok Tipar: SDN Wirakanan dan Madrasah Diniyah. Blok Pengodengan: SDN Pengodengan dan Madrasah Diniyah. Blok Kemped: Yayasan Bangun Bangsa Mandiri (SMK BBM Kandanghaur) Yayasan Al-Mukhlashuun (TK/RA Al-Mukhlashuun, MTs Al-Mukhlashuun, Pondok Pesantren Al-Mukhlashuun), Yayasan Al-Amin (MDA Al-Amin, SMP AL-Amin, MA Al-Amin, STIT Al-Amin, STKIP Al-Amin, Pondok Pesantren Al-Amin), MI PUI Kemped, MDA Hidayatul Hidayah.