William Kamkwamba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

William Kamkwamba
Kamkwamba di TED pada 2007
Lahir5 Agustus 1987 (umur 36)
Kasungu, Malawi
KebangsaanMalawian
PendidikanSarjana Seni
AlmamaterDartmouth College
PekerjaanPenemu
Dikenal atasMembangun turbin angin dari komponen bekas

William Kamkwamba (lahir 5 Agustus 1987, di Kasungu, Malawi), adalah seorang penemu, insinyur, dan penulis asal Malawi. Dia menjadi terkenal di negaranya pada tahun 2001 ketika dia membangun sebuah turbin angin untuk menyalakan beberapa peralatan listrik di rumah keluarganya di Wimbe, 23 km (14 mil) sebelah timur Kasungu, dengan menggunakan pohon karet, suku cadang sepeda, dan bahan-bahan yang dikumpulkan dari tempat rongsokan lokal. Sejak saat itu, ia telah membangun pompa air bertenaga surya[1] yang memasok air minum pertama di desanya dan dua turbin angin lainnya, dengan tinggi 12 meter (39 kaki), dan telah membangun dua turbin angin lainnya, termasuk satu turbin angin di Lilongwe, ibukota Malawi.

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Kamkwamba lahir di keluarga yang relatif miskin dan mengandalkan pertanian untuk bertahan hidup. William senang bermain dengan teman-temannya menggunakan bahan daur ulang.[2]Bencana kelaparan yang melumpuhkan memaksa Kamkwamba putus sekolah, dan dia tidak dapat kembali ke sekolah karena keluarganya tidak mampu membayar uang sekolah. Dalam upaya putus asa untuk mempertahankan pendidikannya, Kamkwamba mulai sering mengunjungi perpustakaan sekolah setempat; di sanalah ia menemukan kecintaannya pada elektronik. Sebelumnya, ia pernah mendirikan usaha kecil-kecilan untuk memperbaiki radio-radio di desanya, namun pekerjaan ini tidak menghasilkan banyak uang.

Turbin angin William Kamkwamba

Kamkwamba, setelah membaca buku berjudul Using Energy,[3]memutuskan untuk membuat turbin angin darurat. Dia bereksperimen dengan model kecil menggunakan dinamo murah dan akhirnya membuat turbin angin yang berfungsi dan memberi daya pada beberapa peralatan listrik di rumah keluarganya. Para petani dan jurnalis setempat menyelidiki alat pemintal tersebut dan ketenaran Kamkwamba dalam berita internasional pun meroket. Sebuah blog tentang pencapaiannya ditulis di Hacktivate dan Kamkwamba ikut serta dalam acara pertama yang merayakan kecerdasannya yang disebut Maker Faire Africa di Ghana pada bulan Agustus 2009.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "TED Speaker: William Kamkwamba — Inventor". TED. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Oktober 2020. Diakses tanggal 4 Oktober 2020. 
  2. ^ The Boy Who Harnessed the Wind ISBN 0061730335, ISBN 978-0061730337
  3. ^ Atwater, Mary (1995). Using energy. New York: Macmillan/McGraw-Hill School Pub. Co. ISBN 978-0-02-276142-4. OCLC 34171724. 
  4. ^ "Technology & Culture Forum - The Boy Who Harnessed the Wind". MIT TechTV. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 November 2020. Diakses tanggal 21 December 2009.  Kamkwamba adalah salah satu dari empat penerima GO Ingenuity Award 2010, sebuah penghargaan yang diberikan oleh Santa Monica, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Santa Monica, Amerika Serikat, kepada para penemu, seniman, dan pembuat karya untuk mendorong berbagi inovasi dan keahlian mereka dengan kaum muda yang terpinggirkan di negara-negara berkembang. Dengan dana hibah tersebut, Kamkwamba mengadakan lokakarya untuk kaum muda di kampung halamannya, mengajari mereka cara membuat turbin angin dan memperbaiki pompa air, yang keduanya terbukti menjadi keterampilan transformatif bagi pemimpin muda Afrika ini. Pada 2007 Kamkwamba memasuki program akademik intensif selama dua tahun yang menggabungkan kurikulum A-level Universitas Cambridge dengan kepemimpinan, kewirausahaan, dan studi Afrika di African Leadership Academy Diarsipkan 22 Oktober 2012 di Wayback Machine. di Johannesburg, Afrika Selatan. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Dartmouth College, angkatan 2014. Kamkwamba adapts to College life Diarsipkan 4 Mei 2012 di Wayback Machine.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]