William dari Wrotham

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
William of Wrotham
Archdeacon of Taunton
050715 140 lydford castle.jpg
Ruins of Lydford Castle, which was in William's custody
Pelantikan1204
Masa jabatan berakhirc. 1217
PendahuluRobert de Geldford[1]
PenerusPeter[1]
Informasi pribadi
Nama lahirWilliam
Meninggalc. 1217
KewarganegaraanEnglish
Orang tuaGodwin

William dari Wrotham atau William de Wrotham [2] (meninggal sekitar tahun 1217) adalah seorang administrator kerajaan dan pendeta Inggris pada abad pertengahan. Meskipun sumber akhir pada abad ke-13 mengatakan bahwa William memegang jabatan kerajaan di bawah Raja Henry II dari Inggris (memerintah 1154–1189), rujukan kontemporer pertama kepada William adalah pada 1197, ketika ia bertanggung jawab atas, timah di tambang kerajaan. Dia juga memegang jabatan di Gereja, akhirnya menjadi Diakon Taunton, dan melayani Raja John dari Inggris sebagai administrator tanah gerejawi dan pengumpul pajak.

Pekerjaan administrasi utama William adalah bagian administrasi angkatan laut. Dia bertanggung jawab atas armada kerajaan di selatan Inggris pada 1205 dan merupakan salah satu dari mereka yang bertanggung jawab untuk pengembangan Portsmouth sebagai galangan kapal angkatan laut. Dia terus terlibat dalam urusan - urusan angkatan laut sampai tahun 1214, tetapi pada tahun 1215 ia bergabung dengan Perang Baron Pertama, melawan John. Setelah kematian John pada tahun 1216, William kembali ke perjuangan kaum royalis. Dia mungkin meninggal pada akhir 1217. Dikenal oleh seorang penulis sejarah kontemporer sebagai salah satu "Evil Edvisers / penasihat kejahatan" yang melawan John. William dikatakan oleh para sejarawan modern memiliki tanggung jawab khusus untuk pelabuhan, bea cukai, dan angkatan laut dan penjaga pelabuhan di Inggris, serta menjadi cikal bakal kantor First Lord of the Admiralty .

Masa Muda[sunting | sunting sumber]

Sedikit yang diketahui tentang latar belakang atau keluarga William, kecuali bahwa ayahnya, Godwin yang memegang tanah di Shipbourne, dekat Wrotham di Kent, mungkin sebagai pengikut dari Uskup Agung Canterbury. Saudara William, Richard, diangkat sebagai wakil William pada 1207.

Menurut dokumen-dokumen pada akhir abad ke-13, Hundred Rolls, Raja Henry II memberi William kantor pengurus Exmoor dan di Petherton Utara, Somerset. William disebut sebagai Prebend Santo Decumans di Cathedral Chapter of Bath Cathedral pada 9 Mei 1204. Ia mengklaim telah memegang jabatan itu sejak 1194 selama perselisihan dengan Savaric fitzGeldewin, Bishop of Bath dan kanon katedral lainnya, Roger Porretanus, yang mengklaim prebend. Pada 23 Desember 1205, William telah mendapatkan keputusan kepausan terhadap Roger.

Layanan kerajaan[sunting | sunting sumber]

Pada 1197 Hubert Walter adalah Uskup Agung di Canterbury dan Justiciar, menunjuk William ke administrasi stannaries kerajaan atau tambang timah dan pada tahun 1198 William ditugaskan untuk memproduksi timah di sebuah kantor yang kemudian dikenal sebagai Lord Warden of the Stannaries. Di bawah kendalinya, tambang menjadi jauh lebih menguntungkan bagi raja dan menyumbangkan £ 1100 pada tahun pertama pemerintahan William. Sebagai bagian dari pekerjaan administrasinya, ia menjadi kepala penjara Lydford Castle pertama setelah dibangun pada tahun 1190-an. Pada tahun 1199 ia terlibat dalam perselisihan tentang stannary dengan pejabat lain, Hugh Bardulf, untuk sementara kehilangan kendali atas mereka, bersamaan dengan kantornya sebagai sheriff pada tahun 1200. Alasan hilangnya kantor-kantor ini tidak pasti. . Setelah dipulihkan ke jabatannya, ia tetap sebagai Lord Warden of the Stannaries hingga 1215.

Pada tahun 1198 dan 1199, William adalah Sheriff di Devon dan Sheriff di Cornwall, bersama dengan hamba kerajaan lainnya dan para pejabat sebagai hakim agung. Pada tahun 1200 ia tercatat sebagai penerima carucage, pajak atas tanah, dalam gulungan Pipa; apakah ini berarti bahwa dia adalah seorang kolektor pajak lokal atau nasional tidak jelas. Pada 12 September 1204, William adalah Diakon Agung Taunton di Keuskupan Bath dan ia menyaksikan pemilihan Jocelin of Wells sebagai uskup baru di keuskupan itu. Ia secara bersama-sama bertanggung jawab atas percetakan uang logam di London dan Canterbury pada 1205, bersama dengan Reginald de Cornhill, dengan siapa ia juga berbagi pengumpulan pajak kelima belas untuk pedagan , sebuah pos yang telah dipegang keduanya sejak 1202. Pada Mei 1205 William, bersama de Cornhill, diberi hak asuh atas satu dari tiga percetakan koin di Chichester; pada bulan Juli raja memberikan hak asuh William kepada Simon dari Wells, Keskupan Chichester. William adalah salah satu pejabat yang bertanggung jawab atas pemungutan pajak ketigabelas pada 1207.

William juga ditugaskan menangani kantor-kantor gerejawi yang kosong, mengumpulkan pendapatan mereka untuk raja. Ia melakukan pekerjaan ini untuk Keuskupan Worcester sekitar 1200, Keuskupan Winchester pada 1204, untuk Biara Glastonbury pada 1205, dan untuk Biara Whitby pada 1206 dan 1209. Dari tindakannya dapat diasumsikan bahwa Wrotham adalah anggota keluarga kerajaan , mungkin bekerja di bagian pakaian petinggi kerajaan.

Administrasi angkatan laut[sunting | sunting sumber]

Pekerjaan utama William bersangkutan dengan angkatan laut. Pada 1204 ia, de Cornhill dan William dari Furnell ditugaskan untuk memberikan lisensi ekspor wol. William dari Wrotham juga merupakan salah satu pejabat yang ditugasi mengawasi kapal-kapal yang dikirim ke pantai-pantai pada 1204, setelah hilangnya Normandia membuat Inggris melakukan invasi oleh Prancis. Pada 1205 ia kembali menjadi salah satu penjaga armada kerajaan di sepanjang pantai selatan. William bertanggung jawab atas 17 kapal yang berbasis di Romney , Rye , Shoreham , Southampton , Winchelsea dan Exeter, sedangkan armada lainnya berada di bawah kendali Cornhill. Pada tahun yang sama, ia juga bertanggung jawab atas pengeluaran angkatan laut untuk upaya invasi Prancis, yang pada bulan Juni saja berjumlah lebih dari 470 pounds. William menyerahkan tahanan Kastil Taunton kepada Peter de Taraton pada bulan Juli dan bertanggung jawab untuk membeli anggur kerajaan pada bulan Agustus. Tidak ada tugas angkatan laut lebih lanjut yang dicatat sampai November, ketika bersama dengan Cornhill ia bertanggung jawab untuk menilai pelabuhan.

Beberapa tahun kemudian dan warisan[sunting | sunting sumber]

Selama pemerintahan John, Paus Innocent III menempatkan larangan terhadap Inggris, melarang perayaan publik dan ritus sakral di gereja-gereja Inggris. William mendukung John dan tetap di pihak Inggris. Penulis sejarah abad pertengahan Roger dari Wendover menyebut William sebagai salah satu "Evil advisers / penasihat jahat" John. Sejarawan modern berpendapat bahwa catatan Roger tentang masa pemerintahan Yohanes, meski memuat beberapa kebenaran, ditulis untuk mencemarkan nama baik orang-orang yang menonjol pada tahun-tahun awal Raja Henry III, putra Yohanes yang menggantikan ayahnya pada Oktober 1216. Menurut Nicholas Vincent, kisah Roger tentang penyimpangan dan kejahatan anggota daftar penasihat kejahatannya tentu memiliki dasar kebenaran yang kuat, itu juga sangat dilebih-lebihkan. W. L. Warren setuju dan menunjukkan bahwa banyak detail akun Roger yang dapat diperiksa dengan catatan lain salah, membuat bagian lain dari kisahnya dicurigai.

William terakhir muncul dalam dokumen pada 25 Juli 1217 dan sudah mati pada 16 Februari 1218, mungkin sebelum 2 Desember 1217, ketika orang lain sudah menjabat sebagai Diakon Agung. Pada 16 Februari 1218, John Marshall menjadi penjaga Richard, keponakan dan pewaris William, yang merupakan putra saudara laki-laki William, Richard.


William digambarkan memiliki tanggung jawab khusus untuk pelabuhan, bea cukai, dan angkatan laut oleh sejarawan Robert Bartlett. Ia biasanya diberi gelar "Penjaga Pelabuhan" atau "Penjaga Galai", yang disamakan Ralph Turner dengan menjadi Tuan Pertama Angkatan Laut dalam sejarah selanjutnya. Kadang-kadang ini diberikan sebagai "custos portum maris" dalam bahasa Latin, atau "penjaga pelabuhan". Di lain waktu ia dijuluki "penjaga kapal raja". Bartlett juga menyebut William "salah satu administrator terpenting raja". Charles Young mengatakan bahwa pelayanan William kepada Raja John adalah "karier administrasi yang terhormat" dan J. E. A. Joliffe menyebut William salah satu "pegawai panitera raja terbesar".

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama BHOArchTaunt
  2. ^ Brooks "William de Wrotham" English Historical Review p. 572